search-button

Sep 10, 2019

Cara Merubah Keyboard Android Agar Tidak Qwerty (🔥UPDATED)

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Mengubah qwerty keyboard ke abc keyboard pada Smartphone dan tablet Android sangatlah mudah. Kita sendiri mengetahui bahwa keyboard yang digunakan untuk memasukkan input kata didalam pesan sms, chat maupun untuk melakukan sebuah perintah menjadi hal yang sangat penting. Beberapa pengguna mungkin akan merasa tidak nayaman bahkan kesulitan untuk mengetik ketika menggunakan keyboard dengan tipe qwerty. Bisa saja karena pengguna tersebut sebelumnya telah biasa menggunakan keypad atau tombol dengan tipe 3x4 atau yang biasa kita kenal dengan ABC.
Beberapa alasan lain kenapa kita ingin mengubah tampilan keyboard agar tidak qwerty salah satunya karena layar pada Smartphone terlalu kecil. Sehingga secara otomatis untuk menampilkan semua huruf dan input akan ikut menjadi kecil pula. Hal ini akan menyulitkan kita ketika sedang mengetik atau menyentuh layar. Terlebih, jika ukuran jari kita terlalu besar dibanding dengn tombol yang ditampilkan pada papan ketikan.

Mengubah Tombol Keyboard Qwerty Di Smartphone dan Tablet Adroid

Pada posting kali ini saya akan menunjukkan cara untuk mengubah tampilan keyboard agar menjadi tipe ABC (3x4) dengan menggunakan 2 cara.

Cara Merubah Tampilan Keyboard Qwerty Di Android
  1. Pada cara pertama ini, semua Android OS memiliki tampilan dan pengaturan yang berbeda sesuai dengan tingkatan dan pengaturan bawaan dari produk Smartphone atau Tablet yang anda gunakan. Seperti produk dari Samsung, Andromax, Lenovo, Oppo, Asus Zenfone, Sony Experia, Advan maupun yang lainnya pun memiliki tampilan yang berbeda. Tetapi, aplikasi keyboard bawaan yang terpasang disemua merk tersebut biasanya sudah memiliki fitur untuk merubahnya agar tidak qwerty. Sebagai contoh pada Smartphone Samsung caranya Tap Setting > Local and text > Tap Samsung Keypad (aplikasi keyboard bawaan Samsung) > Tap Portrait keypad types, terakhir tap 3x4 Keypad.

  2. Cara kedua ini bisa kita lakukan jika ternyata pada aplikasi keyboard bawaan dari pabrik tidak memiliki mode 3x4 seperti pada Samsung Galaxy S3 yang telah di upgrade maupun produk diluar Samsung. Salah satu aplikasi keyboard yang memiliki tampilan input 3x4 adalah aplikasi Perfect Keyboard Pro. Aplikasi yang satu ini bisa anda unduh secara gratis dan memiliki berbagai macam fitur serta pengaturan agar tampilannya lebih mudah untuk digunakan. Pasang aplikasi tersebut di Tablet atau Smartphone Android kemudian ubah agar menjadi keyboard default. Selanjutnya untuk mengubah agar tidak qwerty, buka apliaksi keyboard tesebut lalu tap Setting untuk mengubahnya ke mode 3x4.
Baca juga :
Itulah cara mudah untuk mengubah tampilan keyboard Android agar tidak qwerty di Smartphone dan Tablet Android.