search-button

Jan 9, 2018

3 Trik Cara Agar Aplikasi Android Tidak Bisa Dihapus

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara Agar Aplikasi Android Tidak Bisa Dihapus bisa dilakukan dengan beberapa trik jitu ini. Dijaman yang serba canggih seperti sekarang, tak sedikit para orang tua yang memberikan smartphone, tablet maupun gadget lainnya kepada sang anak. Tujuannya agar anak bisa tahu tetang teknologi sejak usia dini. Meskipun tujuannya sangat baik, namun tak sedikit pula para orang tua yang kalah dari anaknya dalam penguasaaan teknologi seperti smartphone dan tablet ini.

Apapun sistem operasi dari perangkat yang telah diberikan oleh Anda kepada sang anak, ada hal wajib yang harus selalu Anda kontrol seperti penggunaan game, aplikasi maupun akses internet. Salah satunya adalah dengan memasang aplikasi keamanan seperti aplikasi pengintai khusus bagi para orang tua. Jika Anda sudah memasang aplikasi semacam ini di smartphone mereka, lalu bagaimana Cara Agar Aplikasi Android Tidak Bisa Dihapus agar kita selalu dapat melihat aktivitas yang ia lakukan.

Cara Agar Aplikasi Android Tidak Bisa Dihapus

Cara Agar Aplikasi Android Tidak Bisa Dihapus

Sebagai contoh aplikasi Cerberus (berbayar) dan IFTT (gratis) adalah dua aplikasi tools yang selalu saya pasang di smartphone lain. Kedua aplikasi tool ini bisa mengendalikan smartphone tentang apa yang harus ia lakukan pada jam atau lokasi tertentu. Misalnya, cerberus bisa mengirim pesan rahasia yang akan muncul secara tiba-tiba. Semantara IFTT bisa mematikan koneksi internet di lokasi tertentu misalnya sekolah. Bagaimana cara agar aplikasi tidak bisa di uninstall pada aplikasi yang saya contohkan diatas?
Disclaimer: Semua Aplikasi Bisa Dihapus Tetapi Kita Bisa Mempersulitnya Untuk Tujuan Keamanan. Contohnya Aplikasi Family Locator Untuk Memonitor Anggota Keluarga.
1. Kunci Aplikasi Menggunakan Appp Lock.
Ada banyak pengembang yang memasarkan aplikasi pengunci dengan banyak kemampuan. Seperti mengunci aplikasi, mengunci galeri maupun yang lainnya. Kuncilah “Aplikasi yang tidak ingin bisa dihapus” menggunakan aplikasi AppLock. Pastikan pula fitur “Settings” yang ada di smartphone Android pun terkunci.
2. Aktifkan Device Admnistrator Untuk Mempersulit Aplikasi Dihapus.
Cara Agar Aplikasi Tidak Bisa di Uninstall

Salah satu trik Cara Agar Aplikasi Android Tidak Bisa Dihapus adalah dengan melakukan enable device admnistrator. Sebagai contoh adalah aplikasi APUS Launcher. Aplikasi ini mengharuskan penggunanya untuk meberikan ijin akses administrator sebelum ia bisa bekerja pada smartphone. Dan ketika pengguna bosan dengan aplikasi ini kemudian ingin mengapus aplikasi APUS Launcher, maka mereka sangat keulitan untuk melakukannya. Padahal, seharusnya pengguna mencabut terlebih dahulu akses Admnistrator aplikasi ini. Barulah aplikasi APUS Launcher bisa dihapus. Caranya tap Settings » Security » Device Administrator.
Baca juga:
3. Convert User App Menjadi System App.
Trik cara agar aplikasi tidak bisa di uninstall berikut ini khusus bagi Anda yang sudah mengerti tentang Android OS. Lakukan root pada smartphone kemudian rubah User App menjadi System App. Tetapi ketika System App ini dikembalikan lagi menjadi User App, maka aplikasi tersebut bisa dihapus.

Pada dasarnya, tidak ada satupun sistem operasi yang akan mengizinkan Depeloper membuat aplikasi yang tidak bisa dihapus. Resiko keamanan adalah prioritas utama kenapa semua aplikasi harus bisa dihapus. Dengan mengikuti Trik Cara Agar Aplikasi Android Tidak Bisa Dihapus seperti yang telah saya jelaskan diatas. Akan cukup menyulitkan anak Anda untuk mengahpus aplikasi kemanan seperti aplikasi pengintai dan yang lainnya.
Baca juga: