search-button

Sep 10, 2019

[Tutorial] Cara Membuat Video Stop Motion Di Android (🔥UPDATED)

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com - Aplikasi Android untuk membuat video stop motion keren dan kreatif. Stop motion identik dengan video yang kreatif dan keren. Tidak jarang jenis video ini akan sering anda lihat pada iklan komersil terutama iklan produk yang menargetkan konsumen perempuan dan laki-laki yang masih muda. Stop motion pun sering dibuat untuk membuat video pribadi seperti draw my life, video untuk menyampaikan ulang tahun pacar, video yang akan dibuat dengan momen yang penuh dengan kenangan, maupun sekedar untuk hiburan. Kabar baiknya bagi anda para pengguna OS android bisa membuat video stop motion sederhana langsung di smartphone atau tablet yang anda gunakan. Tentunya tujuannya untuk mempelajari atau bereksperimen bagaimana carar membuat video seperti ini.
Apa itu Stop Motion? Penjelasan dari Wikipedia, Stop motion yang juga dikenal sebagai stop frame adalah sebuah teknik animasi untuk membuat sebuah atau beberapa buah objek fisik yang dimunculkan dan dimanipulasi untuk menghasilkan gerakan dengan sendirinya. Tujuannya adalah agar objek tersebut bergerak sedikit demi sedikit diantara frame foto satu dengan yang lainnya secara individual, dan menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame tersebut dimainkan secara bersamaan dan berkelanjutan. Lalu bagaimana cara membuat video stop motion di smartphone atau tablet android?

Membuat Video Stop Motion Keren Di Android
Lapse it adalah sebuah aplikasi video editor yang menurut saya sangat terbaik untuk membuat video stop motion di android. Aplikasi yang satu ini mempunyai fitur yang lengkap, anda bisa mengatur kecerahan, mengatur resolusi ukuran layar, kecepatan, efek warna, mengatur frame dan selain itu anda bisa menyisipkan atau memasukkan audio dari musik mp3 atau musik anda sendiri untuk dijadikan background suara pada video stop motion yang akan anda buat. Dan disini saya telah mencoba membuatnnya dengan versi Lapse it Pro.

Cara Membuat Video Stop Motion di Tablet dan Smartphone Android


  1. Download lapse it di google playstore lalu pasang di hp atau tab android anda.
  2. Buka aplikasi tersebut lalu tap New Capture.
  3. Untuk mengatur kecepatan pada saat merekam video yang akan dijadikan frame tap pengaturan disamping tombol capture lalu pilih stop motion mode.
  4. Arahkan kamera android anda ke objek yaang akan dijadikan video.
  5. Tap tombol Capture kemudian pindahkan objek tersebut sesuai keinginan, kemudian tap lagi tombol capture lalu pindahkan lagi dan seterusnya hingga terkumpul frame yang akan dijadikan video.
  6. Jika sudah selesai mengambil gambar tap tombol stop.
  7. Anda akan dibawa kebagian untuk mengedit video lalu editlah sesuai keinginan.
  8. Jika sudah selesai, simpan video tersebut dengan melakukan tap Render.
  9. Beri nama video tersebut lalu tap Create Video.
  10. Putar video stop motion hasil karya anda lalu nikmatilah seberapa bagus video tersebut.
Baca juga :
Ini merupakan contoh video stop motion sederhana yang saya buat di hp android dengan menggunakan lapse it, anda pasti bisa memiliki ide yang lebih kreatif agar hasilnya terlihat keren dan bagus.