search-button

Sep 27, 2016

6 Cara Memperbaiki SD Card Tidak Terbaca di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara memperbaiki sd card tidak terbaca di Android bisa kamu coba dengan mengikuti beberap langkah ini. Terasa sangat kesal, ketika banyak file dan dokumen penting yang tersimpan di memory card tiba-tiba tidak dapat ditampilkan atau diakses. Padahal sebelumnya kartu memori tersebut baik-baik saja. Meskipun kita sudah memasangkannya kedalam slot di Smartphone, biasanya akan muncul keterangan “Please insert SD Card” atau “Silahkan masukkan kartu SD”.

Beberapa waktu lalu saya telah membuat artikel 5 penyebab sd card tidak terbaca di Android yang mungkin salah satunya terjadi terhadap MicroSD kamu saat ini. Pada artikel tersebut saya hanya menjelaskan beberapa diantaranya saja tetapi belum memberikan solusi bagaimana cara mengatasi sd card tidak terbaca di Android. Simak penjelasnnya berikut ini.

Cara Memperbaiki SD Card Android Tidak Terbaca

Memperbaiki SD Card Yang Tiba-tiba Tidak Terbaca di Android

  1. Lepaskan kartu SD dari slot.
    Lihat apakah dibagian logam kuning terdapat kotoran berwarna hitam atau minyak. Bersihkan menggunakan tisu atau kain yang halus secara perlahan kemudian pasangkan kembali.
  2. Periksa baterai Smartphone.
    Khusus untuk SD card yang tidak terbaca di Android dan lokasi slot berada dibawah baterai, coba kamu lepaskan baterai kemudian lihat apakah baterai tersebut sudah menggelembung? Ada kemungkinan SD card terlalu tertekan.
  3. Lepaskan baterai, kartu memori dan kartu SIM.
    Hapus cache Android terlebih dahulu menggunakan aplikasi cleaner kemudian matikan smartphone. Lepaskan baterai, kartu SIM serta kartu SD dan biarkan selama beberapa detik kemudian pasangkan kembali.
  4. Pasang aplikasi SDFix dari Google Play.
    Untuk memori tidak terbaca di android KitKat atau karena setelah melakukan root, install SDFix yang akan mengubah file pada konfigurasi smartphone. Namun berhati-hatilah ketika menggunakan aplikasi ini karena ia akan berpengaruh terhadap stock ROM Android.
  5. Format SD Card.
    Dengan melakukan ini, semua file yang ada didalam MicroSD akan terhapus. Kamu dapat melakukannya dengan dua cara yang berbeda yakni dengan menggunakan fitur bawaan dan aplikasi tool. Ikuti tutorialnya di 2 Cara Format SD Card Di Android.
  6. Factory Reset (Tidak direkomendasikan).
    Jika semua cara memperbaiki sd card dari no 1-5 sudah dilakukan namun tetap tidak berhasil, maka kamu harus mencurigai ada yang salah dengan smartphone itu sendiri. Caranya adalah dengan melakukan factory reset namun saya tidak menyarankannya karena semua data dan file yang tersimpan di internal memori akan terhapus. Untuk mengetahui apakah smartphone kamu bermasalah atau tidaknya, coba pasangkan sd card ke smartphone lain apakah terbaca atau tidak sama sekali.

Sebagai pengguna, kamu harus bisa membedakan antara Sd card yang rusak dan sd card yang tidak terbaca. Jika kartu memori sudah rusak seperti tergores atau patah pada bagian logam kuning, maka harus diganti. Sementara untuk memperbaiki sd card tidak terbaca di Android, kamu dapat mencoba cara diatas tersebut.