search-button

Sep 10, 2019

5 Cara Mengatasi Kamera Wifi Action Cam Tidak Konek ke Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara mengatasi kamera wifi action camera tidak terkoneksi ke Android bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Bagi yang sering piknik, memiliki kamera aksi sendiri merupakan hal yang wajib disamping kamera dslr dan kamera smartphone dengan pixel yang tinggi. Alasannya karena action cam memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga mudah dimasukkan ke saku atau dibawa kemanapun. Tak hanya itu, kemampuan dalam mengambil video dan foto pun menjadi terlihat lebih bagus karena action cam memiliki lensa wide-angle HD yang pas baik ketika diving, berkendara maupun video biasa sekalipun.

Salah satu produk action cam yang paling banyak diminati adalah dari GoPro. Meskipun demikian masih banyak produk lain yang menawarkan kemampuan hampir sama tetapi dengan harga yang lebih murah seperti XiaoMi Yi Action Camera, Kogan Action Cam dan Brica B-Pro. Kamera aksi tersebut biasanya sudah dibekali dengan Wifi agar pengguna lebih mudah dalam mengambil gambar melalui smartphone Android. Tetapi tak jarang, kita menghadapi kendala yakni wifi kamera action cam gagal terhubung ke Android.

Cara Mengatasi Kamera Wifi Action Camera Tidak Terhubung di Android

Tips Cara Mengatasi Kamera Wifi Action Cam Tidak Konek Ke Android

Pada dasarnya, semua action cam yang dibekali dengan fitur kamera wifi harus menggunakan aplikasi agar bisa terhubung ke smartphone Android maupun iOS. Setiap fitur didalam aplikasinya pun berbeda tergantung dari produk yang Anda gunakan. Untuk memperbaiki wifi action cam yang tidak bisa connect ke Android atau selalu error, ikuti langkah berikut ini.
  1. Download aplikasi Action Cam hanya dari Play Store. Cobalah untuk tidak memasang aplikasi dari file APK. Aplikasi yang tersedia di play store, akan menyesuaikan versi aplikasi action cam dengan Android OS yang terpasang di smartphone Anda. Artinya ia akan memasang aplikasi dengan versi yang cocok bagi Android OS Anda.
  2. Pastikan Anda Memasukkan SSID dan Kata Sandi Dengan Benar. Setiap action cam, dibekali dengan nama wifi dan password default yang berbeda sesuai dengan produk yang telah Anda beli. Jadi pastikan Anda tidak salah ketika memasukkan kedua informasi wifi tersebut.
  3. Bersihkan Cache dan Data Aplikasi Action Cam. Jika biasanya Anda bisa terkoneksi dengan lancar tetapi wifi action cam tiba-tiba tidak terhubung, masuk kedalam Pengaturan » Manajer Aplikasi » Aplikasi Action Camera kemudian tap tombol Bersihkan Data dan Bersihkan Cache. Perhatikan pada contoh gambar diatas.
  4. Format Kartu Memori Action Cam (MicroSD). MicroSD dengan Class dibawah 10 biasanya lebih rentan rusak dan error dibandingkan dengan Clash 10. Apalagi jika MicroSD tersebut sering Anda pindahkan antara ke Action Cam dan Smartphone itu sendiri. Ketika MicroSD dipindahkan ke Smartphone, maka secara otomastis akan membuat folder didalamnya dan hal ini tidak menutup kemungkinan menjadi penyebab terjadinya wifi action cam tidak terkoneksi ke Android.
  5. Factory Reset Action Camera. Dalam beberapa kasus, wifi kamera action cam bisa terhubung menggunakan aplikasi tetapi hanya selama beberapa menit saja. Kemudian Action Cam tiba-tiba mati dan melakukan restart sendiri. Untuk mengatasi hal ini, lakukan factory reset terhadap action cam didalam pengaturan.

Kesimpulannya, cara mengatasi kamera wifi action camera tidak bisa konek ke android bisa dilakukan dengan beberapa langkah diatas. Tetapi, tidak menutup kemungkinan penyebab dan permasalahan antar pengguna bisa berbeda. Untuk itu silahkan berkomentar dan jelaskan masalah yang terjadi dengan wifi kamera dari produk Action Cam Anda.
Baca Juga: