search-button

Jan 10, 2018

Cara Menggunakan Google Voice Search Offline Di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Menggunakan Penelusuran Suara Google melalui aplikasi voice search di Android memberikan banyak kemudahan bagi pengguna smartphone. Salah satu produk yang dikembangkan Google ini berfungsi untuk mencari kata kunci menggunakan perintah suara baik saat kita menggunakan browser google chrome di pc maupun aplikasinya di hp Android. Jika biasanya Anda menggunakan aplikasi ini dengan menggunakan koneksi internet, maka kali ini saya akan menunjukkan bagaimana cara menggunakan google voice search secara offline.

Ketika kamu menggunakan Google Voice Search di Android tidak terbatas hanya pada perintah suara untuk pencarian web saja. Namun ia juga mampu membantu kita untuk melakukan tasking hanya dengan menyebutkan perintah suara seperti ketika ingin mengirim sms, menelpon, membuka aplikasi hingga menyetel alarm. Untuk melakukan hal tersebut kita dapat menyebutkan “voice command” dalam bahasa Indonesia maupun English dengan mendekatkannya ke bagian mic hp Android. Namun untuk saat ini, cara menggunakan google voice command secara offline tanpa koneksi internet di Android belum tersedia dalam bahasa Indonesia. Tetapi hal tersebut bukanlah menjadi sebuah hambatan karena kamu akan tetap terbantu oleh aplikasi ini.

Cara Menggunakan Voice Search Offline di Android

Cara Setting Google Voice Search (Penelusuran Suara) Secara Offline

  1. Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan agar hp Android kamu bisa menggunakan Pencarian Suara tanpa koneksi internet di Android. Kamu harus mengunduh bahasa perintah suara atau voice command dan setting agar English (US) menjadi bahasa yang digunakan didalam hp Android kamu.
  2. Tap Setting » Language and input
  3. Pada tampilan pengaturan ini, pilih Google voice typing
  4. Perhatikan bagian Languages, pastikan kamu telah memilih Default language : English (US)
  5. Tap Offline speech recognition
  6. Terakhir, download bahasa yang tersedia kemudian biarkan ia terpasang agar google voice search dapat digunakan secara offline.

Untuk menguji apakah berhasil atau tidaknya cara menggunakan google voice search secara offline, matikan koneksi internet kemudian tap aplikasi Voice Search dan katakan “Open Calculator App”. Jika aplikasi kalkulator langsung terbuka, berarti saat ini kamu dapat menggunakan Penelusuran Suara ( Google Voice Search) tanpa koneksi internet di Android.
Baca juga: