search-button

Apr 19, 2019

15 Kelemahan dan Kelebihan HP Xiaomi yang Wajib Diketahui

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah kelemahan dan kelebihan HP Xiaomi yang wajib diketahui. Selama beberapa tahun, vendor ini telah menawarkan smartphone yang luar biasa dengan harga terjangkau yang melampaui apa yang kita dapatkan dari smartphone dianggaran yang sama. Namun, pada saat yang sama, banyak pabrikan lain yang mengikuti dan juga memperkenalkan model ponsel cerdas yang mampu bertahan cukup baik melawan Xiaomi.

Dengan adanya persaingan produk yang hampir sama dari vendor – vendor lain, tentu tidak sedikit dari kita yang bingung memilih smartphone karena hal tersebut. But gengs asal kamu tau saja, bahwa masing – masing vendor memiliki kelemahan juga kelebihan pada smartphone atau HP yang diproduksinya. Nah, untuk kali ini kami akan memnyuguhkan artikel tentang  kelemahan dan kelebihan HP Xiaomi yang wajib diketahui, berikut ini.

Kelemahan dan Kelebihan HP Xiaomi yang Wajib Diketahui

Kelemahan dan Kelebihan HP Xiaomi yang Wajib Diketahui


1. ROM Tidak Resmi

Ini menjadi salah satu kelemahan HP Xiaomi Redmi 4x dan tipe lainnya yang didapatkan dari jalur yang tidak resmi. Xiaomi memang harus menggunakan ROM khusus MIUI atau Global, ROM ini tidak tersedia di Google Playstore karena adanya larangan layanan Google di Tiongkok tempat asal ROM. Terkait dengan banyaknya HP Xiaomi yang masuk ke Indonesia lewat jalur tidak resmi karena tidak memenuhi aturan TKDN.

Banyak yang menggunakan ROM MIUI yang terbilang tidak resmi dan itu menyebabkan banyak bug seperti tidak dapat diupdate secara berkala, baterai boros, aplikasi yang tidak berjalan, dan munculnya banyak iklan.

2. Hardware dan Software

Kita semua tau bahwa disamping kelebihan - kelebihannya setiap produk pasti memiliki kelemahan juga, dan ini adalah salah satu kelemahan HP merk Xiaomi tepatnya kelemahan HP Xiaomi Redmi 4a. Sebenarnya ini adalah kelemahan yang kecil, tapi cukup berbahaya apabila terjadi. Contohnya kasus overheat pada Xiaomi Redmi atau Xiaomi Mi A1 yang mencoba menggunakan stock Android.

Jadi si Xiaomi Mi A1 dan mungkin Xiaomi tipe lainnya tidak cocok dengan stock Android, buktinya ketika akan melakukan update Android Oreo terjadi bug serius. Well, memang sebaiknya Xiaomi menggunakan MIUI saja ya. Kelemahan ini jugalah yang memicu adanya statement yang mengatakan bahwa HP Xiaomi gampang rusak.

3. Harga Resell Rendah

Harga resell atau harga jual kembali yang rendah, kami tandai sebagai kelemahan HP Xiaomi yang wajib diketahui. Jika kamu sering berganti HP, sebaiknya kamu membeli HP dengan garansi resmi karena jika kamu membeli HP dengan garansi tidak resmi dan akan menjualnya lagi maka kamu akan mengalami penurunan harga yang signifikan.

Hal itu berlaku untuk HP Xiaomi juga, for your information harga penjualan kembali Xiaomi bergaransi resmi umumnya mengalami penurunan sekitar 30% dari harga umum ketika pembelian pertama. Well, kami pikir harga jualnya terlalu rendah untuk ukuran HP yang populer.

4. Distributor Membeludak

Selain menjadi salah satu kelemahan untuk HP Xiaomi, distributor yang membeludak juga jadi kelemahan HP OPPO. Untuk kualitas yang bagus dan harga yang murah, tak heran banyak orang yang menginginkan HP dari Xiaomi. Hal tersebut memicu banyak distributor untuk segera menghadirkan HP – HP tersebut untuk dijual pada konsumen yang ramai mencari. Tapi sayangnya, ada saja distributor yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan produk Xiaomi tersebut. Hal tersebut membuat banyak HP Xiaomi yang dijual bergaransi tidak resmi.

5. Kualitas Perakitan


Kelemahan dan Kelebihan HP Xiaomi yang Wajib Diketahui

Kelemahan HP Xiaomi yang wajib diketahui selanjutnya adalah kualitas perakitan HP Xiaomi atau build quality. Seiring berjalannya waktu dan semakin berkembangnya Xiaomi, kualitas perakitannya pun semakin membaik. Namun build quality dari beberapa tipe HP Xiaomi, dianggap masih memiliki sejumlah kelemahan. Ya, memang kelemahan ini tidak terlalu menjadi masalah bagi banyak orang, tapi tetap saja itu merupakan kelemahan dari Xiaomi yang harus di ketahui.

6. Service Center Sedikit

Kelemahan HP Xiaomi yang wajib diketahui ini mungkin tidak terlalu diperhatikan diawal, karena kebanyakan orang lebih memperhatikan yang lainnya seperti spesifikasi, harga dan lainnya mengenai HP itu sendiri padahal kesediaan service center juga perlu diperhatikan. Sayangnya Xiaomi termasuk dalam daftar vendor yang memiliki service center yang sedikit, yups ! service center Xiaomi tidak menyebar merata di seluruh kota di Indonesia hanya di kota - kota besar saja. Tentu hal ini menyulitkan pengguna yang tidak bermukin di kota – kota besar.

7. Banyak Garansi Tidak Resmi

Kami kira teman – teman sudah tau apa artinya garansi tidak resmi, yups itu adalah garansi yang diberikan oleh toko bukan garansi dari Xiaomi atau resmi. Jadi, kelemahan dari garansi tidak resmi ini adalah proses klaimnya yang cukup memakan waktu. Hal tersebut akan merugikan bagi pengguna yang HP Xiaomi – nya mengalami kerusakan. Perlu kamu tau, bahwa Xiaomi hanya memilih trikomsel dan TAM sebagai agen resminya.

8. Aplikasi Lengkap

Kelebihan HP Xiaomi yang wajib diketahui pertama dari daftar ini adalah fitur aplikasi yang disediakan Xiaomi itu sangat lengkap. Xiaomi yang memiliki sistem berbasis Android, yang memiliki aplikasi lengkap juga bisa melengkapi diri dengan aplikasi – aplikasi lainnya yang bisa di unduh di Play Store. Xiaomi juga menyediakan beragam tema untuk tampilan yang menyegarkan dan berbeda di setiap waktunya.

9. OS Uptodate

Jika kamu memilih untuk menggunakan Xiaomi, maka kamu tidak perlu khawatir ketinggalan fitur – fitur teranyar. Xiaomi dengan OS-nya akan selalu menghadirkan fitur – fitur uptodate tersebut ke HP Xiaomi mu, karena Xiaomi akan menyediakan pembaruan secara berkala untuk memenuhi semua kebutuhanmu. For your information, berkat MIUI-nya, OS android Xiaomi bisa diupgrade menjadi yang paling baru.

10. Kamera Super


Kelemahan dan Kelebihan HP Xiaomi yang Wajib Diketahui

Kelebihan HP Xiaomi yang wajib diketahui ini, adalah kelebihan yang sekarang ini banyak dicari oleh konsumen yaitu kualitas kamera pada HP. I tell you gengs, selain kelebihan - kelebihan Xiaomi seperti OS atau desainnya, Xiaomi selalu menghadirkan HP dengan kamera yang mumpuni. Kamera – kamera yang dihadirkan selalu jernih, contohnya pada Redmi Note 7 dengan dual kamera utama dan salah satunya sebesar 48MP juga kamera belakang 5MP.

11. MIUI

Kelebihan HP Xiaomi yang wajib diketahui selanjutnya nih gengs, sebelum Xiaomi booming dengan produk – produknya ada firmware yang lebih dulu booming yaitu MIUI. Firmware MIUI ini berkembang pesat berkat tampilannya yang banyak disukai oleh pengguna, sampai sekarang MIUI masih terus mengembangkan diri terbukti dengan diluncurkannya versi MIUI terbaru.

Jika kamu penggemar Apple atau Samsung, mungkin kamu akan menyukai MIUI karena memang tampilannya mirip dengan iOS dan TouchWiz. Bedanya kamu bisa menikmati tampilan tersebut dari perangkat yang harganya jauh lebih murah dari Apple dan Samsung.

12. Harga Terjangkau

Bukan rahasia lagi bahwa harga setiap produk buatan Xiaomi termasuk HP Xiaomi itu terjangkau oleh banyak orang, lalu bagaimana kualitas HP Xiaomi ? untuk kualitas Xiaomi juga tidak mengecewakan. Kita ambil contoh Xiaomi Redmi Note 6 Pro, tipe ini adalah yang paling kami sukai dari semuanya. Note 6 Pro adalah HP dengan kualitas tinggi yang harganya middle.

Dengan kekuatan baterai besar, kualitas kamera yang tidak tertandingi dan juga prosesor yang canggih, kamu bisa mendapatkannya hanya dengan harga 3 jutaan saja. Jika itu vendor lain, kami yakin HP dengan spesifikasi yang sama harganya akan lebih dari 5 juta.  Ada juga Xiaomi terbaru yang harganya dibwah satu juta, untuk lengkapnya kamu bisa cek di situs resmi Xiaomi Indonesia.

13. Desain Apik

Kelebihan HP Xiaomi yang wajib diketahui selanjutnya oleh kamu adalah desainnya yang apik. Semua produk Xiaomi didesain dengan begitu apik dan mungkin sampai dapat membuat yang melihat akan mengira bahwa produk tersebut berharga mahal. Untuk desain HP, Xiaomi mengusung ciri khasnya sendiri yang apik dan elegan. Desain tersebut juga menjadi kelebihan yang paling menonjol dari Xiaomi selain harganya. Untuk kelebihan yang satu ini, kami kira tidak perlu ada banyak penjelasan karena kamu bisa melihat dan menilainya secara langsung.

14. Kekuatan dari Mi Fans

Kekuatan dari Mi fans adalah salah satu kelebihan Xiaomi dibanding Samsung menurut kami. Komunitas pecinta Xiaomi itu terbentuk dari banyaknya orang khusunya pengguna Xiaomi yang menyukai Xiaomi karena berbagai alasan, salah satu alasannya adalah karena harga HP Xiaomi yang murah. Terbentuklah komunitas kuat yang dikenal sebagai Mi Fans.

Komunitas ini berperan cukup penting dalam strategi marketing Xiaomi. Mungkin sebagai ungkapan terimakasih Xiaomi pada komunitas, Xiaomi telah mengizinkan root pada perangkat tanpa menghanguskan garansi. Xiaomi juga sering sekali melibatkan Mi Fans dalam event – event seperti peluncuran produk baru Xiaomi.
Baca juga:
12 Cara Cek Xiaomi Asli atau Palsu 100% Akurat
20 Gadget Xiaomi Canggih Selain HP 2019
10 Cara Memperbaiki Tombol Navigasi Home Xiaomi Tidak Berfungsi

15. Berasal dari Perusahaan Inovatif


Kelemahan dan Kelebihan HP Xiaomi yang Wajib Diketahui

Kelebihan HP Xiaomi yang wajib diketahui selanjutnya. Selain HP, Xiaomi juga memproduksi banyak produk lain diantaranya smartwatch, drone, berbagai peralatan rumah tangga seperti Tv, Tv Box, pembersih udara, lampu dan lainnya. Banyaknya jenis produk yang diproduksi Xiaomi membuatnya menjadi salah satu perusahaan yang paling inovatif saat ini.

Untuk kamu tau saja, Xiaomi berhasil mengungguli perusahaan besar yang memiliki pengalaman lebih lama dari Xiaomi seperti Dell, Honda, Intel, juga Huawei. Dan dengan disematkannya julukan perusahaan yang inovatif, tak heran produk Xiaomi terutama HP Xiaomi memiliki nilai yang lebih dan tersohor di berbagai negara.


Demikianlah daftar kelemahan dan kelebihan HP Xiaomi yang wajib diketahui oleh mu sebelum memutuskan untuk membelinya. Mungkin dari informasi diatas, yang perlu diperhatikan adalah bagian – bagian kekurangannya karena dari situ kamu bisa lebih berhati – hati ketika akan membeli.
Happy shopping !