search-button

Sep 10, 2019

5 Cara Menampilkan Aplikasi Tersembunyi di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara menampilkan aplikasi tersembunyi di Android tidak memerlukan trik khusus atau menerobos keamanan didalam smartphone. Saat ini sudah banyak dikembangkan aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan berbagai file pribadi. Misalnya foto, musik, dokumen, video hingga menyembunyikan aplikasi agar tidak diketahui oleh orang lain. Mungkin saja teman atau pasangan Anda pun melakukan hal ini.

Anda mungkin akan merasa curiga, si teman telah memasang aplikasi tertentu yang tidak Anda ketahui didalam smartphone-nya. Bisa aplikasi chat atau media sosial yang bahkan ikonnya tidak tampil di app drawer. Nah pada tutorial kali ini, saya akan menunjukkan bagaimana cara menampilkan aplikasi tersembunyi di Android. Entah itu dari merk Samsung, Oppo, Asus Zenfone, Smartfren Andromax maupun merk lainnya.

Cara Menampilkan Aplikasi Tersembunyi di Android

Cara Melihat Aplikasi Android yang Disembunyikan


Pada dasarnya, semua smartphone dengan sistem operasi Android memiliki layanan yang dianamakan Google Play Service. Layanan ini berperan mencatat semua aktifitas akun yang ada didalam smartphone. Jika Anda mendownload aplikasi pihak ketiga dari play store, maka aplikasi tersebut akan muncul didalam history akun dan bisa langsung Anda buka dari sana. Didalam akun ini, semua history tentang aktifitas pengguna di Play store akan dicatat secara lengkap. Bahkan kita bisa melihat history dari aplikasi yang pernah digunakan atau telah dihapus. Dengan menggunakan history inilah kita akan tahu cara menampilkan alikasi tersebunyi di Android.
  1. Pada contoh ini, saya sengaja menyembunyikan aplikasi “SMS” di Smartfren Andromax 4G LTE agar ikonnya tidak muncul di app drawer.
  2. Buka aplikasi Play Store kemudian tap “Aplikasi & game saya”.
  3. Lihat hasilnya, saya pun berhasil melihat aplikasi yang disembunyikan tersebut.
  4. Tap nama aplikasi tersebut untuk membukanya.
  5. Jika ternyata aplikasi ini juga dikunci menggunakan PIN atau password, maka hanya akan muncul tombol “Copot Pemasangan”. Meskipun demikian, Anda telah berhasil melihat aplikasi yang disembunyikan.

Kesimpulannya, cara menampilkan aplikasi tersembunyi di Android bisa melalui history akun didalam aplikasi Play store. Jenis aplikasi yang bisa dilihat adalah aplikasi pihak ketiga yang telah didownload dari play store yang terintegrasi dengan layanan google play service. Jika Anda mengalami kesulitan atau pertanyaan, silahkan berkomentar.
Baca juga: