search-button

May 1, 2019

15 Istilah di Instagram yang Harus Kamu Ketahui

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah istilah - istilah di Instagram yang harus kamu ketahui. Instagram adalah salah satu media sosial favorit yang paling banyak digunakan oleh orang - orang diseluruh dunia. Bukan tanpa alasan tapi karena memang Instagram memiliki sejumlah fitur yang dapat membawa sukacita dalam hidup banyak penggunanya.


Selain fitur yang banyak, Instagram juga punya banyak sekali istilah yang mungkin jarang didengar orang – orang. Untuk para pengguna yang sudah lama mungkin istilah -  istilah tersebut sudah tidak asing, tapi tidak menutup kemungkinan juga iistilah – istilah dalam instagram tidak diketahui. Jadi, inilah istilah - istilah di Instagram yang harus kamu ketahui

Istilah di Instagram yang Harus Kamu Ketahui

Istilah di Instagram yang Harus Kamu Ketahui


1. Bio Instagram

Istilah di Instagram yang harus kamu ketahui pertama adalah biografi profil kamu di Instagram. Bio Instagram adalah tempat kamu untuk memberi tahu kepada dunia sedikit tentang diri kamu. Kamu dapat menggunakan teks, emoji, tagar, dan banyak lagi untuk mengisi Bio Instagram my.

2. Cerita/Story

Istilah di Instagram yang harus kamu ketahui selanjutnya adalah Cerita/Story. Instagram Stories adalah fitur yang diadopsi Instagram dari Snapchat, dan itu mungkin alasan terbesar mengapa Instagram sangat populer saat ini. Dengan menggunakan fitur Stories, kamu dapat memposting foto yang atau video 15 detik yang secara otomatis menghilang dari umpan akun mu dalam 24 jam.

3. Sebutkan/Mention

Istilah di Instagram yang harus kamu ketahui selanjutnya adalah Mention. ini adalah cara bagaimana kamu bisa mendapatkan perhatian seseorang di Instagram. Mulailah dengan simbol @, diikuti dengan nama orang yang ingin kamu sebutkan. Jika kamu mengikuti orang itu, kamu akan menemukan akun mereka di opsi pelengkapan otomatis pertama. Kamu juga dapat menyebut atau mention seseorang di berbagai tempat di Instagram, termasuk di bio, komentar, atau bahkan di Cerita Instagram mu.

4. Menandai/Tag/Ngetag

Istilah di Instagram yang harus kamu ketahui  selanjutnya adalah Tag atau Tanda. Tag berbeda dari Sebutkan atau Mention. Kamu hanya dapat memberi tag atau menandai seseorang pada gambar atau video. Ketika kamu menandai seseorang, maka pemberitahuan ditandai akan muncul di profil orang yang ditandai (di bagian yang ditandai di sebelah Galeri mereka).

5. IG Live/Siaran Langsung


Istilah di Instagram yang Harus Kamu Ketahui

Untuk yang baru mengenal Instagram, istilah di Instagram yang harus kamu ketahui selanjutnya adalah IG Live. IG Live atau Instagram Live adalah fitur streaming langsung yang berfungsi mirip dengan Facebook Live atau Periscope. IG Live terdapat di bagian Stories di aplikasi, dan kamu bisa langsung tayang dihadapan audiens mu secara instan.

6. IGTV

Istilah di Instagram yang harus kamu ketahui selanjutynya adalah IGTV. IGTV adalah upaya terbaru Instagram di video format panjang. Dan untuk Instagram, itu berarti apa pun yang lebih dari satu menit. IGTV adalah aplikasi mandiri sekaligus bagian dalam aplikasi Instagram utama. Jika kamu ingin menonton video vertikal dengan bentuk panjang dari Instagrammer favorit mu, kamu dapat melihatnya menggunakan ikon TV di sudut kanan atas.

7. Sorotan/Highlight/Soroti

Istilah di Instagram yang harus kamu ketahui selanjutnya adalah cara Instagram membantu mu untuk memunculkan atau tetap menyimpan cerita Instagram terbaik mu, yaitu Highlight. Seperti disebutkan di atas, Cerita yang diposting akan menghilang setelah 24 jam. Tetapi mereka masih ada di arsip sebenarnya, nah dengan Highlight kamu dapat menyoroti atau menyimpan Cerita Instagram terbaik mu, dan bahkan menggabungkannya ke dalam kategori atau acara terkait.

8. Insta DM/NgeDM

Istilah di Instagram yang harus kamu ketahui adalah ngeDM, ini artinya kamu mengirim pesan secara pribadi kepada seseorang dengan menggunakan fitur Insta DM. Insta DM atau Instagram Direct Message, adalah platform perpesanan bawaan Instagram. Untuk mengirim pesan cukup tekan ikon bidang pesawat kertas miring pada aplikasi.

9. Algoritma Instagram

Istilah di Instagram yang harus kamu ketahui selanjutnya adalah Algoritma Instagram. Ini adalah keajaiban ilmu komputer tersembunyi yang digunakan Instagram untuk memengaruhi segala sesuatu yang dilihat dan berinteraksi dengan pengguna di platform. Tahukah kamu bahwa Instagram hanya menampilkan posting mu hanya kepada sekitar 10 persen follower mu ? Atau bahwa Instagram Stories adalah tempat semua interaksi saat ini ? Semakin kamu berinteraksi dengan pengguna pada komentar atau dalam DM, maka semakin besar kemungkinan mereka melihat posting mu di umpan mereka ?

10. Instagram Bots/Akun Bodong


Istilah di Instagram yang Harus Kamu Ketahui

Instagram Bots adalah profil otomatis atau palsu atau Instagram robot yang menyamar sebagai orang. Tetapi kadang-kadang, bahkan profil yang aseli juga menggunakan bot otomatis atau layanan pihak ketiga untuk mendapatkan perhatian follower. Jika kamu menemukan komentar acak pada posting atau beberapa detik suka setelah kamu memposting gambar, ada kemungkinan akun tersebut bot. Hal terbaik untuk dilakukan adalah mengabaikan bot. Jika mereka memposting spam atau konten yang tidak pantas, kamu dapat melaporkan dan memblokirnya juga.

11. Tagar/Hashtag

Istilah di Instagram yang harus kamu ketahui adalah darah kehidupan Instagram. kamu dapat menggunakan hingga 30 tagar di antaranya dalam sebuah pos, tetapi kamu harus menggunakannya dengan bijak ya gengs. Tagar yang tepat akan membuat kamu mendapatkan respon yang tepat. Tagar adalah kumpulan kata, huruf, atau frasa yang didahului dengan simbol #. Ketika seseorang mengetuk tagar, mereka dapat melihat semua postingan yang ditandai menggunakan tagar yang diberikan. Tagar adalah cara yang bagus untuk meningkatkan pengikut dan keterlibatan kamu.

12. Ikuti Hashtags/Follow Hashtag

Istilah di Instagram yang harus kamu ketahui selanjutnya dari daftar ini adalah follow Hashtags, ini adalah tindakan yang memungkinkan kamu untuk mengikuti tagar apa pun di Instagram. Tidak peduli seberapa jelasnya tagar itu dan ini adalah cara yang baik untuk menambahkan sedikit bumbu ke umpan mu. Alih-alih mengikuti 10 profil berbeda dari sesuatu yang kamu minati, cukup ikuti hashtag-nya saja. Instagram akan secara otomatis memunculkan posting teratas dari tagar di feed mu secara berkala.

13. Latergram/Latepost

Istilah di Instagram yang harus kamu ketahui selanjutnya adalah Latepost atau Latergram. Ini adalah tagar yang kamu gunakan saat memposting sesuatu di Instagram di lain waktu, atau tidak pada saat kejadian itu benar-benar terjadi. Ini digunakan dengan tagar di Instagram ketika kamu memposting foto dari periode waktu sebelumnya. Pengguna biasanya akan menambahkan tagar #Latergram atau #Latepost.

14. Gost Follower

Istilah di Instagram yang harus kamu ketahui selanjutnya adalah Gost Follower atau yang sering disebut ghostie. Artinya bukan seseorang atau akun yang dimiliki oleh hantu ya, tapi lebih tepatnya adalah akun yang merujuk kepada follower pasif di Instagram. Gost Follower adalah pengikut akun Instagram yang tidak pernah memberikan like ataupun komentar kepada postingan Instagram yang diikuti. Ghostie biasanya hanya sekedar menjadi pengamat saja atau silent reader atau bahkan hanya sekedar penambah jumlah follower saja.
Baca juga:
7 Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Ulang Kabar Berita
5 Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Tidak Bisa Dibuka
Cara Menghapus Akun Instagram Versi Baru Permanent

15. Selebgram/Selebriti Instagram


stilah di Instagram yang Harus Kamu Ketahui

Istilah di Instagram yang harus kamu ketahui selanjutnya ada Selebgram atau selebritis instagram. Istilah ini merujuk pada seseorang dengan akun yang memiliki followers banyak sekali. Seorang selebgram yang memiliki followers yang sangat banyak itu bisa datang tidak hanya dari kalangan artis saja, tetapi juga sering muncul di dari kalangan bukan artis.


Itulah istilah - istilah di Instagram yang harus kamu ketahui, sekarang setelah kamu ketahui istilah – istilah tersebut kamu bisa mengobrol dengan para “senior” Instagram lainnya dengan lancar yakan. Ok, selain itu sebenarnya masih banyak lagi istilah lainya, tapi kami yakin kamu akan segera belajar. Have a good day !