search-button

Sep 10, 2019

3 Cara Mematikan Suara Kamera Samsung Galaxy

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara mematikan suara kamera samsung agar tidak berbunyi pada saat mengambil foto bisa dilakukan dengan trik yang mudah ini. Setiap aplikasi kamera bawaan smartphone Samsung, dibekali fitur berbeda. Hal ini tentu saja berkaitan dengan seri smartphone itu sendiri. Ada yang sudah bisa selfie menggunakan telapak tangan melalui sensor gesture, bahkan menggunakan perintah suara dengan hanya menyebutkan “Smile”.

Beberapa seri smartphone Android seperti Samsung Galaxy Grand Prime, Galaxy J5, Galaxy J7, Galaxy A5, Galaxy A8 dan yang lainnya tidak memiliki opsi untuk menonaktifkan suara kamera bawaan. Hal ini akan sangat mengganggu terutama ketika kita ingin memfoto objek secara diam-diam. Bayangkan ketika seekor kucing lucu yang sedang tidur lalu kita memfotonya, maka dengan suara yang dihasilkan si kucing pastinya akan terbangun. Lalu bagaimana cara mematikan suara kamera samsung dari seri tersebut atau seri lainnya? Berikut trik yang akan saya jelaskan.

Cara Mematikan Suara Kamera Samsung Android

Cara Mudah Mematikan Suara Kamera Samsung Galaxy

Dibeberapa negara, mereka mempunyai aturan yang mengharuskan setiap pembuat Smartphone untuk mengeluarkan suara kamera saat mengambil gambar. Menurut pendapat saya, hal ini sangat berkaitan dengan aturan privasi. Namun, kita sebagai pengguna pun ingin memiliki privasi agar foto selfie yang diambil tidak berbunyi.

1. Aktifkan Mode Silent.
Trik pertama untuk menghilangkan suara kamera samsung adalah dengan mengaktikan mode silent. Artinya, Android Anda tidak akan berbunyi ketika ada notifikasi, panggilan masuk, sms maupun yang lainnya. Cara tercepat untuk mengaktifkan mode ini adalah dengan cara swipe kebawah pada notification bar, selanjutnya swipe ke kanan kemudian tap icon speaker hingga menjadi mode silent atau hening.
2. Nonaktifkan Semua Suara Melalui Aksesibilitas.
Pada dasarnya, opsi berikut ini tidak jauh berbeda dengan mode silent. Hanya saja ketika kita menggunakan headset, maka setiap layar yang kita tap tidak akan berbunyi termasuk menonaktifkan suara kamera samsung. Caranya tap Pengaturan » Aksesibilitas » gulirkan kebawah kemudian centang Nonaktifkan semua suara.
3. Mematikan Bunyi Kamera Samsung Secara Permanent (Root).
Untuk trik yang terakhir ini, Anda harus melakukan root terlebih dahulu. Kemudian setelah di root, buka folder telpon /system/media/audio/ui lalu cari file camerashutter atau cameraclick OGG. Jangan menghapusnya, ganti saja nama file tersebut dengan yang Anda inginkan.

Kesimpulannya, dengan melakukan salah satu trik diatas maka Anda dapat mematikan suara kamera samsung. Khusus untuk trik no 3, Anda nantinya tidak perlu repot lagi harus berpindah mode atau masuk kedalam pengaturan aksesibilitas.
Baca juga: