search-button

Jun 25, 2019

20 Cara Mengambil Foto Instagram yang Bagus

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Giniloh cara - cara mengambil foto Instagram yang bagus. Apa kamu masih ingat dengan jepretan kamera ponsel pertama mu ? iya, yang masih menghasilkan foto kasar, buram, berkualitas rendah dan dengan bangganya kamu juga menunggahnya ke semua akun sosial media yang kamu punya termasuk Instagram.

Well itu adalah masa yang lalu yakan ! sekarang mari kita perbaiki kualitas dari foto – foto yang akan kamu unggah ke semua akun sosial media yang kamu punya termasuk Instagram, dengan mengikuti panduan cara - cara mengambil foto Instagram yang bagus berikut ini. Cekidot !

Cara Mengambil Foto Instagram yang Bagus

Cara Mengambil Foto Instagram yang Bagus


1. Manfaatkan Pencahaya Alami

Cara mengambil foto instagram yang bagus pertama adalah dengan memanfaatkan pencahayaan alami. Pencahayaan adalah dasar dari foto yang bagus gengs ! maka dari itu penting untuk memahami cara menggunakan cahaya untuk mendapatkan foto yang bagus. Kami sarankan untuk menghindari penggunaan lampu kilat, karena dengan memanfaatkan cahaya alami akan menghasilkan foto yang lebih kaya dan lebih cerah.

FYI, lampu flash dapat meratakan foto dan menghapus subjek foto mu. Jika kamu tidak dapat memotret di luar ruangan, ambil foto di dekat jendela atau di kamar yang terang. Bahkan ketika malam hari, lebih baik menggunakan sumber cahaya sekitar, seperti lampu jalan dan cahaya dari jendela toko.

2. Jangan Terlalu Mengekspos Foto

Cara mengambil foto instagram yang bagus selanjutnya adalah dengan tidak terlalu mengekspos foto mu. Kamu dapat mencerahkan foto yang terlalu gelap dengan alat pengeditan, tetapi tidak ada alat pengeditan yang dapat memperbaiki foto yang terlalu terang. Cegah paparan berlebih dengan menyesuaikan pencahayaan.

Jika kamu menggunakan ponsel untuk memotret, ketuk dan geser jari mu ke atas atau ke bawah untuk menyesuaikan pencahayaan. Cara lain untuk mencegah paparan berlebih adalah dengan mengetuk jari mu pada bagian paling terang dari bingkai fokus untuk menyesuaikan pencahayaan sebelum mengambil foto.

3. Potret di Waktu Yang Tepat

Cara mengambil foto instagram yang bagus ini juga adalah cara foto keren dengan kamera HP, yups 1 hanya dengan kamera HP. Ada alasan mengapa para fotografer menyukai waktu emas, yaitu pada saat matahari dititik rendah cakrawala, itu membuat setiap foto lebih indah. Jika kamu memotret pada tengah hari, maka jadikanlah awan sebagai teman mu. Karena sulit untuk mendapatkan bidikan yang bagus di bawah sinar matahari langsung. Awan dapat ‘meredakan’ cahaya dari matahari dan menciptakan efek yang lebih lembut dan lebih bagus.

4. Ikuti Prinsip Pertiga

Komposisi potret yang bagus mengacu pada susunan foto yang terdiri bentuk, tekstur, warna, dan elemen lain yang membentuk gambar. BTW, prinsip atau aturan pertiga adalah salah satu prinsip komposisi paling terkenal, dan merujuk pada metode sederhana menyeimbangkan foto. Ini membagi gambar menjadi kisi 3 × 3, dan menyelaraskan subjek atau objek dalam foto di sepanjang garis kisi untuk menciptakan keseimbangan. Kamu juga dapat menggunakan efek yang menyenangkan dengan "asimetri seimbang", di mana subjek berada di luar pusat tetapi diimbangi oleh objek lain.

5. Pertimbangkan Sudut Pandang


Cara Mengambil Foto Instagram yang Bagus


Ketika memotret dengan ponsel, kamu mungkin akan memegangnya setinggi mata kan? Itulah yang dilakukan banyak orang juga. Kami sarankan untuk menahan kecenderungan alami ini jika kamu ingin mendapatkan foto yang menarik. Mengambil foto dari sudut pandang yang berbeda akan memberikan perspektif baru, bahkan di tempat atau subjek yang umum sekalipun. Cobalah untuk memotret dari atas atau bawah, merunduk rendah ke tanah, atau memanjat dinding (jika mau) tapi jangan sampai terluka ya.

6. Bingkai Subjek Foto

Cara mengambil foto instagram yang bagus selanjutnya adalah dengan membingkai objek foto yang bagus. Meninggalkan ruang di sekitar titik fokus foto mu dapat menambah daya tarik visual daripada memperbesarnya. Dengan membingkainya, kamu akan mendapatkan detail mengejutkan yang membuat foto lebih kece.

Trik ini akan sangat berguna terutama untuk pemotretan dengan ponsel, karena ponsel tidak seperti kamera dengan lensa yang dapat disesuaikan, kamera ponsel "memperbesar" dengan mengecilkan bidang pandang. Akibatnya adalah foto yang terpotong dan itu dapat membatasi opsi mengedit nanti, dan kamu mungkin akan kehilangan detail menarik, jadi hindari melakukannya.

7. Arahkan View Objek

Dalam dunia fotografi ada yang disebut sebagai "front line", itu adalah garis yang melalui foto yang berfungsi untuk menarik mata dan menambah kedalaman. Front line tersebut mungkin bisa jalan, bangunan, atau elemen alam seperti pohon dan ombak. Jadi, cara mengambil foto instagram yang bagus selanjutnya adalah dengan menambahkan front line pada foto instagram mu dan menggunakannya untuk menambah daya tarik foto tersebut. Kamu juga dapat menggunakan front line untuk mengarahkan pandangan penonton ke subjek foto.

8. Tambahkan kedalaman

Sangat mudah untuk fokus hanya pada subjek foto mu, apakah itu orang atau sepotong pizza yummy. Tetapi foto yang mencakup elemen – elemen seperti dengan pola atau objek di latar belakang serta latar depan, secara alami menarik karena foto – foto tersebut menawarkan kedalaman lebih. Karena itu untuk mendapatkan foto-foto keren instagram, jangan asal jepret saja.

Misalnya, kamu ingin memotret pemandangan sekitar, kamu harus mengatur potret dengan kuat pada bunga-bunga, juga termasuk latar belakang seperti pagar di belakangnya, pohon di luar, dan matahari terbenam juga cakrawalanya. Ingat, setiap lapisan foto menawarkan sesuatu untuk dilihat.

9. Jangan Terjebak Tren

Banyak sekali foto di Instagram yang menjadi sangat populer dan berakhir menjadi klise, memang itu menginspirasi hampir seluruh akun Instagram. Akun – akun tersebut terus mengunggah ulang gambar itu. But gengs, jangan terlalu terjebak dalam tren foto Instagram sehingga kamu kehilangan kreativitas. Coba tantang diri mu untuk menemukan sudut pandang baru pada subjek umum, ini juga akan membantu mu membangun identitas yang unik dan berkesan.

10. Ide Foto


Cara Mengambil Foto Instagram yang Bagus

Sekarang setelah kamu memahami prinsip-prinsip fotografi, mari kita bicara tentang subjek foto. Perlu kamu tau bahwa sebenarnya ada subjek dan tema foto tertentu yang berkinerja baik di Instagram karena mereka menawarkan daya tarik yang luas dan banyak diminati secara visual tentunya. Perhatikan, karena memposting konten yang menarik akan meningkatkan visibilitas mu di Instagram gengs.

11. Simetri

Selanjutnya gengs, di cara mengambil foto instagram yang bagus ini ada daftar ide – ide bagaimana kamu memotret. Well, foto simetri menyenangkan mata, entah itu muncul di alam atau dunia buatan manusia. Komposisi simetris sering meningkatkan subjek yang mungkin tidak menarik sebaliknya. Kamu juga dapat memecah simetri itu untuk menambah daya tarik.

12. Pola

Otak kita juga menyukai pola, dan banyak akun Instagram bahkan telah mengumpulkan banyak pengikut dengan mendokumentasikan pola-pola indah, seperti I Have This Thing With Floors. Kecintaan kita yang universal terhadap pola juga menjelaskan daya tarik viral para pengguna Instagram, dan pola ini juga menginspirasi kamar cermin seniman Jepang Yayoi Kusama, yang menciptakan pola berulang dengan bentuk dan warna yang sederhana. Coba lihatlah sekeliling mu untuk mencari inspirasi, pertimbangkan seperti arsitektur, desain, atau alam.

13. Warna-Warna Cerah

Minimalisme dan netral adalah tren, tetapi kadang - kadang kamu kamu harus mencoba warna – warna yang pop. Warna-warna cerah dan kaya membuat kita bahagia dan memberi kita energi. Dan ketika datang ke fotografi Instagram,  maka warna – warna pop tersebut  membuat dampak besar pada layar kecil ponsel pengguna. warna – warna pop bahkan dapat membuat bangunan tinggi bertingkat terlihat indah:

14. Humor

Jika saat ini kamu ingin mengetahui tentang keadaan dunia, silahkan kunjungi Twitter. Karena Instagram adalah tempat yang membahagiakan, yang berarti humor bermain dengan baik di sini. Foto – foto di Instagram berbeda dengan foto yang disusun dan diedit sempurna yang berkembang biak di platform. Gengs, foto - foto lucu adalah angin segar bagi audiens atau follower kamu, dan itu menunjukkan bahwa kmau tidak menganggap semua ini terlalu serius.

15. Foto Aksi


Cara Mengambil Foto Instagram yang Bagus

Memotret subjek foto ketika bergerak itu sulit, tapi jika berhasil itu akan membuatnya sangat mengesankan. Menambahkan aksi yang menarik itu mengasyikkan dan menarik banyak perhatian, bahkan bisa mengubah subjek biasa menjadi sesuatu yang indah. Kamu juga tidak perlu berusaha untuk mencapai kesempurnaan, karena terkadang gerakan yang sedikit kabur menambahkan sentuhan artistik pada foto. Saat mengambil foto aksi, ambil beberapa opsi untuk meningkatkan peluang bidikan menakjubkan mu, atau gunakan mode burst untuk mengambil 10 foto per detik.

16. Detail bidikan

Fokus yang tajam pada detail yang tak terduga atau menarik dapat menarik perhatian, terutama dalam foto dinamis yang ramai. Untuk itu, kamu bisa menggunakan alat pengeditan Instagram seperti sketsa untuk meredupkan tepi foto mu atau perubahan ubin yang menciptakan kekaburan lembut di sekitar titik fokus yang dapat meningkatkan detail foto.  Silahakn ambil foto dari jarak dekat untuk menjaga kualitas. Memotret dari jauh dan memotongnya hanya akan menurunkan resolusi gambar, menghasilkan foto yang buram dan tidak jelas.

17. Latar belakang yang Menawan

Ini adalah teknik atau cara mengambil foto instagram yang bagus dan sederhana, tetapi sangat bedampak pda foto. Manfaatkanlah latar belakang yang mengagumkan! Itulah alasan kenapa banyak yang selalu ingin selfie di kamar mandi restoran dengan wallpaper yang bagus. Well, orang membuat wallpaper yang bagus karena suatu alasan kan. Jadi intinya semakin kreatif latar belakang yang kamu gunakan dalam foto, maka semakin baik.

18. Libatkan Hewan

Beberapa hal atau teori itu bisa jadi benar, bahkan jika kita tidak benar-benar mengerti mengapa, contohnya fakta bahwa menguap itu menular atau cahaya adalah partikel dan juga gelombang. Well teori yang satu ini juga benar, yups foto Instagram lebih baik jika ada binatang lucu di dalamnya. Bisa kita bilang bahwa ini adalah trik termurah dalam daftar ini. Jika kamu memiliki anak anjing yang lucu atau mungkin juga kamu memelihara kuda poni, atau mungkin secara tidak sengaja kamu menemukan kua poni miniatur, libatkanlah.

19. Libatkan Makanan

Apakah ibumu pernah memberitahumu bahwa matamu lebih besar dari perutmu ? ya tampilan makanan yang cantik akan terlebih dahulu menarik perhatian mu lalu kemudian mencicipi rasa dan sampai ke perut. Dari Instagram kita tidak bisa mendapatkan cukup fotografi makanan, selalu ada yang baru. Nah, kamu bisa terlibat untuk menyediakan foto – foto makanan itu. Kami sarankan untuk membidik dari atas, manfaatkan lingkungan yang fotogenik, dan ingat gunakan cahaya alami karena mungkin orang-orang yang makan di sebelah mu tidak ingin dibutakan oleh lampu flash kamera mu.
Baca juga :
15 Istilah di Instagram yang Harus Kamu Ketahui
10 Cara Download Video Instagram Terbaru
Cara Upload Video Dari Galeri ke Instagram Story

20. Libatkan Orang-orang


Cara Mengambil Foto Instagram yang Bagus

Sebuah penelitian telah menemukan bahwa orang suka melihat wajah-wajah di Instagram, bahkan foto dengan orang lain mendapat suka hingga 38% lebih banyak daripada foto tanpa orang lain. Nah, untuk mengambil potret yang menakjubkan, ikuti prinsip-prinsip di atas seperti gunakan cahaya alami, pilih latar belakang yang menarik, dan jelajahi pemotretan dari sudut yang berbeda untuk menangkap bidikan yang lebih menarik bersama orang - orang.


Demikianlah gengs cara - cara mengambil foto instagram yang bagus dan luar biasa bahkan hanya dengan menggunakan ponsel. Pelajarilah juga cara mengedit foto yang bagus juga, kuasailah teknik untuk menghasilkan konten yang luar biasa untuk akun Instagram mu. Ok, selamat mencoba !