search-button

Mar 15, 2024

Cara Membersihkan Memori HP Agar Sistem Optimal

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara membersihkan memori HP agar sistem optimal, cara menambah memori internal OPPO A3S. Saat membeli ponsel baru, kamu mungkin kagum dengan banyaknya ruang penyimpanan kosong yang dimiliki. Namun pada akhirnya akan tiba saatnya, kamu akan mendapatkan peringatan pop-up yang mengatakan bahwa ponsel hampir kehabisan penyimpanan. Dan ketika itu terjadi, kamu mungkin tidak dapat memasukkan satu aplikasi atau foto lagi. Jadi apa yang dapat dilakukan?

Banyak orang merasa ngeri dengan gagasan untuk menghapus bahkan salinan cadangan dari foto anak-anak, hewan peliharaan, dan orang-orang tercinta lainnya. Namun ada cara untuk memberi ruang pada ponsel pintar Android kamu tanpa mengorbankan apa pun.  Simak selengkapnya cara membersihkan memori HP agar sistem optimal ini, yang bisa kamu gunakan juga sebagai cara membersihkan memori hp OPPO tanpa menghapus data.

Cara Membersihkan Memori HP Agar Sistem Optimal

Cara Mengatasi Memori Penuh di Hp Oppo A16 Dan Hp Lainnya

Android dan iOS memudahkan untuk melihat apa sebenarnya yang ada di ponsel kamu dan berapa banyak ruang yang digunakan. Di Ponsel Android, Buka Pengaturan > Penyimpanan. Atau buka Pengaturan > Perawatan baterai dan perangkat > Penyimpanan. Di sana, kamu akan melihat dengan tepat berapa banyak ruang yang kamu gunakan dan berapa banyak yang dikhususkan untuk kategori seperti aplikasi, gambar, dan video .

Dengan mengetuk salah satu kategori tersebut, akan memberikan detail lebih lanjut, seperti aplikasi mana yang paling banyak menggunakan ruang. Jika kamu menelusuri kategori tersebut, kamu dapat menghapus file atau data satu per satu. Misalnya, di bawah “Audio”, tekan lama satu atau beberapa file dan ketuk Hapus. Atau di bawah “Aplikasi”, ketuk nama aplikasi lalu Copot pemasangan untuk menghapusnya dari ponsel.

Jika kamu ingin menyimpan aplikasi namun mengatur ulang ke kondisi baru, kamu dapat mengetuk Penyimpanan > Hapus data.  Di beberapa ponsel Android memiliki tombol “Kosongkan ruang” di bagian atas layar Penyimpanan utama. Klik untuk meninjau daftar file, termasuk file lama yang mungkin tidak dapat kamu gunakan. Selanjutnya, Optimalkan Penyimpanan kamu!

Setelah kamu mengetahui apa yang menghabiskan ruang di ponsel kamu, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya. Bagi banyak orang, rencana terbaik adalah memulai dengan foto dan video, lalu beralih ke download dan aplikasi. Jika kamu pengguna Android, aplikasi Files by Google gratis akan secara otomatis menawarkan saran dan memungkinkan kamu membersihkan hal-hal seperti file sampah sementara.


Gengs! Jika kamu menggunakan iPhone atau ponsel Android tertentu tanpa slot memory card, ini bukanlah suatu pilihan. Namun jika kamu memiliki ponsel dengan slot kartu SD, jangan ragu untuk menggunakan memory card dan perluas penyimpanan yang tersedia. Selain dengan memory card, kamu juga bisa menggunakan clouds. Sekian panduan cara membersihkan memori HP agar sistem optimal ini, have a blast!