search-button

Sep 10, 2019

10 Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di SAMSUNG

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Begini cara mengatasi “sayangnya, aplikasi telah berhenti” di SAMSUNG. Ada satu masalah yang sering mengganggu pemilik SAMSUNG, yaitu munculnya pesan terkutuk “sayangnya, aplikasi terlah berhenti”.

Ya ketika kamu sedang menggunakan aplikasi, dan kemudian tiba-tiba aplikasi itu menutup dengan sendirinya. Menyebalkan, bukan? Untungnya, ada cara mengatasi “sayangnya, aplikasi telah berhenti” di SAMSUNG. Berikut cara memperbaikinya,

cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di samsung

Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di SAMSUNG


1. Hapus Cache Penyimpanan Aplikasi

Masalah ini sering muncul pada  aplikasi kontak, galeri, dan launcher. Prosedur untuk memperbaiki ini umumnya selalu sama yaitu pertama, buka Pengaturan, buka Aplikasi lalu Manajer Aplikasi, geser ke kiri hingga kamu menemukan tab Semua lalu gulir ke bawah ke aplikasi yang bermasalah lalu klik. Di sini kamu akan memilih opsi Hapus cache, selesai.

2. Hapus Data Penyimpanan Aplikasi

Hapus Data adalah cara mengatasi “sayangnya, aplikasi telah berhenti” di SAMSUNG yang harus kamu pilih selanjutnya, ini akan menyingkirkan data yang disimpan yang memungkinkan aplikasi memuat lebih cepat ketika kamu menggunakannya.

Menghapusnya berarti masalah utama kamu mungkin akan terpecahkan. Memilih opsi Hapus data akan menghapus semua data aplikasi, termasuk file, pengaturan, dan akun, jadi jangan gunakan ini kecuali kamu benar – benar terdesak.

3. Periksa Kartu SD

Kesalahan ini juga dapat berhubungan dengan kartu memori yang rusak. Jika kartu memori rusak, maka aplikasi apa pun yang memasukan data ke kartu memori akan mengalami kesalahan semacam ini.

Untuk memeriksanya, cukup keluarkan kartu memori dan buka aplikasi yang sudah berhenti berfungsi. Jika berhasil digunakan kembali, artinya memang benar kartu memori kamu rusak dan menyebabkan aplikasi jadi berhenti berfungsi.

4. Perbarui Aplikasi Jika Pembaruan Tersedia Di Play Store

Kadang-kadang, masalah ini terjadi karena aplikasi tidak diperbarui. Versi terbaru dari aplikasi dapat menjadi cara mengatasi “sayangnya, aplikasi telah berhenti” di SAMSUNG dan menambahkan fitur baru.

Tinggal buka Google Play Store kemudian buka Menu, lalu temukan Aplikasi Saya, geser ke kanan dan buka “Terpasang”. Di sana kamu dapat melihat aplikasi yang bermasalah dan opsi untuk memperbarui jika pembaruan tersedia.

5. Hapus Launcher Yang Tidak Diperlukan


Cara Mengatasi Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti

Karena terlalu banyak launcher juga terkadang akan membuat kesalahan ini terjadi. Lebih baik untuk menghapus launcher yang tidak terlalu diperlukan dari SAMSUNG sehingga kamu tidak akan menghadapi masalah seperti ini lagi nanti, gunakan saja launcher default.

6. Hapus Instalasi Dan Instal Ulang Aplikasi

Kamu juga dapat mencoba cara mengatasi “sayangnya, aplikasi telah berhenti” di SAMSUNG  dengan mencopot pemasangannya lalu menginstalnya kembali dari Google Play Store. Cukup buka aplikasi Play Store, buka menu di sisi kiri dan ketuk Aplikasi saya, temukan aplikasi yang bermasalah dan tekan Uninstall, membutuhkan waktu beberapa detik sampai aplikasi berhasil di uninstall, setelah itu kamu dapat menginstalnya lagi.

7. Instal Versi Aplikasi Yang Lebih Lama

Terkadang memperbarui aplikasi memang memperbaiki masalah tetapi terkadang juga, itu membuatnya lebih buruk. Jadi, untuk menyingkirkan pesan error "Sayangnya, aplikasi telah berhenti", kamu dapat mencoba menginstal versi aplikasi yang lebih lama dengan mengunduh paket APK.

Oh, tidak disarankan untuk mengunduh paket APK dari toko atau situs pihak ke-3. Jadi, pastikan kamu mengunduh file APK dari situs tepercaya yang memverifikasi keabsahan setiap paket sebelum memublikasikannya.

8. Matikan Dan Hidupkan Lagi

Kamu juga dapat mencoba cara mengatasi “sayangnya, aplikasi telah berhenti” di SAMSUNG dengan melakukan reset lunak, yang berarti restart/memulai ulang SAMSUNG. Cara ini sangat sederhana dan cukup efektif jika SAMSUNG kamu sudah lama aktif.

Pengaturan ulang akan memperbaikinya. Saya sarankan untuk sesekali mematikan SAMSUNG kamu dan biarakan beberapa menit, hal ini akan membantu ponsel bekerja lebih baik lagi, baik terkait dengan aplikasi, jaringan, audio, atau email.   

9. Hapus Partisi Cache Dari Recovery Mode

Mode pemulihan ini juga bekerja untuk banyak kasus aplikasi lainnya. Kamu hanya perlu menghapus partisi cache dan kamu dapat melihat bahwa masalah sudah diperbaiki. Udah tau dong cara melakukan recovery mode.

10. Lakukan Pengaturan Ulang Pabrik


cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti

Baca Juga:
10 Cara Menghemat Baterai Samsung Galaxy Tanpa Aplikasi Tambahan
3 Cara Masuk Safe Mode Android Samsung Semua Versi
2 Cara Menjadikan HP Samsung Sebagai Modem Wifi di Komputer

Ketika cara mengatasi “sayangnya, aplikasi telah berhenti” di SAMSUNG di atas gagal, kamu dapat melakukan pengaturan ulang pabrik untuk SAMSUNG kamu. Saat mengembalikan ke setelan pabrik, pastikan kamu telah mencadangkan semua data sebelumnya. Saya ulangi, buat cadangan semua data kamu terlebih dahulu. Penyetelan ulang pabrik akan menghapus data - data yang tersimpan pada perangkat.


Cobalah satu per satu dan kamu akan menemukan solusi untuk masalah pada SAMSUNG kamu. Jangan lupa untuk membagikan cara mengatasi “sayangnya, aplikasi telah berhenti” di SAMSUNG ini pada teman – teman kamu yang mungkin mengalami masalah yang sama. Good luck !