search-button

Jan 1, 2018

2 Cara Hapus Aplikasi Android yang Tidak Bisa Dihapus

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Pengguna smartphone Android terkadang kesulitan bagaimana cara menghapus aplikasi Android yang tidak bisa dihapus. Suatau saat Anda pasti ingin memasang sebuah aplikasi tertentu dari play store untuk mendukung tasking yang dilakukan didalam Android. Saya contohkan saja seperti aplikasi Assistive Touch. Tapi setelah Anda menginstallnya ternyata fungsi dari aplikasi tersebut tidak sesuai dengan yang Anda butuhkan. Pada saat akan uninstall, Anda tidak bisa melakukannya.

Kenapa aplikasi Android tidak bisa dihapus? Setiap aplikasi dibekali dengan fitur dan fungsi unik tersendiri. Para pengembang terkadang ingin memberikan fungsi Advance yang belum pernah ada sebelumnya. Fitur atau fungsi ini mengharuskan para penggunanya untuk memberikan hak akses terhadap Device Administration didalam pengaturan Android. Itulah kenapa Anda kesulitan menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus.

Menghapus Aplikasi Android yang Tidak Bisa Dihapus

Cara Menghapus Aplikasi Android yang Tidak Bisa Dihapus


Ada dua cara yang akan saya rekomendasikan tetapi sebelum saya menjelaskan langkah-langkahnya, ada hal penting yang harus Anda perhatikan.  Tutorial ini hanya untuk menghapus aplikasi Android pihak ketiga yang telah Anda pasang dari Play store tetapi tidak bisa dihapus. Bukan untuk uninstall aplikasi bawaan atau bloatware. Jadi Anda harus membedakan terlebih dahulu dari dua jenis aplikasi tersebut. Sebagai contoh, disini saya ingin menghapus aplikasi Assistive Touch yang telah saya pasang dari play store.

  1. Hapus Aplikasi Android dengan Menonaktifkan Administartor Perangkat.
    • Masuk kedalam Pengaturan kemudian tap Keamanan.
    • Gulirkan kebawah maka Anda akan menemukan Administrator Perangkat.
    • Tap pilihan tersebut dan aplikasi yang tidak bisa dihapus akan nangkring disana.
    • Selanjutnya nonaktifkan akses seperti terlihat pada gambar. Jangan sampai aplikasi tersebut tercentang dan berwarna hijau.
    • Terakhir, hapus aplikasi dari fitur manajer aplikasi.
  2. Menghapus Aplikasi Android dengan Factory Reset.
    Saya menjamin cara kesatu akan berhasil menghapus aplikasi pihak ketiga. Tetapi bagi Anda yang gagal, bisa dengan melakukan factory reset atau mengembalikannya ke pengaturan pabrik. Tetapi ingat, dengan melakukan ini maka data-data akan terhapus dan smartphone Android akan kembali pada kondisi awal seperti baru membelinya.

Kesimpulannya, cara menghapus aplikasi Android yang tidak bisa dihapus biasanya akan dihadapi oleh pengguna baru. Hal ini sering terjadi karena Anda belum mengetahui fungsi didalam pengaturan yang dinamakan dengan device administration atau administrator perangkat.
Baca juga: