search-button

Apr 28, 2017

10 Tips Belanja Online di Bukalapak, Hemat dan Cermat

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIADCOMInilah 10 Tips Belanja Online di Bukalapak Biar Aman dan Cermat Dalam Memilih Produk. Bukalapak manjadi salah satu situs jual beli online ini memang sangat populer semenjak kemunculannya. Pasalnya selain mudah dan praktis, belanja di Bukalapak aman dan terpercaya. Aktivitas Belanja online sendiri memang memberi kenyamanan bagi para pembeli, terutama bagi mereka yang tidak memiliki waktu untuk berbelanja ke mall atau ke pasar sekalipun.

Kita tidak perlu datang langsung ke toko karena kita bisa memilih barang dan membelinya secara online. Di samping itu, khususnya di situs Bukalapak sendiri telah menggunakan system pembayaran yang aman dan terpercaya sehingga transaksi akan terjamin aman dan pembeli pun terhindar dari penipuan. Nah bagi kamu yang ingin berbelanja di Bukalapak namun masih belum berpengalaman, berikut tips belanja online di Bukalapak.
Tips Belanja Online di Bukalapak

Cara Belanja Online di Bukalapak

1. Daftar Atau Login

Untuk belanja di Bukalapak, kamu harus mempunyai akun Bukalapak dulu. Untuk itu, jika kamu belum memilikinya, kamu bisa daftar terlebih dahulu dengan mengklik opsi daftar. Nah disini kamu akan diminta untuk mengisi data diri kamu. Isi dengan lengkap. Jika sudah selesai, klik kembali opsi daftar. Setelah itu system akan secara otomatis menyelesaikan proses pembuatan akun Bukalapak kamu. Terakhir, konfirmasikan email dan juga nomor ponsel agar transaksi kamu nantinya lancar.

2. Cari Barang

Tips belanja online di situs Bukalapak yang selanjutnya adalah mencari barang yang ingin kamu beli. Di Bukalapak ini tentu tersedia aneka macam barang yang bisa kamu pilih sesuai dengan yang kamu inginkan. Kamu bisa memasukkan keyword barang yang kamu inginkan di kolom “search” atau bisa juga dengan memilih kategori barang yang kamu inginkan. Selanjutnya Bukalapak akan otomatis memberikan beberapa rekomendasi terkait barang yang kamu cari.

3. Cek Stok Barang

Nah jika kamu sudah menemukan barang yang kamu inginkan, sebaiknya kamu cek dulu stok barang tersebut agar diketahui tersedia atau tidaknya barang tersebut. Caranya, kamu bisa mengirim pesan kepada si penjual dengan menggunakan fitur pesan yang memang disediakan oleh Bukalapak untuk cek stok barang. Tunggulah sampai si penjual mengirim balasan mengenai ketersediaan stok.

4. Klik Beli

Setelah ada konfirmasi dari penjual tentang ketersediaan stok, kamu bisa langsung klik “Beli”. Atau jika kamu memang masih ingin belanja dan berburu barang lainnya di Bukalapak, kamu bisa klik “tambahkan ke keranjang”.
Baca juga:

5. Shopping Review

Shopping review merupakan halaman yang diarahkan kepada pembeli setiap membeli barang. Jadi, setelah membeli barang, otomatis kamu akan dibawa ke halaman ini. Cara dan tips belanja online di Bukalapak yang satu ini harus benar-benar kamu perhatikan karena berisi tentang deskripsi produk, shipping details, total harga dan juga biaya ongkos kirim. Nah pastikan deskripsinya sudah sesuai dan isi dengan lengkap shipping details yang berisi nama, nomer ponsel dan juga alamat tujuan untuk keperluan pengiriman barang.

6. Lakukan Pembayaran

Pembayaran merupakan salah satu dari tips belanja online di Bukalapak yang sangat penting untuk diperhatikan agar kamu tidak salah atau bahkan terkena penipuan. Nah disini sudah tersedia rekening Bukalapak sendiri sehingga para pembeli bisa melakukan pembayaran melalui rekening Bukalapak ini. Hal ini tentu dilakukan untuk menghindari penipuan berkedok toko online. Ada beberapa metode cara pembayaran bukalapak yang bisa kamu pilih untuk melakukan pembayaran seperti melalui BukaDompet, BCA KlikPay, Mandiri ClickPay, CIMB Click, CIMB Niaga, MasterCard, Mandiri E-cash, Indomaret ataupun transfer melalui bank/atm.

7. Konfirmasi Pembayaran

Setelah berhasil melakukan pembayaran, langsung konfirmasikan transaksi pembayaran kamu ke Customer Service Bukalapak. Hal ini tentu dilakukan agar transaksi pembelian kamu bisa diproses dengan cepat. Kamu juga bisa segera mengkonfirmasikan ke sini jika tidak sengaja melakukan kesalahan nominal yang ditransfer ke rekening Bukalapak agar bisa diurus secepatnya.
Baca juga:

8. Cek Status Transaksi

Kemudian untuk lebih memastikan, kamu juga sebaiknya sering-sering melakukan cek pada status transaksi kamu di Bukalapak. Tips aman belanja online di Bukalapak yang satu ini juga sangat penting karena pada dasarnya, pihak Bukalapak sendiri akan langsung menghubungi si penjual segera setelah transaksi pembayaran selesai dilakukan. Jadi pihak penjual seharusnya akan langsung melakukan proses pengiriman kepada pembeli setelah mendapat informasi dari pihak Bukalapak. Untuk itu, sering-seringlah cek status transaksi kamu.

9. Tunggu Barang

Nah setelah proses pengiriman sudah dilakukan, kamu tinggal menunggu barang yang kamu beli sampai di rumah. Biasanya barang akan sampai sekitar 3 atau 4 hari setelah transaksi dilakukan. Jika barang tidak juga dikirim, pihak Bukalapak biasanya akan mengembalikan langsung uang kamu ke dompet saldo. Namun jika kamu ingin mencairkannya, kamu perlu menunggu sekitar 1 atau 2 hari sampai uang kamu kembali ke rekening milik kamu tanpa potongan sedikitpun.

10. Konfirmasi Penerimaan Barang

Terakhir jika barang yang kamu beli sudah sampai di alamat tujuan, lakukan konfirmasi penerimaan barang di situs Bukalapak. Caranya, klik tombol ”konfirmasi terima barang” yang ada di halaman Detail Transaksi. Hal ini dilakukan untuk memberikan konfirmasi pada pelapak atau penjual bahwa barang yang dikirmkan sudah diterima dan juga secara otomatis mengakhiri transaksi.
Itulah tips belanja online di Bukalapak yang bisa menjadi alternative panduan untuk kamu yang ingin berbelanja di situs Bukalapak dengan mudah dan aman. Semoga bermanfaat.