search-button

Jan 10, 2018

2 Cara Nonaktifkan Icon Gembok (Sensor proximity) Saat Nelpon

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara menonaktifkan icon gembok saat nelpon bisa dilakukan dengan sangat mudah. Bagi pengguna smartphone Android, ketika melakukan panggilan telepon keluar biasanya akan mengalami hal ini. Layar tiba-tiba berwarna hitam atau mati yang akhirnya terkunci hingga muncul sebuah icon gembok. Padahal saat itu kita sama sekali tidak menguncinya. Dan terkadang hal ini akan membuat pengguna merasa kesulitan untuk menghidupkannya kembali. Lalu apa sih tujuan fitur ini?

Smartphone Android dibekali dengan sensor proximity. Yang mana sensor ini akan bekerja secara otomatis untuk mengunci layar Android ketika kita mendekatkannya pada telinga dari jarak tertentu. Tujuan utamanya adalah agar pengguna terfokus pada tasking saat menelpon dan tidak akan menyentuh layar secara tidak sengaja yang akhirnya membuat telpon terputus. Bagi Anda yang kurang begitu menyukai dengan fitur ini, saya akan menunjukkan bagaimana cara menonaktifkan icon gembok saat nelpon tersebut agar layar smartphone tetap hidup.

Cara Nonaktifkan Icon Gembok Saat Nelpon

Cara Menonaktifkan Sensor Proximity Saat Nelpon di Android

Sensor proximity biasanya terletak pada bagian atas smartphone yang berdekatan langsung dengan speaker kecil atau berada di garis yang sejajar dengan kamera depan. Ketika kita mulai mendekatkannya pada telinga, layar akan terkunci yang dibarengi dengan icon gembok kemudian muncul keterangan “sentuh dua kali untuk buka kunci”. Pada tutorial ini, saya akan menunjukkan dua cara bagaimana cara menonaktifkan kunci layar saat nelpon ini.

1. Menonaktifkan Sensor Proximity Dari Pengaturan Panggilan.
Untuk cara yang pertama ini, kita bisa nonaktifkannya melalui pengaturan. Tetapi tidak semua smartphone Android sudah dibekali fitur ini. Hanya smartphone Android dengan versi 5.0.2 Lollipop atau tergantung dari merk smartphone itu sendiri. Caranya seperti pada gambar diatas, tap Pengaturan » Pengaturan Panggilan » gulirkan kebawah kemudian pilih Aktifkan Sensor Proximity dan swife agar tombol tidak berwarna biru atau aktif.

2. Menonaktifkan Icon Gembok Saat Nelpon (sensor proximity) Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga.
Jika smartphone Anda tidak dibekali dengan pengaturan seperti cara pertama, maka bisa menggunakan aplikasi Smart Screen On Off sebagai alternatifnya. Aplikasi ini dikembangkan oleh Suriv yang memiliki fitur untuk menonaktifkan sensor proximity. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus memberikan hak akses Device Administrator didalam pengaturan Android. Caranya:
  • Download aplikasi Smart Screen On Off dari Play Store.
  • Buka aplikasi tersebut kemudian berikan hak akses Device Administrator.
  • Setelah memberikan hak akses, Anda baru bisa menggunakan aplikasi ini.
  • Gulirkan kebawah kemudian pilih Sensor Proximity ON/OFF berupa tombol.
  • Disini, Anda bisa mengatur jeda atau seberapa banyak sentuhan layar yang diperlukan ketika sensor ini aktif dan mengunci layar.

Kesimpulannya, cara menonaktifkan icon gembok saat nelpon terletak pada aktif atau tidaknya penggunaan sensor. Anda bisa menonaktifkan sensor proximity menggunakan pengaturan panggilan atau dengan aplikasi pihak ketiga.
Baca juga: