search-button

Sep 10, 2019

10 Langkah Cara Belanja di JD.ID Aman, Cermat dan Mudah

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah Tutorial Belanja di JD.ID Melalui Aplikasinya. Siapa sih yang tidak suka belanja online? Aktivitas yang satu ini memang semakin populer dan marak digunakan oleh banyak orang. Aktivitas belanja secara online sendiri memang sangat memudahkan karena pembeli bisa membeli barang dimanapun, kapanpun dan dalam keadaan apapun tanpa harus datang ke toko atau pusat perbelanjaan. Pembeli bisa duduk, memilih barang, melakukan pembayaran dan menunggu barang sampai di alamat tujuan.

Sangat praktis bukan? Tak heran jika aktivitas ini semakin digandrungi banyak orang. Dan seiring fenomena belanja online yang semakin marak, kini situs jual beli online pun semakin banyak tersedia. Salah satunya adalah JD.ID. Nah terkait hal ini, disini saya akan jelaskan langkah cara belanja online di jd.id dengan mudah buat kamu yang ingin berbelanja di situs yang satu ini.
Cara Belanja di JD.ID

Tutorial Cara Belanja Online di JD.ID

Apakah JD.ID terpercaya? Sebelum kamu mengikuti langkah yang akan saya jelaskan pasti akan timbul pertanyaan tersebut terutama bagi yang baru saja ingin mencoba berbelanja di sini. Saya sendiri sering berbelanja di JD.ID. Selain barangnya original, pengirimannya pun gratis.

1. Download Dan Buka Aplikasi JD.ID

Mengunduh dan memasang aplikasi JD.id di ponsel adalah langkah pertama untuk berbelanja online di situs JD.id. Kamu bisa mendapatkan aplikasi jual beli online yang satu ini secara gratis di Apple App Store dan juga di Goggle Play Store. Atau jika tidak menggunakan aplikasi, kamu juga bisa menggunakan web browser untuk membuka website resmi milik JD.ID. Download aplikasinya di Play Store.

2. Daftar dan Masuk Akun

Jika sebelumnya kamu sudah punya akun JD.id, kamu bisa langsung masuk dengan menekan tombol login atau masuk di bagian atas halaman. Jika belum punya, kamu perlu daftar terlebih dahulu untuk membuat akun. Caranya, klik "DAFTAR" lalu isi dengan lengkap beberapa kolom sesuai dengan data yang diminta. Jika sudah selesai, klik opsi "DAFTAR" lalu kode "SMS". Pastikan nomor kamu dalam kondisi aktif karena JD.id akan mengirimkan pesan berisi kode sms ke nomor yang kamu masukkan. Setelah menerima sms dari JD.id, masukkan kode sms tersebut ke kolom di samping opsi kode sms.

3. Cari Produk

Nah setelah berhasil masuk, kamu bisa mulai menjelajah dan mencari produk yang kamu inginkan. Di JD.id ini tentu tersedia aneka macam produk yang berbeda-beda sehingga kamu bisa menemukan banyak produk disini. Jika ingin lebih mudah menemukan barang, kamu bisa memanfaatkan kolom "SEARCH" yang tersedia di bagian atas menu. Masukkan kata kunci dari produk yang kamu cari dan system akan otomatis mencari beberapa barang yang terkait dengan kata kunci yang kamu masukkan. Setelah ketemu, klik pada gambar untuk memunculkan info dan detail dari produk tersebut.

4. Tap Beli Sekarang

Kemudian jika sudah yakin dengan barang yang akan kamu beli, cara belanja online di JD.id dengan mudah yang selanjutnya adalah menekan tombol "BELI SEKARANG" untuk melakukan pemesanan barang yang kamu ingin beli tersebut. Dan jika kamu masih ingin menjelajah dan berburu produk lainnya di JD.id, kamu hanya perlu menekan tombol "MASUKKAN KE TROLI" dan kamu bisa berbelanja produk lain sepuasnya.
Baca juga:

5. Konfirmasi Pembelian

Tutorial Cara Belanja di JD.ID

Nah setelah selesai berbelanja, cek kembali list belanjaan kamu dan konfirmasikan pembelian barang jika sudah yakin. Hal ini dilakukan untuk memastikan status pembelian kamu karena jika sudah dikonfirmasi kamu akan dipandu menuju halaman berikutnya yaitu halaman pembayaran.

6. Isi Dan Konfirmasi Alamat Tujuan Pengiriman

Sampai di halaman pembayaran, kamu akan diminta mengisi beberapa informasi yang dibutuhkan terkait pengiriman. Nah salah satu dari cara belanja online di JD.id ini harus kamu perhatikan betul-betul agar nantinya tidak terjadi kesalahan saat pengiriman. Untuk itu, isilah data yang benar dan lengkap terutama nama dan alamat tujuan pengiriman. Setelah selesai, cek kembali informasi yang kamu masukkan dan pastikan sudah benar seluruhnya.

7. Metode Pembayaran

Selanjutnya kamu akan diberi beberapa pilihan metode pembayaran yang ingin kamu gunakan. Metode tersebut diantaranya adalah COD atau Cash On Delivery yaitu pembayaran bisa kamu lakukan saat barang yang kamu beli sudah sampai di alamat tujuan. Pembayaran ini bisa dilakukan secara tunai, menggunakan kartu debit ataupun kartu kredit. Kemudian pilihan metode pembayaran yang selanjutnya adalah Online Payment Bank Transfer yang bisa dilakukan melalui ATM, mobile banking, internet banking atau juga sms. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kartu kredit yang berlogo Visa atau Mastecard dan juga cicilan melalui bank Mandiri atau BCA selama 3, 6 hingga 12 bulan.
Baca juga:

8. Klik Bayar Sekarang

Cara belanja online di jd.id yang selanjutnya adalah menekan tombol "BAYAR SEKARANG" dan kemudian akan muncul jendela yang berisi konfirmasi pesanan barang. Setelahnya pilihan metode pembayaran akan otomatis muncul lalu pilihlah metode yang sesuai dengan kartu atau rekening yang kamu punya. Setelah itu, lakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang ada di layar.

9. Konfirmasi Pembayaran

Nah setelah berhasil melakukan pembayaran, jangan lupa untuk melakukan konfirmasi pembayaran. Konfirmasi ini bisa dilakukan dengan mengirim email ke cs@jd.id atau melalui telepon ke (021) 6330202. Jika kamu memilih metode COD, kamu tidak perlu melakukan konfirmasi ini.

10. Menunggu Kiriman Barang

Dan langkah cara belanja online di JD.ID yang terakhir adalah kamu tinggal menunggu barang yang kamu beli dikirimkan ke alamat tujuan yang kamu masukkan. Proses pengiriman sendiri akan segera dilakukan setelah tim JD.id selesai memvalidasi konfirmasi pembayaran yang kamu kirimkan menggunakan jasa kurir J-Express. Untuk itu, kamu tinggal menunggu atau mengecek resi dan lokasi barang kamu hingga pesanan sampai di rumah kamu. Sekian dan semoga bermanfaat.