search-button

Sep 10, 2019

10 Cara Memperkuat Sinyal Wifi di HP Android Biar Ngebut

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIADCOMBegini Cara Memperkuat Sinyal Wifi di HP Android Biar Makin Ngebut. Mobile data sangat dibutuhkan oleh beberapa ponsel pada saat ini, khususnya untuk menghubungkan ponsel ke internet. Namun kecepatan yang didapat tergantung kekuatan sinyal pada kartu SIM, berbeda dengan ponsel Android saat ini yang sudah mendukung jaringan 4G, kecepatan internet pun bisa maksimal. Kendalanya adalah di Indonesia belum semuanya mendukung disemua tempat. Hanya kota-kota besar saja kebanyakan.

Tidak sedikit orang pun beralih untuk menggunakan WiFi saja, keuntungannya adalah Anda bisa menikmati akses internet secara gratis tanpa harus membeli kuota, jika Anda sedang berada ditempat umum, misalnya taman, cafe, dan tempat-tempat lainnya yang tersedia hotspot WiFi, namun pada saat diakses terkadang sinyal yang didapat hanya sedikit otomatis kecepatan internet pun akan menurun. Disini saya akan mengulas cara memperkuat sinyal WiFi Android.

Cara Memperkuat Sinyal WiFi Android

1. Gunakan Aplikasi WiFi Booster & Analyzer

Aplikasi Penguat Sinyal WiFi Android
Pertama cara memperkuat sinyal wifi Android yang paling mudah adalah Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang ada di Play Store salah satunya aplikasi WiFi Booster & Analyzer. Sejak saat peluncurannya, aplikasi ini telah mengalami banyak perubahan dan perbaikan secara drastis yang menawarkan fungsi dan relevansi untuk membantu penggunanya. Download dari Play store.

2. Update Radio Terbaru

Radio dalam hal ini bukan Radio untuk mendengarkan informasi atau musik ya, melainkan konektivitas firmware perangkat Anda. Setiap update firmware baru tidak hanya membawa perubahan antarmuka saja, tetapi perbaikan internal juga. Salah satu dari perbaikan tersebut adalah perbaikan radio atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Baseband. Baseband adalah satu-satunya struktur koneksi nirkabel pada perangkat Anda misalnya sinyal seluler, WiFi, data, dan yang lainnya. Anda bisa melakukan update radio tentunya harus yang sesuai dengan perangkat Anda dan memerlukan tool yang resmi.

3. Ubah Pengaturan Dasar

Pengaturan dasar untuk memperkuat penerimaan sinyal WiFi di Android kebanyakan dari kita berpikir ini sebagai fitur yang tidak dapat digunakan. Tetapi yang perlu Anda tahu hal ini mempengaruhi WiFi dan daya baterai. Hindari koneksi WiFi yang buruk, Anda bisa mencobanya dengan cara masuk ke “Settings » Wi-Fi » Advanced » periksa Avoid Poor Connection” lalu centang. Ketika ponsel mencari koneksi WiFi yang tersedia otomatis akan menghindari WiFi yang koneksinya buruk.

4. Lupakan Old Connection

Maksud dari melupakan old connection adalah bila Anda pernah menggunakan WiFi pada banyak lokasi. Untuk itu Anda bisa mencoba untuk menghapus daftar WiFi yang pernah Anda gunakan sebelumnya. Caranya adalah masuk ke “Settings » Wi-Fi » Saved Networks" tap pada koneksi yang ingin Anda hapus lalu "Forget”.
Baca juga:

5. Gunakan Custom Kernel

Jika tersedia custom kernel untuk perangkat Anda, maka saya sarankan Anda untuk menggunakannya supaya penerimaan sinyal WiFi untuk ponsel Anda bisa maksimal. Secara umum, Anda dapat menemukan custom firmware untuk perangkat Anda pada forum XDA. Custom kernel memiliki banyak perbaikan , dan memiliki tweak untuk meningkatkan sinyal ponsel, kekuatan sinyal wifi dan lain-lain.

6. Gunakan Custom ROM

Cara Memperkuat Sinyal WiFi Android
Selanjutnya untuk memperkuat sinyal WiFi Android adalah Anda bisa mencoba dengan metode ganti dengan cuctom rom, banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan tentunya. Selain antarmuka ponsel Anda berubah terdapat beberapa fitur yang menarik pada custom rom. Bukan hanya itu Anda juga bisa memodifikasi sesuai keinginan Anda.

7. Ubah Pengaturan Frekuensi Wifi Pada Android Menjadi 5 Ghz

Pada perangkat Android yang lama biasanya frekuensi WiFi berada pada 2.4. Ghz, namun untuk saat ini sudah banyak yang mampu menerima frekuensi yang lebih tinggi yaitu 5 Ghz. Artinya sinyal yang ditransmisikan akan lebih beragam. Pastikan model WiFi Anda juga menggunakan frekuensi yang sama. Anda bisa ikuti pentunjuk berikut:
  • Masuk ke “Settings » WiFi » Advanced » WiFi frequency band” lalu pilih “Auto”.
Maka smartphone secara otomatis menggunakan frekuensi 5 Ghz.
Baca juga:

8. Hindari Dari Peralatan Elektronik Lain

Kenapa harus menghindari dari perangkat elektronik lain? Salah satunya karena perangkat elektronik menggunakan gelombang elektromagnetik. Peralatan yang memakai gelombang elektromagnetik seperti microwave sangat mungkin mengganggu sinyal WiFi pada perangkat Anda.

9. Matikan Modem Secara Berkala

Jika modem terlalu lama digunakan, artinya listrik yang mengalir pada komponen modem berlangsung secara terus-menerus. Hal ini menyebabkan suhu pada modem meningkat. Pada perangkat komunikasi yang mentransmisikan sinyal, panas merupakan faktor utama yang dapat menyebabkan noise pada sinyal yang dihasilkan.

10. Simpan Router Wi-Fi pada Tempat yang Terbuka

Terkahir untuk memperkuat sinyal WiFi pada Android adalah menyimpan router atau modem Anda pada tempat yang terbuka. Karena salah satu aspek yang paling mempengaruhi kekuatan sinyal WiFi adalah lokasi router. Router harus ditempatkan dilingkungan terbuka. Penghalang seperti tembok, pintu, kaca bisa menjadi gangguan besar untuk sinyal. Sebuah ruang tamu bisa menjadi pilihan Anda untuk menyimpan router tersebut.

Itulah tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat sinyal wifi di hp Android. Semoga bermanfaat.