search-button

Mar 4, 2019

Cara Membedakan HP Refurbish dan Original (3 Langkah)

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Begini cara membedakan HP refurbish dan original. Apakah kamu baru saja membeli HP baru atau menukar HP mu yang rusak dengan yang baru dari toko ? well, sebaiknya kamu harus berhati – hati dengan keaslian produk yang kamu terima. Bukan apa – apa, tapi kadang toko reparasi atau penjual online menjual HP refurbish atau mengganti HP kamu yang original dengan HP refurbish.


Ada berbagai alasan kenapa penjual melakukan hal tersebut, salah satunya adalah untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar ataupun menghindari kerugian karena harus mengganti HP yang rusak dengan yang baru. Untuk itu kita harus tau cara membedakan HP refurbish dan original sebagai bentuk kehatian – hatian.

Cara Membedakan HP Refurbish dan Original

Cara Membedakan HP Refurbish dan Original


  1. Klik aplikasi Telepon dan buka bagian Dialer pada HP yang akan kamu cek,
  2. Tekan ## 786 # (alias ## RTN #) tidak perlu menekan tombol lain, secara otomatis layar akan menampilkan RTN. Dari sini klik Lihat,
  3. Gulir ke bawah layar RTN ke status Rekondisi. Di sini lihatlah kalimat yang muncul apakah
  • Ya - Ponsel adalah model yang diperbarui (Refurbish), atau
  • Tidak - Selamat, telepon bukan model yang diperbarui. Sebaliknya, ini adalah pabrik baru (Original)


Jika memang HP kamu refurbish, sebaiknya kamu segera menghubungi pihak yang bersangkutan dalam hal ini toko untuk meminta ganti rugi. FYI, HP refurbish itu artinya HP kamu sebelumnya digunakan atau rusak kemudian diperbaiki dan dipoles agar terlihat seperti baru. Ini berarti tidak ada lagi yang salah dengan HP itu dan seharusnya itu bekerja dengan baik, namun terkadang kualitas build mungkin juga lebih rendah pada refurb karena penggantian suku cadang dengan pihak ketiga yang tidak original. Oh, jika cara membedakan HP refurbish dan original diatas tidak bekerja, cobalah kode ini * # * # 786 # * # *.
Baca juga:
4 Penyebab HP OPPO Cepat Panas
5 Cara Melacak HP ASUS yang Hilang
10 Cara Mengatasi Ngecas HP Lama Biar Cepat