search-button

Sep 10, 2019

10 Cara Menghemat Kuota 4G LTE di HP Android 1000% Jitu

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIADCOM – Cara Menghemat Kuota 4G LTE di HP Android Biar Irit Tapi Ngebut. Saat ini jaringan 4G LTE menjadi yang terfavorit karena kecepatannya lebih ngebut dari jaringan sebelumnya. Namun, semakin cepat jaringannya semakin cepat habis paket kuota 4G Anda. Tidak jarang hal ini membuat kesal para penggunanya. Kuota yang seharusnya habis 1 bulan tetapi dalam waktu 1-2 minggu pun sudah habis. Apalagi jika Anda penggemar nonton video di youtube

Sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena saya akan memberikan beberapa trik cara mengehmat kuota paket data 4G tetapi kecepatannya tetap kencang. Anda bisa menggunakan kuota internet dengan irit walaupun Anda menggunakkan jaringan 4G. Jaringan 4G memang yang tercepat untuk saat ini, tetapi akan membuat isi dompet Anda cepat habis dengan banyaknya kuota atau bandwidht yang digunakkan dan harus diisi kembali. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang cara menghemat kuota 4G di hp Android.

Cara Menghemat Kuota 4G LTE di Android

Cara Menghemat Kuota Data Internet 4G di Android

1. Gunakan Fitur “Data Saver” di Aplikasi Google Chrome

Untuk berselancar di internet, kebanyakan pengguna menggunakkan browser Google Chrome, browser ini merupakkan besutan dari Google. Namun tahukah Anda browser ini ternyata mempunyai fitur yang sangat berguna untuk Anda yang ingin kuota internetnya tidak cepat habis. Salah satu trik mengehmat kuota internet di Android adalah dengan menggunakan fitur Data Saver di aplikasi Google Chrome, fitur ini fungsinya untuk menghemat penggunaan data saat Anda berselancar. Untuk mengaktifkannya ikuti cara dibawah ini:
  • Buka aplikasi Google Chrome pada ponsel Android Anda.
  • Lalu buka Pengaturan
  • Pilih Data Saver
  • Lalu aktifkan
Sekarang Anda bisa menggunakkan internet tanpa harus khawatir kuota internet Anda cepat habis.

2. Non-aktikan Sinkronisasi

Cara kedua untuk menghemat kuota 4G adalah dengan menon-aktifkan sinkronisasi pada hp Android. Karena aplikasi yang terhubung menggunakan fitur sync ini selalu berjalan pada latar dan mengambil paket data 4G Anda. Ada pun caranya sebagai berikut:
  • Buka Pengaturan
  • Lalu  Masuk ke Akun
  • Selanjutnya pilih akun yang ingin kamu non-aktifkan sinkronisasinya

3. Gunakan Browser Ringan

Selanjutnya untuk mengatasi kuota internet 4G yang cepat habis adalah dengan menggunakkan browser yang ringan, kenapa demikian? Karena jika Anda menggunakkan browser yang ringan ketika sedang digunakkan otomatis setiap permintaan akan dikirimkan ke server terlebih dahulu. Sehingga ketika diterima ukurannya menjadi lebih kecil seperti Dolphin browser.

4. Minimalkan Aplikasi Media Sosial

Jika Anda hobi bermain medsos, ada baiknya ketika ada aplikasi yang jarang digunakkan dihapus atau dinon-aktifkan, karena aplikasi ini otomatis akan terhubung ke internet untuk menerima push notification. Tidak hanya itu saja, jika aplikasinya di hapus ponsel Anda akan lebih cepat kinerjanya karena tidak banyak aplikasi yang menggunakkan memori internal dan RAM smartphone.
Baca Juga:

5. Batasi Data Latar Belakang dan Aktifkan Notifikasinya

Salah satu trik lain untuk menghemat kuota 4g di hp android adalah dengan membatasi jumlah data yang diterima oleh smartphone. Cara ini tergolong sederhana karena Anda tidak perlu repot-repot untuk menginstal aplikasi. Anda cukup membatasi data latar belakang dan aktifkan peringatannya. Sehingga ketika Anda menggunakkan kuota mendekati batas yang ditentukkan secara otomati akan muncul peringatannya. Ada pun caranya sebagai berikut:
  • Buka Pengaturan
  • Lalu pilih Penggunaan data
  • Selanjutnya centang Atur batas data seluler
  • Selain itu Anda bisa mengatur bandwidht yang akan digunakkan dan mengaktifkan periodenya.

6. Batasi Penggunaan Data di Background "Restrict Background Data"

Cara Menghemat Paket Data 4G di Android
Jika merasa penggunaan internet Anda benar-benar boros, salah satunya dengan mengaktifkan
"Restrict Background Data". Hal ini dilakukan untuk membatasi penggunaan data di latar belakang, jadi ketika Anda menggunakkan internet dengan jaringan 4G maka fitur ini Anda aktifkan. Caranya cukup mudah yaitu hampir sama dengan nomer 5. Berikut langkah-langkahnya:
  • Buka Pengaturan
  • Lalu pilih Penggunaan data
  • Setelah itu tap 3 titik yang ada di pojok kanan atas
  • Kemudian centang “Batasi data latar belakang”

7. Non-aktifkan Auto Update Aplikasi di Play Store

Cara menghemat kuota 4G Android selanjutnya adalah dengan menon-aktifkan fitur auto update aplikasi yang ada di aplikasi Play Store, hal ini bisa menjadi solusi dan mencegah smartphone menerima update dari aplikasi yang tidak terlalu penting. Untuk menon-aktifkannya terbilang cukup mudah. Jika Anda ingin mencobanya simak langkah-langkah berikut ini:
  • Buka Play Store
  • Lalu Buka Setelan
  • Jika sudah silakan Anda pilih Update aplikasi secara otomatis
  • Pilih Jangan update aplikasi secara otomatis atau Update aplikasi secara otomatis hanya melalui Wi-Fi

8. Tonton Video Secara Offline di YouTube

Bagi Anda yang hobi menonton video di Youtube tetapi ingin kuota internet Anda irit, saya sarankan untuk mencoba menggunakkan fitur ini. Fitur ini sangat membantu karena ketika video ditonton tidak lagi menggunakan kuota internet. Anda bisa mengaktifkannya pada aplikasi youtube versi terbaru. Simak langkah-langkahnya:
  • Buka aplikasi YouTube
  • Lalu cari video yang ingin Anda tonton
  • Jika sudah tap  ikon “Simpan Offline” yang ada di bawah judul video
  • Selanjutnya pilih resolusi video, semakin kecil resolusinya maka semakin kecil juga data yang Anda gunakkan
  • Tunggu hingga prosesnya selesai
  • Jika sudah silakan lihat video yang tadi pada menu Offline
  • Catatan: Tidak semua video yang ada di Youtube bisa ditonton seca offline

9. Non-aktifkan Data Seluler Ketika Tidak di Gunakkan

Cara menghemat paket data 4G selanjutnya yaitu dengan menon-aktifkan data seluler Anda, hal ini bisa menjadi solusi jika ingin penggunaan kuotanya tetap irit. Banyak orang yang membiarkan data seluler tetap aktif walaupun sedang tidak di gunakkan. Misalnya pada saat Anda sedang tidur malam hari. Tetapi tahukah Anda data seluler yang aktif otomatis ponsel akan terhubung ke internet, jadi aplikasi sosial media pun akan terhubung, hal ini yang menjadi salah satu alasan kenapa jaringan 4g boros kuota.

10. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga Seperti Opera Max

Salah satu cara menghemat kuota 4G yang terakhir adalah dengan membatasi penggunaan data menggunakan aplikasi Opera Max - Data manager. Aplikasi ini akan memberikan informasi dan status dari data yang sudah masuk ke smartphone Anda. Fitur yang dimilikinya, ia akan memperkecil permintaan data tetapi dengan hasil yang tetap maksimal. Bahkan aplikasi ini bisa menghemat data seluler 4G hingga 50%. Download dari Play store.
Tips dan tirk cara menghemat kuota 4g diatas bisa Anda terapkan untuk menghemat kuota 4G telkomsel, kuota 4g smartfren, kuota 4g indosat, kuota 4g XL dan operator seluler lainnya.
Smartphone merk apapun yang Anda gunakan entah dari Samsung Galaxy, Oppo, Xiaomi, Smartfren Andromax, Lenovo, Vivo, Asus Zenfone, Sony Xperia, LG dan yang lainnya bisa menerapakan Cara Menghemat Kuota 4G seperti penjelasan diatas.
Baca juga: