search-button

Jan 14, 2017

Cara Cek Android yang Telah Mendukung Virtual Reality

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Harga kaca mata virtual reality untuk Android saat ini sangat beragam. Mulai dari yang paling murah yaitu Google Cardboard hingga yang cukup mahal seperti Samsung Gear VR. Dengan beragam pilihan harga dan kemampuan yang dimilikinya, pengguna pun bisa menentukkan mana yang paling cocok untuk digunakan. Tetapi ada hal terpenting yang harus diperhatikan, apakah Anda sudah cek Android telah mendukung virtual reality atau belum?

Virtual reality (VR) adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk bisa berinteraksi dengan suatu lingkungan virtual yang telah disimulasikan oleh komputer. Teknologi ini tidak begitu saja bisa digunakan oleh semua jenis atau type smartphone. Hanya smartphone yang telah dibekali dengan spesifikasi sensor tertentu saja yang saat ini baru bisa menggunakannya.  Lalu bagaimana cara cek Android yang telah mendukung virtual reality ini?

Cara Cek Android Mendukung Google Cardboard Virtual Reality

Cara Cek Smartphone Android Telah Mendukung Virtual Reality atau Belum


EZE VR adalah aplikasi yang dikembangkan oleh EZELab untuk memeriksa kemampuan smartphone Android apakah telah mendukung kaca mata virtual reality atau belum, seperti google cardboard dan yang lainnya. Pada dasarnya, aplikasi ini bekerja dengan sangat sederhana yakni akan mendeteksi smartphone Anda apakah sudah dibekali dengan sensor giriskop dan medan magnet. Yang mana kedua sensor ini sangat dibutuhkan oleh Android untuk mendukung game dan aplikasi virtual reality yang ingin Anda jalankan.
  1. Pasang aplikasi EZE VR dari Play store.
  2. Buka aplikasi tersebut kemudian tap tombol Check.
  3. Tunggu beberapa saat hingga proses mendeteksi sensor giriskop dan sensor medan magnet selesai.
  4. Jika Android telah mendukung virtual reality, maka akan muncul keterangan “Fully Compatible”.
  5. Tetapi, jika smartphone Android belum mendukung virtual reality, maka akan muncul keterangan “Not Compatible”.

Kesimpulannya, sebelum membeli kaca mata VR, Anda harus mengetahui apakah smartphone Android yang Anda gunakan telah mendukung virtual reality atau belum. Yakni dengan menggunakan aplikasi EZE VR.
Baca juga: