search-button

Sep 10, 2019

10 Cara Mengatasi Kamera Gagal HP Samsung (Semua Seri)

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comSolusi Cara Mengatasi Kamera Gagal di HP Samsung Galaxy. Kamera menjadi salah satu fitur yang wajib Ada pada smartphone Android pada saat ini, beberapa merk ponsel pun ada yang menjadikkan kamera sebagai andalannya. Banyak yang menyematkan kamera beresolusi tinggi untuk memuaskan para penggunanya. Selain mudah digunakkan, Anda juga tidak perlu repot-repot membawa kamera konvensional seperti DSLR. Karena pada Android sekalipun Anda bisa mengambil foto dengan kualitas bagus.

Namun, selalu saja ada masalah yang terjadi pada kamera ponsel Android. Misalnya tidak bisa dibuka, force close, dan terjadi kesalahan server mulai ulang kamera. Tetapi pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang cara mengatasi masalah “kamera gagal” di smartphone Samsung. Smartphone Samsung akhir-akhir ini telah meluncurkan ponsel dengan kamera beresolusi tinggi. Tetapi jika Anda pengguna ponsel tersebut dan mengalami masalah pada kamera.
Cara Mengatasi Kamera Gagal Samsung

Cara Mengatasi Kamera Gagal di HP Samsung Galaxy

1. Hapus Data Aplikasi Kamera

Cara membetulkan kamera gagal pada smartphone Samsung Anda bisa mencobanya cara kedua ini yaitu dengan menghapus data aplikasi kamera tersebut. Tidak usah khawatir karena tidak akan menghapus foto atau video yang pernah Anda ambil sebelumnya. Fungsi dari hapus data ini adalah supaya aplikasi kamera Anda kembali seperti semua, dan pengaturannya pun akan kembali seperti semula. Jadi ketika mengalami masalah tersebut Anda bisa mencobanya dengan cara ini ya. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Buka "Pengaturan » pillih Manajer aplikasi" tap semua dengan cara menarik layar ke sebelah kiri.
  • Jika sudah silakan cari aplikasi "Kamera".
  • Selanjutnya tap “Paksa Berhenti” lalu pilih “Hapus Cache” kemudian “Hapus Data”.
  • Jika sudah silakan Anda buka aplikasi kamera kembali.

2. Reboot Ponsel

Jika pada saat membuka kamera dan muncul pop-up Kamera gagal, kemungkinan ponsel Anda tidak bekerja secara optimal sehingga sistem Android tidak bisa mengatasinya. Cara mengatasi kamera gagal di hp samsung ini adalah dengan melakukan reboot yaitu mematikannya terlebih dahulu. Setelah menyala silakan Anda buka kembali kamera jika masih gagal coba cara berikutnya.

3. Cabut Baterai

Mungkin cara ini tidak ada hubungannya dengan masalah yang terjadi pada kamera Android, tapi jangan salah sebelum Anda mencobanya jangan mengatakkan hal seperti itu. Jika mengalami masalah kamera gagal silakan Anda matikkan ponselnya lalu cabut baterai, dan tunggu beberapa saat. Hal ini dikarenakan supaya daya yang mengalir pada ponsel Anda mati dulu. Baru setelah itu Anda coba nyalakan kembali dan buka aplikasi kamera apakah masih bermasalah atau tidak.

4. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika masih terjadi masalah yang sama setelah Anda mencoba beberapa cara diatas, ada baiknya Anda coba dengan menggunakan aplikasi kamera yang bisa Anda download di Play Store, bisa saja aplikasi bawaan ponsel memang sudah error dan tidak bisa digunakkan.

5. Upgrade Firmware

Langkah selanjutnya ketika smartphone Samsung Anda mengalami masalah pada kameranya, mungkin itu bug dari firmwarenya, sebelum melakukukkan cara ini pastikan Anda sudah mencoba cara yang diatas ya, untuk melakukkan upgrade firmware caranya cukup mudah. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
Buka “Pengaturan » Tentang ponsel » Pembaruan sistem”. Silakan cek terlebih dahulu apakah tersedia firmware terbaru untuk ponsel Anda. Jika ya, silakan Anda bisa mengupgradenya.
Baca juga:

6. Hapus Cache ROM

Cara Mengatasi Kamera Gagal di HP Samsung
Untuk melakukan cara yang keenam ini Anda diharuskan masuk ke mode Recovery, cara ini akan menghapus semua cache aplikasi entah itu bawaan ponsel atau aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa cara untuk masuk ke mode ini, kali ini saya jelaskan untuk ponsel Samsung saja. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Matikkan ponsel, lalu tunggu beberapa saat dan pastikan ponsel benar-benar mati.
  • Jika sudah silakan tekan tombol "Power + Home + Volume Up" secara bersamaan.
  • Lalu lepaskan pada saat muncul logo samsung.
  • Kalau sudah masuk masuk ke mode recovery silakan pilih “Wipe Cache Partition”
  • Jika sudah restart ponsel Anda.

7. Scan dengan Aplikasi Anti Virus

Penyebab kamera gagal pada samsung biasanya terjadi karena adanya virus atau malware yang menginfeksi aplikasi kamera ponsel Anda, jadi saya menyarankan Anda untu men-scan ponsel Anda dengan aplikasi Anti virus. Banyak aplikasi anti virus di Play Store silakan Anda pilih sendiri mana yang bagus.

8. Factory Reset

Dari beberapa cara diatas yang Anda coba tetapi masih saja tidak berhasil, mungkin cara ini bisa menjadi solusinya. Kenapa? Karena dengan melakukan factory reset ponsel Anda akan kembali ke pengaturan pabrik. Jadi aplikasi pihak ketiga atau data-data yang ada dimemori internal akan ikut terhapus. Anda bisa melakukannya lewat pengaaturan atau lewat recovery. Tetapi sebelum Anda mencobanya pastikan data-data penting Anda sudah di Backup terlebih dahulu.

9. Gunakan Custom ROM

Sebelum Anda mencoba cara ini pastikan ponsel Anda sudah diroot dan terpasang custom recovery. Jika Anda menggunakan custom ROM otomatis antar muka ponsel Anda akan berubah total. Keuntungannya memakai custom ROM adalah Anda bisa memodifikasinya sesuai keinginan. Biasanya pada custom ROM sudah ditambahkan fitur-fitur lain supaya kinerjanya lebih maksimal.

10. Bongkar Ponsel

Cara memperbaiki kamera hp yang tidak berfungsi mungkin cara ini yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu denga membongkar ponsel. Tapi jika Anda tidak mempunyai keahlian saya sarankan untuk tidak melakukannya sendiri, Anda bisa membawanya ke tempat service. Tetapi jika Anda bisa silakan untuk mencobanya. Kemungkinan masalah seperti itu tidak terjadi karena software saja, namun bisa saja hardware kamera ponsel Anda yang rusak.
Solusi mengatasi kamera gagal di hp Samsung ini bisa Anda terapkan di semua seri seperti Samsung Galaxy Grand Prime, Samsung J5, Samsung J7, Samsung J1, Samsung J3, Samsung J2, Samsung J5 Prime, Samsung A3, Samsung A5 dan yang lainnya.
Demikian pembahasan mengenai cara mengatasi kamera gagal pada smarphone Samsung, semoga dapat membantu dan bermanfaat.