search-button

Mar 2, 2017

6 Cara Memperbaiki Drone yang Tidak Bisa Terbang

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiadCara Memperbaiki Drone yang Tidak Bisa Terbang. Pesawat tanpa awak atau yang lebih kita kenal dengan sebutan drone adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh oleh pilot atau mampu mengendalikan dirinya sendiri, bisa digunakan kembali dan mampu membawa muatan baik senjata maupun muatan lainnya. Namun pada saat ini drone bukan hanya digunakan untuk hal seperti itu saja tetapi digunakan untuk mengabadikan momen dengan memasang kamera, bisa digunakan untuk mengambil foto atau video.

Namun tahukan Anda tidak jarang ketika drone mau digunakan atau diterbangkan terdapat masalah yang muncul yaitu drone tidak bisa terbang, bagi orang yang sudah tahu atau sebagai teknisi mungkin bisa saja cepat mengatasi masalah tersebut, bagaimana jika Anda adaladh seorang pilot pemula? ketika mau digunakan tidak bisa terbang, cukup membingungkan bukan? Disini saya akan memberikan solusi faktor apa saja yang menjadi masalah tersebut.

Cara Memperbaiki Drone yang Tidak Bisa Terbang

Cara Memperbaiki Drone yang Tidak Bisa Terbang

1. Periksa Baterai Drone

Baterai adalah salah satu komponen yang sangat penting untuk alat-alat elektronik salah satunya drone, karena baterai adalah pengganti sumber listrik. Ketika mengalami masalah contohnya drone tidak bisa digunakan langah pertama adalah memeriksa keadaan baterainya, cek terlebih dahulu apakah masih ada daya atau tidak  jika tidak maka silakan charge terlebih dahulu, atau mungkin sambungan dari baterai ke drone tidak terhubung, yang terakhir baterainya sudah rusak maka Anda harus menggantinya.

2. Periksa Motor Baling-Baling

Motor adalah bagian yang menggerakan baling-baling pada drone, jika motor ini bermasalah otomatis drone tidak bisa terbang atau digunakan, sebaiknya jika Anda mengalami masalah baling-baling tidak berputar maka Anda bisa mengecek motor tersebut, perbaiki jika bisa kalau tidak silakan bisa dibawa ke ahlinya. 7 Alasan Penting Memasang Prop Guards Pada Drone

3. Ganti Drone Propellers

Salah satu aksesoris drone  yang harus dimiliki setiap pilot adalah extra propellers. Dalam keadaaan seperti inilah cadangan baling-baling bisa digunakan. Bisa saja propellers saat ini mengalami bengkok sehingga drone tidak stabil saat terbang.

4. Cabut Baterai Remote Control

Remote adalah alat kendali yang digunakan untuk menggerakan drone, drone bisa digerakkan ke atas atau bawah, samping kiri kanan atau maju mundur itu karena adanya remote ini, namun apa yang terjadi jika remotenya bermasalah bisa dipastikan drone tidak bisa digunakan, salah satu cara yang paling mudah adalah mengecek baterainya, periksa apakah masih bagus atau tidak, atau dayanya sudah habis maka Anda harus mengisi ulang daya baterai tersebut.

5. Kalibrasi

Mengkalibrasi drone sebenarnya adalah suatu hal yang harus dilakukan oleh seorang pilot sebelum terbang, ini sama halnya seperti pesawat terbang sebelum pesawat lepas landas pasti ada tim yang memeriksanya pesawat tersebut apakah layak terbang atau tidak. Nah Anda pun sama mulailah untuk mengecek seluruh bagian drone, apakah ada yang rusak atau cacat sehingga bisa disimpulkan drone layak terbang atau tidak.

6. Reset Drone

Mereset drone adalah salah satu cara mudah untuk mengatasi drone yang bermasalah, misalnya saja yang sudah saya sebutkan pada judul diatas yaitu mengatasi drone yang tidak bisa terbang caranya cukup mudah yaitu dengan meresetnya dan yang pasti hampir sama semuanya.

Itulah cara memperbaiki drone yang tidak bisa terbang, cara diatas hanya sebagian saja masih banyak solusi lain untuk memperbaiki drone yang tidak bisa terbang. Kesimpulannya adalah teknologi yang canggih seperti drone pun dapat mengalami masalah. Untuk memperkecil masalah yang akan terjadi, maka rawat dengan baik drone Anda. Semoga bermanfaat.
Baca Juga: