search-button

Oct 11, 2016

12 Tips Cara Menerbangkan Drone Diluar Ruangan (Outdoor)

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Tips penting Cara Menerbangkan Drone Diluar Ruangan atau outdoor agar Anda menjadi pilot yang handal dan terbang lebih aman. Ketika kita melihat video footage yang telah diambil menggunakan drone misalnya sungai, pantai, gedung, pegunungan jelas semuanya nampak indah. Tapi tahukah Anda bahwa setiap video yang diambil menggunakan drone tak semudah saat kita melihat dan menikmati kontennya.

Ada banyak hal penting yang harus dipersiapkan bagi seorang pilot saat akan menerbangkan drone diluar ruangan. Terlebih jika kita akan membuat video dari projek yang dipesan oleh client. Setiap lokasi dan kondisi akan berbeda tergantung di area mana kita akan menerbangkan dan merekamnya. Pada artikel kali ini saya akan coba menjelaskan beberapa tips cara menerbangkan drone diluar ruangan baik itu saat merekam video maupun untuk mencoba tantangan di lokasi yang baru.

Cara Menerbangkan Drone Diluar Ruangan

Tips Cara Menerbangkan Drone Diluar Ruangan (Outdoor)

1. Siapkan dan Bawa Semua Peralatan.
Periksa semua equipments yang berkaitan dengan drone dan aktifitas Anda nanti. Pastikan baterai terisi penuh, membawa baterai cadangan, memasang propeller guards, kamera, tablet atau ipod dan lain sebagainya. Pastikan tidak ada yang tertinggal spslsgi jika hendak terbang di lokasi yang cukup jauh dari rumah.
2. Ketahui Area atau Lokasi yang Anda Hadapi.
Sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke lokasi tertentu untuk menerbangkan drone, pastikan Anda telah mengetahui seluk beluk lokasi tersebut. Apakah lokasi itu milik klien, publik atau private. Ingat, menerbangkan drone harus memiliki izin.
3. Terbang di Lokasi Publik, Awas Banyak Orang.
Lapangan olah raga, taman kota dan tempat publik lainnya akan dikerumuni oleh orang yang sedang melakukan aktifitas. Seperti berolah raga ringan, bermain skate board, nongkrong dan bersantai. Sebagai seorang pilot drone, aktifitas Anda jangan sampai mengganggu mereka. Apalagi jika sampai menabrak seseorang. Pilihlah lokasi yang hanya dikunjungi oleh sedikit orang.
4. Hati-hati Dengan Cuaca yang Berangin.
Terdapat dua sisi berbeda dari area dengan kondisi yang sedang berangin kencang. Pertama adalah memungkinkan drone kita lepas kendali saat sedang terbang atau hovering, Kedua adalah memanfaatkan angin untuk mendapatkan footage dari objek tertentu yang terkena angin tersebut.
Misalnya pohon atau padi di sawah akan terlihat indah saat bergoyang terkena angin, tapi disisi lain drone dengan ukuran kecil akan kesulitan untuk hovering. Meskipun drone Anda dilengkapi dengan fitur pengontrol kecepatan motor otomatis saat kondisi berangin, tapi sebaiknya berhati-hati.
5. Selalu Aktifkan Mode GPS.
Tips menerbangkan drone diluar ruangan selanjutnya adalah dengan selalu mengaktifkan mode gps. Tentunya hanya drone high end yang memiliki fitur gps mode ini. Fitur ini sangat penting terutama saat Anda ingin mengambil gambar atau video di area tertentu yang nampak pada gps. Kita bisa mengunci drone agar ia hanya terbang pada lokasi yang terlihat di map saja.
6. Terus Terbang di Lokasi yang Berangin.
Baiklah, jika Anda tetap ingin menerbangkan drone dilokasi berangin atau tiba-tiba saat ia sedang tebang terhantam oleh angin sebaiknya ikuti beberapa tips ini.
  • Ketika drone sedang terbang dan tiba-tiba kecepatan angin meningkat, Anda akan sedikit kehilangan kontrol. Maka dari itu dorong quadcopter agar ia tetap maju.
  • Jika angin menghantam salah satu bagian sisi drone, terbangkan ia untuk melawan arah angin. Tujuannya adalah untuk mendapatkan keseimbangan. Tetapi jika terlalu kencang, sebaiknya Anda landing saja.
Baca juga :

7. Jangan Terbang Aerobatic.
Tips Menerbangkan Drone Out Door

Tips cara menerbangkan drone di lokasi yang luas terkadang membuat kita sangat bersemangat untuk menerbangakn drone secara ekstrim. Dan tak sedikit drone yang mengalami kecelakaan. Jangan mencoba untuk terbang aerobatic jika Anda belum memiliki skill untuk melakukannya. Terlebih jika Anda baru pertama kali terbang dilokasi tersebut.
8. Perhatikan Saat Melakukan Hovering.
Menerbangkan drone agar tetap melayang adalah salah satu task yang sangat sulit dilakukan terutama bagi para pemula. Jangan hovering terlalu tinggi di udara atau terlalu rendah. Meskipun teknik hovering akan mempengaruhi hasil merekam video, tapi sebaiknya kuasai dulu untuk mengontrol throttle, pitch dan roll agar melayang ditempat yang sama.
9. Segera Matikan Throttle Control Ketika Drone Jatuh atau Nyangkut di Pohon.
Saat drone mengalami tabrakan dengan benda tertentu misalnya drone nyangkut diranting pohon, segera matikan throttle control dengan cepat. Tips cara menerbangkan drone secara out door ini tujuannya adalah untuk mematikan propeller berhenti berputar agar tidak ada bagian ranting yang masuk atau memperkecil kemungkinan terjadinya patah dan rusak terlalu parah.
10. Terbang Aman Dengan Mode Otomatis.
Jika Anda merasa lokasi di luar cukup sulit untuk terbang, jangan menggunakan mode manual terlalu cepat. Terlebih bagi para pemula, mode otomatis akan membuat drone Anda lebih aman dan stabil ketika terbang.
11. Gunakan FPV Goggles.
Untuk menikmati view dan menambah pengalaman yang menyenangkan gunakanlah kacamata fpv. Anda akan lebih mudah dalam mengontrol drone serta mendapatkan angle yang pas ketika membuat video yang diambil oleh drone.
12. Rajin Latihan di Berbagai Lokasi.
Menjadi seorang pilot drone yang profesional tak akan bisa Anda raih hanya dalam waktu 1 minggu. Sempatkan waktu secara terjadwal untuk berlatih dan menguasai semua fitur yang dimiliki oleh drone Anda. Pastikan juga lokasi untuk berlatih selalu berpindah-pindah untuk menguji kemampuan Anda disetiap kondisi yang berbeda.

Kesimpulannya, sebenarnya masih banyak hal yang perlu Anda perhatikan saat menerbangkan drone. Tapi dengan beberapa tips cara menerbangkan drone diluar ruangan yang telah saya jelaskan diatas, akan menambah pengetahuan Anda tentang persiapan dan hal-hal yang mungkin terjadi. Jika Anda memiliki tips lain, silahkan tulis dikolom komentar.
Baca juga :