search-button

Sep 10, 2019

Cara Merekam Game Android Menjadi Video

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara merekam game Android untuk dijadikan video bisa kamu lakukan dengan cara mudah berikut ini. Sebelumnya, sempat beberapa kali saya menunjukkan trik bagaimana cara merekam layar Android dan disimpan sebagai video HD. Bisa ketika chat di BBM, saat video call maupun kebutuhan lainnya. Namun kali ini saya akan menunjukkannya secara lebih spesifik khusus bagi kamu para gamer Android.

Kenapa kamu harus merekam game Android yang sedang dimainkan? Tentu saja salah satu alasannya agar kamu bisa menunjukkan kepada gamer lain bahwa kamu sangat profesional dalam memainkan game tertentu atau bahkan menguploadnya ke YouTube. Sebagai contoh, ada banyak pemain game Clash of Clans di Indonesia. Dengan merekam game yang sedang kamu mainkan, kamu dapat memberi tutorial bagaimana cara membuat map dan membangun pertahan yang kuat atau menyerang pertahan musuh dengan sangat cepat.

Cara Merekam Game di Android

Merekam Game Android Menjadi Video Tanpa Root

Ada beberapa faktor penting yang harus kamu perhatikan sebelum merekam game Android menjadi video. Selain memilih aplikasi perekam layar Android yang kompatibel, kamu juga harus mempertimbangkan dari sisi spesifikasi smartphone itu sendiri. Semakin tinggi RAM Android yang dimiliki, maka akan semakin cepat pula proses merekam pada saat kamu bermain game. Dalam artian, smartphone kamu akan melakukan tasking yang cukup berat. Pertama ia harus menjalankan game yang dimainkan, dan kedua menjalankan aplikasi perekam layar. Jadi pastikan kamu menutup aplikasi lain yang sedang berjalan pada background sehingga akan memperkecil kemungkinan terjadinya lag dan gagal saat merekam game yang sedang dimainkan.

  1. Pasang aplikasi AZ Screen Recorder dari play store. Aplikasi perekam layar Android ini bisa berjalan dengan sangat baik meskipun smartphone Android kamu tidak di root. Pada tutorial ini saya membeli versi AZ Screen Recorder Pro agar semua fitur dapat dijalankan.
  2. Buka aplikasi tersebut kemudian tap Setting.
    Rekam Game Android Menjadi Video
  3. Pada Video Configuration pilih resolusi paling tinggi sesuai dengan spesifikasi smartphone kamu.
  4. Pada Audio Configuration, aktifkan agar suara kamu dapat terekam.
  5. Sementara untuk pengaturan Timer, sesuaikan dengan kebutuhan kamu.
  6. Jika semua sudah sesuai dengan yang kamu inginkan, tap tommbol Start.
  7. Selanjutnya buka game Clans of Clans dan mulailah bermain.
  8. Untuk menghentikan proses merekam, kamu dapat menyentuh layar sebanyak dua kali tepat pada tombol merah kecil disudut bawah.

Selanjutnya putar video dari game yang telah dimainkan melalui aplikasi galeri.
Tidak hanya game COC saja, kamu pun dapat merekam game Android menjadi video ketika bermain LINE Let's Get Rich, Minecraft, GTA mupun permainan lainnya. Selamat mencoba.
Baca juga :