search-button

Jun 18, 2017

11 Memory Card Untuk DSLR Terbaik dan Bagus

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Review Memory Card SD Untuk DSLR Terbaik dan Tercepat. Untuk urusan memory card kamera DSLR kamu, kita tidak bisa sembarangan memilihnya. Karena kita tau DSLR berbeda dengan smartphone atau yang lainnya. Kamera tersebut memerlukan memory card yang mampu mengimbangi kecepatannya. Yang pastinya pemilihan kartu memori eksternal dslr sangat diperlukan agar bisa mengimbangi kecepatan yang seharusnya.

Tapi sebelumnya, mungkin bagi pemula akan timbul pertanyaan misalnya apa itu micro sd adapter? Fungsi micro sd adapter adalah untuk digunakan sebagai penghubung antara microSD dan port dari perangkat yang akan kita pasangkan. Misalnya pada laptop, PC bahkan kamera DSLR sekalipun. Ukuran adapter ini sama dengan kartu memori regular pada umumnya. Hanya saja adapter micro SD ya digunakan untuk kartu yang lebih kecil yaitu MicroSD.

Memory Card dan Micro SD yang Bagus Untuk Kamera DSLR

1. SanDisk Extreme PRO SDHC/SDXC

Memory Card Untuk DSLR
Dikhususkan bagi para profesional, memory card terbaik untuk kamera dslr ini menawarkan kecepatan proses write dan read sebesar 95MB/ dan 90MB/s. Sudah tidak asing lagi jika produk kartu memori ini banyak direkomendasikan karena kinerjanya yang memang sangat powerful. Kamu pun tentu bisa merekam video 4K sekalipun dan jika file terhapus tanpa disengaja maka bisa di restore menggunakan software bawaan mereka yaitu RescuePRO Deluxe.

2. Toshiba Exceria Pro

Memory Card Untuk Kasmera DSLR Toshiba
Toshiba Exceria Pro SD adalah salah satu kartu memori terbaik untuk DSLR yang pastinya bagi kamu yang sudah prfesional. Exceria Pro hadir dalam berbaggai ukuran kapasitas yakni 16GB, 32GB, 64GB dan 128 GB. Memory card untuk video dslr ini menjanjikan kecepatan transfer hingga 260MB/s dan kecepatan proses write hingga 240MB/s. Tentunya sangat cocok bagi para videographer yang selalu merekam dengan kapasitas tinggi maupun video 4K.

3. Samsung PRO Select 95MB/s MicroSDXC

Micro SD Untuk DSLR
Samsung merupakan salah satu pemenang dari memory card untuk kamera dslr terbaik dan tercepat dengan penyimpanan berkinerja tinggi dan dengan harga Rp. 650k. Memory card Samsung Pro Select menawarkan kecepatan read hingga 95MB/s dan kecepatan write 90MB/s, yang membuatnya sangat ideal untuk semua jenis penggunaan kamera dslr termasuk video HD, video 4K, video 3D dan RAW.

Memory card dari samsung ini bisa kamu gunakan di smartphone, kamera DSLR, maupun action cam seperti GoPro dan drone DJI sekalipun. Saya juga menyukai memori eksternal yang dibuat resistensi terhadap air, suhu dan sinar-x. Samsung mengklaim kartu ini masih bisa bekerja bahkan setelah berada didalam air laut selama 24 jam dan bisa bertahan dalam suhu antara -13 dan 185 derajat Fahrenheit.
Baca juga:

4. Lexar Profesional 2000x SDHC

Memory card yaang bagus untuk kamera dslr

Memory card untuk dslr ini dikhususkan bagai para photografer dan videographer yang sudah profesional. Meskipun harganya cukup lumayan mahal yaitu Rp. 1,2 jutaan, kartu SDHC dan SDXC ini tersedia dalam beberapa ukuran kapasitas yaitu 32GB, 64GB dan 128 GB. Kecepatan transfer yang luar biasa hingga 300MB/s menjadi salah satu alasan kenapa kartu memori eksternal ini mahal. Lexar professional dapat digunakan untuk merekam video FHD, 3D, dan 4K, entah kamu sedang syuting menggunakan kamera DSLR, action cam atau kamera 3D sekalipun.

5. SanDisk Extreme Plus

Micro sd adapter untuk kamera dslr
Bagi para pemula yang ingin terjun ke hobi photograpy dan videograpy mungkin akan bertanya jenis memory card untuk kamera dslr terbaik seperti apa. Jika itu jadi pertanyaan kamu saat ini maka jawabannya adalah SanDisk Extreme Plus menjadi rekomendasi terbaik dan pastinya tidak mengecewakan. MicroSD ini mengklaim kecepatan baca hingga 95MB/s dan 90MB/s untuk proses write.

Sebenarnya ada hal yang cukup membuat kaget pada saat komparasi kartu memori ini yaitu kecepatannya hanya 92MB/s dan 88MB/s. Tidak jauhnya perbedaan kecepatan tersebut menjadi alasan kenapa produk dari sandisk banyak direkomendasikan sebagai salah satu memory card untuk dslr terbaik. Harga SanDisk Extreme Plus berada dikisaran 400 ribuan.

6. Transcend High Endurance

Memori card untuk kamera canon
Sebagian besar kartu microSD menggunakan flash storage TLC, yang merupakan tipe termurah. Transcend sangat ingin menunjukkan bahwa kartu microSDXC High Endurance-nya menggunakan penyimpanan MLC, yang menyimpan lebih sedikit bit per sel dan lebih dapat diandalkan.

7. Lexel Professional 633x

Kartu memori untuk kamera
Tidak seperti kebanyakan kartu microSD, paket bundel Lexar yang satu ini dibekali dengan USB 3.0 dongle bukan adaptor SD. Menariknya, kartu micro sd ini dimaksudkan untuk digunakan di action cam, smartphone dan tablet. Produk ini menawarkan kecepatan 95MB/s yang tentu saja bisa menjadi salah satu memory card untuk kamera dslr terbaik. Kinerja 4KB dapat mengoperasikan 7.7MB/s saat membaca dan 1.3MB/s untuk proses write.

Harganya mungkin lebih murah dari yang kamu bayangkan sekitar Rp. 270k untuk versi 64GB.
Memory card untuk dslr ini juga cocok digunakan pada kamera dashboard maupun cctv. Bila melihat kecepatan write dan read dari kebanyakan kartu class 10 adalah 23MB/s read dan 20.9MB/s write. Jelas saja hal ini menghasilkan kecepatan minimum yang dibutuhkan untuk kartu Kelas 10, dan banyak untuk rekaman Full HD. Harga dari kartu ini berada dikisaran Rp. 470k.

8. Toshiba Exceria M301

Memory card terbaik untuk DSLR
Masuk dalam salah satu jajaran memory card untuk kamera dslr terbaik yaitu Toshiba Exceria M301 adalah kartu Kelas UHS-I yang ditujukan untuk merekam video Full HD. Kapasitas kartu hingga 128GB yang termasuk adaptor micro SD didalam paketnya. Toshiba mengklaim kecepatan proses read hingga 48MB/s dan kecepatan write 10.9MB/s.  Harga Toshiba Exceria M301 yang berukuran 64GB berada dikisaran Rp. 230k.
Baca juga:

9. Polaroid SDXC

Micro SD Terbaik Untuk Video
Kartu micro SD yang berkinerja tinggi ini sangat cocok untuk para fotografer dari semua level. Salah satu memory card untuk kamera DSLR ini memiliki kompatibilitas kelas 10 dan UHS-1/ U3 yang berarti dapat digunakan untuk file foto dan video 4K sekalipun. Kartu dengan harga Rp. 700k ini memilikin kecepatan read 95Mb/s dan kecepatan write 90MB/s yang tentu saja memungkinkan pengguna untuk mentransfer file berukuran besar dengan sangat cepat. Memory card terbaik ini juga mendukung mode burst pada saat pengambilan gambar dan tahan terhadap goncangan serta tahan air.

10. Samsung PRO SDHC

Memory Card Untuk Kasmera DSLR
Dengan harga hanya Rp. 160K samsung menawarkan potensi untuk membaca kecepatan yang setiap bitnya sanagt kompetitif. Format SDXC 32 GB dan 64 GB keduanya menawarkan kecepatan baca 90 MB / s dan kecepatan tulis hingga 80MB /s, sementara SDHC 16 GB menawarkan kecepatan transfer 90MB/s dan kecepatan tulis lebih rendah dari 50MB / s, Yang cukup untuk kebanyakan fotografer.

Tak hanya untuk dslr, memory card yang juga cocok untuk action cam ini dan smartphone bisa Anda beli di toko online. Paket yang tersedia menyertakan adaptor SD yang memungkinkan kamu menghubungkannya dengan mudah ke kamera digital, laptop, atau komputer desktop Anda untuk transfer berbasis USB. Produk pertama ini mungkin salah satu rangkaian spesifikasi dan fitur memori untuk DSLR yang paling mengesankan yang dapat kamu temukan dengan harga semurah itu.

11. PNY Turbo Performance

Memory Card Untuk Video DSLR
Kartu Turbo Performance dari PNY yang mengklaim sebagai microsd terbaik dan tercepat untuk DSLR dirancang untuk action DSLR cam, action cam 4K (atau drone) dengan kecepatan 90MB/s, dan kecepatan write  hingga 62,2MB/s. Memory card ini lebih dari cukup untuk merekam video 4K di kamera dslr. Kinerja 4KB acaknya dengan kecepatan baca 7.1MB/s dan kecepatan tulis hanya 0.6MB / s. Dari segi harga, kartu memori PNY turbo performance ini bekerja di 63 per GB untuk versi 32GB, salah satunya dihargai sekitar Rp. 260k.

Jadi sudahkah kamu memutuskan memory card untuk dslr terbaik yang akan kamu gunakan dari daftar diatas? Semua kartu memori tersebut cocok digunakan dibergaia type kamera mirrorless atau dslr seperti kamera Canon, Sony, Nikon, Kodak, Fujifilm, Leica, HP, Action GoPro bahkan drone DJI sekalipun. Semoga bermanfaat.