search-button

Oct 24, 2018

15 Tips Cara Setting Kamera Samsung Agar Seperti DSLR

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah tips - tips cara setting kamera Samsung agar seperti DSLR. Samsung adalah salah satu smartphone terbaik di dunia, dengan kamera tajam dan sejumlah mode pemotretan yang bagus. Meski pengaturan bawaan kamera Samsung cukup membuat hasil gambar jadi bagus, kami kira tidak ada salahnya untuk mengotak – atik pengaturannya sedikit agar kamu bisa mendapatkan gambar sekeren DSLR.


Selain dari kemampuan kamu untuk memilih objek dan angle, kamu perlu juga bermain dengan pengaturan pada kamera HP Samsung kamu. meski mungkin terdengar sepele tapi ini merupakan sesuatu yang berpengaruh besar pada hasil bidikan kamu. Untuk itu silahkan simak tips cara setting kamera Samsung agar seperti DSLR dibawah ini.

Tips Cara Setting Kamera Samsung Agar Seperti DSLR

Tips Cara Setting Kamera Samsung Agar Seperti DSLR


1.Matikan Zoom Digital

Hanya zoom optik yang benar - benar dapat membuat subjek terlihat lebih dekat, dan kami belum pernah melihat ponsel dengan zoom optik. Zoom digital mungkin membuatnya seperti semakin dekat dengan subjek, tetapi fitur itu malah akan memangkas resolusi gambar. So, lebih baik memotret foto dengan resolusi penuh, dengan kata lain mematikan zoom digital.

2. Potret dalam Mode Lansekap

Kamera adalah perangkat horizontal dan hampir setiap kamera di pasaran dibuat untuk memotret gambar dalam mode lansekap atau horizontal. Mungkin hanya sesekali pemotretan dilakukan dalam mode potret dengan memutar kamera menjadi tegak. Dan kamera telepon hampir selalu digunakan dalam mode potret. Jadi mulailah memotret dalam mode lansekap.

3. Gunakan Timer

Untuk menghindari gambar goyang karena goncangan dari tangan kamu yang gemetar. Coba pakai fitur timer, pada beberapa seri Samsung ikon timer ini berbentuk stopwatch yang berada di atas layar. Jadi tinggal klik saja ikon stopwatch untuk mengatur durasi timer baik itu 2, 5, atau 10 detik.

4. Pilih Efek

Agar kamu mendapatkan suasana yang pas atau yang kamu inginkan Samsung telah menyediakan banyak efek yang bisa kamu gunakan saat memotret. Tombol Efek ini memungkinkan kamu untuk menambahkan filter pada gambar. Cukup ketuk Efek dan pilih filter yang ksmu inginkan, kamu juga dapat menekan ikon Unduh untuk masuk ke App Store Samsung untuk mendapatkan efek yang lebih banyak.

5. Aktifkan Pelacakan AF


Tips Cara Setting Kamera Samsung Agar Seperti DSLR

Fitur ini digunakan untuk melacak satu objek yang kamu ketuk pada layar kamera dan mempertahankan fokus pada objek itu terlepas dari di mana ia bergerak atau apa yang terjadi. FYI ini adalah fitur umum untuk kamera DSLR yang mahal dan paling baik diaktifkan ketika ingin memotret objek bergerak. Perangkat akan melacak dan memelihara fokus pada objek secara otomatis.

6. Gunakan HDR

Dengan mengaktifkan mode ini Samsung kamu akan menangkap foto pada berbagai level eksposur dan menampilkan gambar yang lebih nyata dengan apa yang kamu lihat sebenarnya. Untuk mengaktifkan HDR, ketuk ikon, yang terlihat seperti matahari dan bulan yang tumpang tindih, di kiri atas antarmuka kamera. Well, kamu tidak harus mengaktifan HDR di setiap pemotretan, kamu bisa mengaktifkannya ketika suasana sangat gelap.

7. Atur eksposur

Tingkat eksposur ini mulai dari -2.0 hingga 2,0. Untuk menemukan menu eksposur, kamu harus mengetuk ikon pengaturan aplikasi kamera dan menggulir ke bawah dan kamu harus menonaktifkan HDR terlebih dahulu untuk menyesuaikan tingkat Eksposur. Dengan mengatur tingkat eksposur di bagian paling gelap akan membuat latar belakang objek gambar menjadi kuat, pun sebaliknya.

8. Pilih Mode Metering

Mode pengukuran ini memberi tahu kamera bagian foto mana yang paling penting, sehingga akan mengoptimalkan pencahayaan untuk area tersebut. Untuk mengakses mode pengukuran, ketuk ikon roda gigi lalu masuk ke item kedua dari kiri pada baris kedua dari pengaturan. Secara default, Samsung menggunakan pengukuran balance tengah, memberikan preferensi ke bagian tengah gambar. Jika kamu ingin mendapatkan eksposur di seluruh frame kamu dapat memilih Matrix metering.

9. Gunakan Fokus Selektif

Mode Fokus Selektif memungkinkan kamu untuk mengaburkan latar depan atau latar belakang foto untuk mendapatkan efek artistik. Untuk mengaktifkan Fokus Selektif, ketuk ikon dua siluet di kanan atas interface kamera. Pastikan subjek latar depan kamu berada dalam jarak 1,5 meter dari kamera, dan bagian latar belakang itu setidaknya 3 meter di belakang subjek. Dengan Fokus Selektif, kamu dapat memilih subjek hanya dengan mengetuknya di layar.

10. Mode Burst Untuk Foto Aksi


Tips Cara Setting Kamera Samsung Agar Seperti DSLR

Mode Burst kecepatan tinggi Samsung memungkinkan kamu untuk menangkap objek yang bergerak cepat hanya dengan satu bidikan. Untuk mengaktifkan Mode ini, ketuk ikon pengaturan di bagian kiri atas interface kamera, dan aktifkan pemotretan beruntun. Setelah itu, kamu cukup menekan tombol kamera untuk mengambil hingga 30 shot dalam 3 detik. Setiap burst shot akan disimpan secara individual di galeri, ini memungkinkan kamu untuk menemukan jepretan paling jelas.

11. Matikan Stabilisasi

Kamu juga dapat mendapatkan gambar dari momen cepat dengan mengonfigurasi Samsung kamu untuk fokus lebih cepat. Setelah masuk ke pengaturan alihkan stabilisasi gambar ke posisi Nonaktif, maka kamu akan melihat kamera Samsung kamu ada pada keadaan lebih cepat fokus. Tapi gengs, menghidupkan atau mematikan stabilitas ini juga tergantung pada objek yang kamu bidik.

12. Gunakan Flash

Samsung biasanya mengambil bidikan yang jernih dan terang secara default, dan menggunakan flash cenderung mengarah ke overexposure. Namun demikian, kamu harus mengaktifkan flash dalam keadaan redup. Flash juga sangat berguna jika matahari berada di belakang subjek, menciptakan bayangan gelap pada objek. Ini mungkin membuat overexpose di latar belakang sedikit, tetapi kamu akan mendapatkan pandangan yang lebih terang dan lebih jelas pada subjek.

13. Gunakan Shot and More

Ketika kamu mengambil foto teman dan di latar belakang malah ada seseorang yang lewat, Samsung bisa memperbaiki ini. Dengan mengaktifkan fungsi Shot and More dalam menu Mode kamera Samsung, kamu akan mendapatkan akses ke Eraser Mode yang memungkinkan kamu untuk dapat mengetuk apa pun yang direkam oleh kamera sebagai pusat perhatian. Ini juga memberi kamu akses ke fitur seperti Best Face dan Best Photo untuk dengan mudah memilih foto terbaik dalam kelompok besar.

14. Beauty Face

Dengan kualitas kamera depan Samsung,  sudah cukup untuk dapat menangkap selfie yang keren. Tetapi kamu bisa mendapatkan hasil yang jauh lebih keren dengan fitur Beauty Face. Untuk mengaktifkan Beauty Face, cukup ketuk ikon spark di sebelah kanan layar saat berada dalam mode hadap depan, sebelum mengambil foto. Fitur ini memberikan tampilan airbrush ke selfies kamu, dan memungkinkan kamu memilih dari tingkat intensitas yang berbeda.

15. Kurangi Resolusi


Tips Cara Setting Kamera Samsung Agar Seperti DSLR
Baca Juga :
Cara Mendaftar Akun Samsung
Cara Klaim Garansi SEIN Samsung ( 4 Langkah )
10 Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di SAMSUNG

Samsung biasanya mengambil foto dengan resolusi sangat tinggi secara default. Jika kamu membuka menu pengaturan dan menekan Ukuran Gambar, kamu dapat memilih resolusi hasil foto. Dengan mengurangi resolusi, membuat gambar jadi lebih mudah untuk dikirim kemana – mana dan ini membuat gambar kamu utuh ketika sampai ke penerima. Plus, kamu dapat menghemat ruang penyimpanan yang berharga di Samsung kamu, dan bandwidth pada paket data tentunya.


Itulah tips - tips cara setting kamera Samsung agar seperti DSLR yang bisa kamu coba. Kesemua tips pengaturan itu tergantung juga pada kebutuhan kamu, kebutuhan disini maksudnya adalah tentang bagaimana hasil foto yang kamu inginkan juga tergantung pada keadaan tempat kamu mengambil foto. Have a good shot !