search-button

Sep 10, 2019

8 Cara Mengatasi Android Tidak Ada Suara (🔥UPDATED)

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.Com - Kenapa di hp Android tidak ada suara? Entah itu tidak ada suara dari musik yang sedang diputar, dari panggilan telepon yang masuk maupun dari notifikasi seperti nada sms dan ringtone. Jika anda sedang menghadapi permasalahan dan kendala semacam ini jelas akan membuat kita sangat kesal. Karena pekerjaan dan kegiatan kita yang biasa dilakukan di Smartphone dan Tablet Android sudah pasti akan sangat terhambat.
Timbulnya masalah ini bisa muncul secara tiba-tiba. Sebenarnya semuanya pun bisa kita kira-kira awal Android tersebut tidak ada suara. Coba diingat terlebih dahulu, mungkin hal itu terjadi setelah anda melakukan upgrade Android OS, memasang aplikasi suara yang menimbulkan ketidakcocokan dengan aplikasi bawaan (bloatware), memasangkannya dengan bluetooth, memasang aplikasi yang bukan di unduh dari play store atau mungkin karena telah terjatuh tanpa disengaja. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Memperbaiki Android Tidak Ada Suara

Cara Memperbaiki Tidak Ada Suara Di Android

Jika saat ini Smartphone dan Tablet Android anda tidak mengeluarkan suara atau anda berpikir telah terjadi error dan rusak. Coba lakukan beberapa tips berikut ini untuk mengatasinya.
  1. Pastikan volume suara pada pengaturan penuh. Tekan tombol volume up dan volume down. Setelah itu masuk ke Setting » Sound. Atur suara sesuai pengaturan fitur dari Android OS yang terpasang. Setiap Android OS dan produk Android entah itu dari Samsung, Lenovo, LG, Xiaomi, Nexus, Sony, Nokia, Cross, Advan dan yang lainnya memiliki fitur dan pengaturan yang berbeda untuk mengatur nada ringtone dan suara.
  2. Matikan lalu reboot. Sebelum melakukan tindakan lain, lakukan langkah ini. Cabut SIM card, memori eksternal Micro SD dan baterai. Biarkan selama beberapa detik agar motherboard tidak menerima energi dari baterai. Setelah itu pasangkan kembali dan hidupkkan.
  3. Jika tidak ada suara dari speaker atau pada saat mengaktifkan fitur loudspeaker, coba pasangkan dengan headphones. Dan jika memang ternyata suara masih ada dan bisa terdengar, kita berkesimpulan bahwa error atau kerusakan ada pada speaker.
  4. Jika anda baru saja menghubungkan musik dari Smartphone Android ke speaker bluetooth dan tiba-tiba setelah tidak dihubungkan suara di Smatphone itu sendiri menjadi tidak ada. Cara untuk mengatasi hal ini, disable dan jangan aktifkan fitur OK Google.
  5. Jika Android tidak ada suara setelah di root atau setelah di upgrade. Dipastikan stock ROM yang tidak cocok dengan hardware. Lakukan unroot dan downgrade kembali.
  6. Lakukan factory reset. Fungsi dari factory reset salah satunya adalah untuk memperbaiki system yang memang telah terjadi kerusakan. Sebelumnya saya sudah membuat tutorial cara factory reset tanpa menghapus akun google. Anda bisa mengikuti cara tersebut.
  7. Bersihkan cache menggunakan clean master atau lakukan wipe pada cache partisi dengan cara masuk ke recovery mode. Hati-hati, data dan file pribadi anda bisa terhapus terhapus. Lakukan back up terlebih dahulu.
  8. Cara terakhir adalah membawanya ke toko dan perbaikan resmi dari merk dan produk Tablet maupun Smartphone Android itu sendiri.
Baca juga :
Beberapa tips dan saran diatas bisa anda coba satu-persatu. Tetapi ingat, hati-hati dalam melakukan factory reset dan wipe. Pastikan lakukan back up agar data dan file pribadi tidak hilang dan terhapus. Dan semoga Smatphone dan Tablet Android yang tidak ada suara bisa kembali baik dan mengeluarkan suara.