search-button

Jul 1, 2019

Whatsapp Error Hari Ini? 10 Tips Cara Mengatasinya

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM - Whatsapp error hari ini? 10 tips cara mengatasinya bisa kamu temukan disini. Jika kamu adalah termasuk pengguna WhatsApp dan baru kali ini mengalami masalah WhatsApp error, jangan panik dulu. Diluar sana ada banyak pengguna lain yang pernah mengalami masalah yang sama dengan WhatsApp di ponsel mereka. Masalah error ini mengakibatkan banyak kerugian bagi pengguna.


Salah satu akibatnya adalah pengguna tidak dapat terhubung dengan siapa pun di daftar kontak mereka, dan akibat lainnya. Whatsapp error ini biasanya beragam, yang paling umum adalah tidak dapat terhubung ke server WhatsApp, hal itu mungkin disebabkan oleh sejumlah penyebab. Well, dibawah ini kami telah merangkum tips - tips cara mengatasi berbagai jenis Whatsapp error yang bisa kamu upayakan sendiri. Cekidot !

Whatsapp Error Hari Ini? 10 Tips Cara Mengatasinya

Whatsapp Error Hari Ini? 10 Tips Cara Mengatasinya


1. Hapus Instalasi Pembaruan

Tips cara mengatasi Whatsapp error yang pertama adalah dengan menghapus instalasi pembaruan yang mungkin baru kamu lakukan. Untuk mencegah error seperti tidak bisa memutar video terjadi, ada dua hal yang dapat kamu coba. Pertama, periksa apakah Foto Google terbaru. Buka Play Store, tekan tombol menu di kiri atas dan kemudian klik Aplikasi & Permainan Saya, dan lihat apakah Foto Google ada di bagian atas halaman. Jika itu tidak membantu, solusi lain adalah dengan membuka Pengaturan > Aplikasi / Manajer aplikasi > Google+ dan tekan Hapus instalasi pembaruan.

2. Periksa Koneksi Internet

Cara mengatasi Whatsapp error pada android selanjutnya adalah dengan memastikan ponsel mu memiliki koneksi Internet aktif dan kamu dapat terhubung ke Internet dengan baik. Jika ada masalah dengan koneksi, WhatsApp kemungkinan akan menunjukkan pesan error dan kamu tidak akan dapat menggunakan aplikasi. Jadi, silahkan perbaiki koneksi internet terlebih dahulu. Jika kamu menggunakan WiFi, pastikan kekuatan sinyalnya baik dan WiFi memang berfungsi.

3. Pastikan Semua Kontak Terlihat

Selanjutnya adalah tips apabila WhatsApp tidak mengenali kontak yang terdaftar di ponselmu. Ada beberapa alasan mengapa WhatsApp tidak mengenali kontak tersebut, apapun itu cara mengatasinya adalah dengan memastikan kamu memiliki nomor kontak yang benar yang digunakan untuk WhatsApp.

Lalu pastikan mereka saat ini menggunakan WhatsApp juga, dan pastikan kamu memiliki WhatsApp versi terbaru. Yang paling penting, dalam daftar kontak tersebut, pastikan semua kontak 'terlihat' dan / atau 'dapat dilihat'. Yup, di daftar kontak mu, pastikan semua grup kontak teman, keluarga, rekan kerja, dan lainnya disetel ke 'terlihat' dan / atau 'dapat dilihat'.

4. Periksa Firewall

Ini adalah cara mengatasi WA error tidak bisa mengirim pesan. Selain dengan memeriksa koneksi internet, kamu juga harus memerikas satu hal lagi. Itu adalah firewall mu, jika ada satu yang melindungi jaringan dan memasuki WhatsApp di daftar blokirnya, maka kamu harus menghapusnya dulu dari sana untuk kemudian dapat terhubung ke aplikasi perpesanan Whatsapp tersebut di ponsel mu.

5. Bersihkan Cache Whatsapp


Whatsapp Error Hari Ini? 10 Tips Cara Mengatasinya


Selanjutnya adalah cara mengatasi WA pending, biasanya ini adalah masalah koneksi WhatsApp entah itu oleh Wi-Fi atau koneksi data jaringan yang kamu gunakan. Well, jika kamu tidak dapat mengirim pesan, pastikan aplikasi Task Killer tidak memengaruhi WhatsApp. Setelah itu silahkan kosongkan cache aplikasi, caranya dengan membuka Pengaturan > Aplikasi > WhatsApp > Bersihkan Cache.

6. Pastikan Penyedia Layanan Tidak Memblokir WhatsApp

Satu lagi cara mengatasi Whatsapp error tidak bisa mengirim pesan, yaitu dengan memastikan bahwa penyedia tidak memblokir WhatsApp. Jika kamu dapat mengakses situs web lain tetapi tidak bisa membuka WhatsApp, maka penyedia mu kemungkinan telah memblokir aplikasi tersebut dan karenanya kamu tidak dapat menggunakan WhatsApp pada perangkat. Dalam kasus seperti itu, sebaiknya hubungi penyedia dan tanyakan kepada mereka apakah mereka telah melakukan itu dan apakah ada cara agar WhatsApp dihapus dari daftar blokir.

7. Bersihkan Cache Akun Google

Jika Whatsapp mu error hari ini di 2019 dan menunjukan kode error 413, 481, 491, 492, 505, 907, 910, 921, 927, 941 atau DF-DLA-15, maka itu artinya kamu perlu menghapus cache akun Google mu. Caranya buka pengaturan ponsel lalu klik Pengguna & akun. Pilih akun Google mu dan klik REMOVE ACCOUNT > REMOVE ACCOUNT. Nyalakan kembali ponsel, lalu tambahkan kembali akun Google mu dengan membuka Pengaturan ponsel.

Kemudian klik Pengguna & akun > Tambah akun > Google. Masuk ke akun Google mu, lalu bersihkan cache Google Play Store dengan membuka Pengaturan ponsel. Kemudian klik Aplikasi & pemberitahuan > Info aplikasi > Google Play Store > Penyimpanan > CLEAR CACHE. Bersihkan juga data Google Play Store dengan mengetuk CLEAR DATA> OK. Terakhir, silahkan coba unduh WhatsApp lagi.

8. Perbarui WhatsApp ke Versi Terbaru

Jika kamu bertanya – tanya kenapa WA error hari ini ? ya sejak hari ini dan jika semua aplikasi lainnya baik-baik saja, maka kamu harus memastikan kamu menjalankan versi Whatsapp terbaru di ponsel mu. Buka App Store di perangkat mu dan lihat apakah ada pembaruan. Jika ada, klik untuk menginstalnya di perangkat mu. Juga, nyalakan mode pesawat pada perangkat mu dan kemudian matikan kembali setelah beberapa detik.

9. Periksa Server

Di daftar tips cara mengatasi Whatsapp error ini, ada juga cara mengatasi story WA error. Penyebab lain untuk alasan mengapa WhatsApp mu tidak berfungsi adalah server WhatsApp itu sendiri. Salah satu contoh dari peristiwa tersebut adalah pemadaman server yang terjadi baru-baru ini. Pemadaman ini menyebabkan pengguna tidak dapat mengirim atau menerima obrolan atau bahkan memuat percakapan. Jika ini yang terjadi, tidak ada yang dapat kamu lakukan selain menunggu sampai pihak WA menyelesaikan masalahnya atau gunakan VPN.

Baca juga:
10 Cara Jitu Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Video Call
7 Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul & Bunyi
5 Cara Ganti Tema Whatsapp Biar Keren dan Lucu

10. Konfigurasi APN


Whatsapp Error Hari Ini? 10 Tips Cara Mengatasinya

Cara ini adalah cara mengatasi WA error tidak bisa menerima pesan, dan tips terakhir dari daftar ini. Jika kamu telah beralih ke operator baru, maka kamu harus memastikan pengaturan APN yang tepat di perangkat mu. Jika ponsel mu masih menggunakan pengaturan lama tetapi kamu berada di operator baru, kamu tidak akan dapat terhubung ke Internet atau WhatsApp. Jadi, mengkonfigurasi APN adalah hal pertama yang harus kamu lakukan jika kamu sudah menggunakan kartu SIM baru.


Kami yakin setidaknya salah satu tips cara mengatasi whatsapp error di atas akan menyelesaikan masalah mu. Selain itu, jika kamu terlalu sering menghadapi masalah WhatsApp di perangkat, kamu mungkin harus mempertimbangkan untuk menggunakan program pemulihan data WhatsApp seperti UltData atau Android Data Recovery yang membantu mu memulihkan data WhatsApp dari perangkat sehingga semua obrolan penting dan pesan aman. Good luck !