search-button

Sep 10, 2019

10 Tips Belanja Online Aman dan Terpercaya, Dimana?

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COMInilah 10 Tips Belanja Online Aman dan Terpercaya di Online Shop Indonesia. Di era digital saat ini semua telah begitu praktis dan mudah, berbelanjapun tidak harus keluar rumah, panas panasan dan berkeringat. Belanja semakin mudah hanya dengan akses jari jari kita saja. Konsumen membludak, penjual juga membludak membuat lahan bisnis baru yakni market place.

Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Elevenia, Shopee, JD.ID merupakan beberapa diantara banyak mall online di tanah air yang mempunyai banyak pengunjung dan member. Rasanya tak mengherankan jika di market place  tersebut juga memiliki banyak penjual didalamnya. Tapi sebelum Anda berbelanja di market place tersebut, Anda perlu memperhatikan tips belanja online ini.
Tips Belanja Online Aman dan Terpercaya

Tips Belanja Online Aman dan Terpercaya

Dari banyaknya konsumen, tak sedikit yang merasa kecewa setelah membeli sebuah produk secara online, bahkan ada yang sampai tertipu oleh situs web belanja online. inipula yang menjadi momok untuk sebagian orang dan enggan membeli dengan cara online. Nah agar kita tidak mengalami sebuah kejadian penuh kekecewaan tersebut, kita wajib mengetahui beberapa tips berikut ini.

1. Cek Situs

Tips belanja online agar tidak tertipu pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pengecekan situs tersebut, apakah situs ini terpercaya atau tidak. Nama-nama yang sudah saya sebutkan diatas memang sudah familiar ditelinga kita, sudah barang pastimall online tersebut terpercaya. Jika Anda berbelanja di situs lainnya, segera cek kebenaran situs agar terhindar dari tindak penipuan.

2. Menjadi Member

Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Elevenia, Shopee, JD.ID ini memang market place yang banyak disukai dengan mempunyai banyak member didalamnya. Tips sebelum belanja online adalah harus mendaftar menjadi seorang member. Caranya sangat mudah dan kita hanya diminta mengisi semua data yang tersedia untuk mendapatkan ID. Jangan lupa untuk selalu mengingat ID serta password member Anda.

3. Selektif Memilih Barang

Perlu digaris bawahi bahwasanya beberapa mall online adalah market place yang dapat diibaratkan seperti pasar. Didalam pasar ada banyak pedagang dengan beragam produk yang dijual dan tidak semua pedagang memiliki kualitas terbaik untuk dagangan mereka. Tips belanja online sebagai pembeli, kita harus selektif dalam memilih barang agar tidak kecewa nantinya. Apalagi jika kita hanya melihat barang yang dibeli melalui gambar saja, tentu harus lebih ekstra teliti ketika memilihnya.

4. Jangan Tergiyur Harga Murah

Banyaknya penjual mengharuskan kita mencari referensi sebanyak mungkin, membandingkan harga memang hal yang wajar, namun tips belanja online terpenting ialah jangan mudah tergiur akan harga yang murah. Harga dibawah stndar sangat mencurigakan dan menjadi tanda tanya. Bisa saja barang tersebut memiliki kualitas yang lebih rendah dari lainnya, jadi harga mampu mengecohkan kita saat berbelanja.
Baca juga:

5. Baca Deskripsi Produk Secara Detail

Jika Anda telah menemukan barang yang dimaksut tersebut, sebelum melakukan pembayaran Anda harus membaca secara detail isi dari deskripsi produk. Salah satu tips belanja online ini adalah membaca deskripsi secara detail, membuat kita mengetahui barang tersebut lebih dalam lagi. Sedangkan membaca konfirmasi pembelian akan membuat kita mengetahui kecocokan barang yang dipesan dengan barang pilihan kita. Bukan itu saja, ongkos kirim serta total tagihan dapat diketahui bila kita membaca setiap langkah dengan cermat.

6. Metode Pembayaran

Tips Belanja Online

Setelah melakukan konfirmasi pembalian, kita akan dihadapkan dengan pilihan metode pembayaran. Ada beragam metode pembayaran yang dapat Anda pilih, mulai dari cash on delievery, kartu kredit ataupun retail. Cara bertransaksi online yang aman saat belanja online bergantung pada diri Anda sendiri akan memilih cara pembayaran online yang seperti apa.

7. Simpan Salinan Pesanan

Apabila pesanan Anda telah terkonfirmasi, biasanya kita akan mendapatkan email berupa informasi detail transaksi, harga, hingga syarat pengembalian barang. Salah satu tips belanja online yang aman dan agar terhindar dari penipuan adalah dengn menyimpan salinan pesananan. Agar bila terjadi sebuah kekeliruan, Anda akan mudah meminta pertanggung jawaban dari pihak market place nantinya.
Baca juga:

8. Bukti Transfer dan Pengiriman Barang

Bila Anda memilih metode pembayaran transfer bank, struk pembayaran jangan dibuang tetapi disimpan dengan baik. Sama seperti salinan tersebut, bukti transaksi ini akan menjadi bukti bila terjadi hal yang kurang mengenakkan. Umumnya situs belanja online terpercaya akan memberikan nomor resi tanpa harus diminta terlebih dahulu, dengan nomor resi ini kita dapat memantau perjalanan barang pesanan kita secara mudah.

9. Gunakan Aplikasinya di Smartphone

Mall online yang aman dan terpercaya biasanya menyediakan aplikasi untuk mempermudah pelanggan ketika belanja. Hal ini bisa dilakukan dimana saja bahkan ketika Anda sedang makan siang di kantin sekalipun. Pastikan juga Anda memverifikasi nomor telpon agar akun online shoip Anda semakin aman.

10. Hindari Belanja Menggunakan PC Umum

Perlu diingat, bila melakukan transaksi seperti ini lebih baik menggunakan PC pribadi. Salah satu tips belanja online ini harus diterapkan agar menghindari penggunaan cache yang tersimpan dan belum Anda bersihkan. Tentunya Anda tidak ingin informasi Anda direntas ataupun diotak atik sehingga memiliki tagihan membengkak bukan? Selain itu usahakan bila Anda tengah bertransaksi, pergunakan jaringan WiFi yang terenkripsi atau WiFi berpasword untuk melindungi keamanan bertransaksi Anda.
Itulah beberapa tips belanja online aman dan terpercaya. Semoga bermanfaat.