search-button

Sep 10, 2019

6 Penyebab dan Cara Mengatasi Tidak Bisa Install APK di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Solusi dan penyebab gagal install apk di Android. Install aplikasi Android dengan menggunakan file apk merupakan salah salah satu alternatif yang sering dilakukan oleh para pengguna Smartphone dan Tablet Android. Alasannya bisa bermacam-macam, mulai dari untuk mencari versi dibawah versi terbaru, untuk memasang aplikasi yang tidak tersedia di play store, untuk menguji aplikasi yang baru dibuat sendiri atau karena selalu gagal install aplikasi dari play store. Ada banyak situs yang menyediakan file apk secara gratis dan disini saya akan berkesimpulan bahwa Anda telah mengunduh file apk yang diinginkan tetapi gagal saat akan memasangnya.
Biasanya setiap kita gagal menginstall apk selalu muncul pesan yang berbeda-beda seperti “installer package error 919”, “Sorry, package installer has stopped unexpectedly”, “parse error” atau pesan “Unable to open file”.  Hal tersebut hanyalah beberapa contoh masalah yang dihadapi pada saat kita akan memasang aplikasi apk. Lalu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi gagal install apk di Andoid?
Penyebab dan Solusi Mengatasi Tidak Bisa Install APK di Android

Penyebab Tidak Bisa Install Apk Di Smartphone dan Tablet Android


Apk adalah Android application package dimana jenis file dengan format ini hanya bisa dipasang dan digunakan pada hp, tablet dan emulator dengan sistem operasi Andoid Google. Namun bukan berarti sudah pasti bisa terinstall di Andoid yang Anda gunakan karena berikut ini adalah beberapa penyebab tidak bisa install apk.
  1. File apk tersebut tidak kompatibel dengan sistem operasi Andoid. Dalam artian, setiap aplikasi memiliki versi yang ditandai dengan Versi 1.0, 2.0, atau 3.0. Begitu juga sebaliknya Android OS pun memiliki tingkatan nama versi seperti Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kitkat dan Lollipop.
  2. File Apk telah rusak. Hal ini bisa terjadi pada saat proses download yang terhenti ditengah jalan lalu dilanjutkan kembali. Atau file apk tersebut telah dimodifikasi dan pada saat si pengembang melakukan recompile ada file yang tertinggal.
  3. File apk belum dilakukan Sign .apk. Sistem operasi Android tidak akan mau menginstall aplikasi yang tidak ditantangani serifikat secara digital. Hal ini juga untuk mengidentifikasi siapa penulis/pembuat aplikasi yang bisa dilihat dari sertifikat tersebut.
  4. Aplikasi Google Play Service telah terhapus. Kita berhasil memasang aplikasi dari apk tetapi pada saat aplikasi tersebut akan kita gunakan, ia selalu menutup sendiri atau force close karena membutuhkan google play service. Biasanya hal ini akan sering terjadi terhadap aplikasi berbayar yang dipasang pada Android yang telah di root.
  5. Terlalu banyak cache didalam sistem dan belum dibersihkan. Cache digunakan untuk mempercepat sebuah aplikasi atau file terbuka lebih cepat tetapi aplikasi yang telah kita hapus pun meninggalkan cache. Hal ini akan menyulitkan aplikasi baru untuk mendapatkan ruang didalam sistem.
  6. Anda memasang aplikasi Screen Dimmer dan tidak menonaktifkannya pada saat akan menginstall apk. Aplikasi ini berfungsi untuk mengatur kecerahan layar dan akan bekerja dengan tampilan overlay yang menutup seluruh fungsi layar sentuh. Beberapa aplikasi ini akan menambahkan fitur keamanan yang menyulitkan kita untuk melewati dialog system seperti tidak bisa disentuhnya tombol Install dari file apk yang akan kita pasang.

Solusi dan Cara Mengatasi Tidak Bisa Install APK


Tentu saja penyebab diatas masih kurang karena masih banyak penyebab lain yang menjadi alasannya. Karena hal tersebut juga tergantung dari type Smartphone, Tablet atau Android OS itu sendiri. Tetapi simak cara mengatasi berikut ini.
  1. Hal yang paling utama adalah mengaktifkan fitur install apk. Caranya tap Settings > Security > lalu centang ”Unknown sources“.
  2. Cari file apk dengan versi yang kompatibel dengan Android OS dari Tablet dan Smartphone Anda.
  3. Bersihkan cache. Gunakan aplikasi Clean Master untuk melakukannya.
  4. Nonaktifkan aplikasi Screen Dimmer atau pengatur kecerahan layar.
  5. Pasang aplikasi APK installer dari google play store. Aplikasi ini khusus untuk menginstall dan mengelola file apk.
  6. Reboot Smartphone dan Tablet.
Baca jga :
Itulah, beberapa penyebab dan cara mengatasi tidak bisa install apk di Android. Lakukan solusi tersebut dan semoga Tablet dan Smartphone Android Anda bisa kembali memasang aplikasi dari file apk.