search-button

Feb 8, 2022

11 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP OPPO

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP OPPO, cara menghilangkan notifikasi memori internal hampir habis OPPO. Pernahkah kamu perhatikan, HP OPPO kamu sering kehabisan ruang penyimpanan? padahal kamu tidak mengunduh file besar apa pun, atau menyimpan banyak file di HP. Perlu kamu tahu gengs, bisa jadi itu karena hal lain di HP OPPO kamu.


Hal – hal lain yang menjadi alasan kenapa OPPO A3S memori cepat penuh atau OPPO tipe lainnya penuh, bisa jadi adalah folder atau file sementara, cookie, dan file cache yang dibuat saat kamu pakai aplikasi, browsing di internet, atau mengunduh apa pun dari situs web. Untungnya, ada cara untuk mengatasi HP OPPO kamu yang kehabisan memori internal. Ikuti Cara - Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP OPPO di bawah ini.

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP OPPO

Cara Memperbaiki Memori Internal Penuh di OPPO


1. Restart HP OPPO

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP OPPO yang pertama adalah dengan memulai uang atau restart HP OPPO kamu, cara ini wajib kamu lakukan sebelum ke cara bersihkan HP OPPO. Kenapa kamu perlu memulai ulang HP OPPO kamu terlebih dahulu? alasannya adalah untuk mengatasi error kecil yang terjadi yang menyebabkan peringatan memori internal penuh muncul, jika setelah ini masih ada, silakan lanjut ke cara berikutnya.


2. Hapus Cache Aplikasi yang Disimpan di Memori Internal

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP OPPO selanjutnya adalah dengan menghapus cache aplikasi – aplikasi yang kamu simpan di memori internal, khusus aplikasi terpasang ya. Cache yang menumpuk dari aplikasi – aplikasi tersebut bisa jadi alasan kenapa storage OPPO cepat penuh, bukan hanya OPPO, itu juga bisa jadi alasan kenapa storage Samsung cepat penuh dan HP lainnya.


3. Hapus Cache Semua Aplikasi yang Terpasang di HP OPPO

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP OPPO selanjutnya adalah dengan membersihkan semua cache dari semua aplikasi yang terpasang di HP OPPO kamu, untuk ini, kamu bisa menghapusnya secara manual lewat Pengaturan. Selain itu, kamu juga bisa mengunduh aplikasi penghapus cache pihak ketiga. Kamu bisa menemukan banyak aplikasi seperti itu di Play Store dan itu gratis.


4. Bersihkan HP OPPO dengan Clean Up Storage

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP OPPO selanjutnya adalah dengan membersihkan storage HP OPPO itu sendiri, penggunaan terus menerus aplikasi yang memuat banyak gambar dan video bisa jadi kenapa storage OPPO cepat penuh. Kamu bisa menggunakan fitur Clean Up Storage di HP OPPO kamu untuk dengan cepat mendeteksi dan menghapus file temp atau file sementara yang tersembunyi, cookie, dan lainnya.


5. Hapus Data Aplikasi yang Disimpan di Memori Internal

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP OPPO selanjutnya adalah dengan menghapus data aplikasi yang ada disimpan HP OPPO kamu, dengan cara ini kamu tidak perlu lagi mencari tahu cara memindahkan aplikasi ke SD card HP OPPO. Untuk ini, silakan buka Pengaturan/Settings > Manajemen aplikasi > Daftar aplikasi > Klik aplikasi yang ingin kamu hapus datanya > Hapus Data. Selesai!


6. Hapus Data Aplikasi yang Terpasang di HP OPPO

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP OPPO selanjutnya adalah dengan menghapus data semua aplikasi yang ada di HP OPPO kamu, cara ini bisa kamu lakukan jika dengan cara – cara sebelumnya tidak berhasil. Caranya sama dengan cara nomor 5, kamu harus membersihkan semuanya. Tapi ingat, pilih aplikasi untuk dihapus datanya dengan cermat ya, seperti aplikasi media sosial. 


7. Pindahkan File – File di Memori Internal ke Memori Eksternal

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP OPPO selanjutnya adalah dengan memindahkan file – file yang kamu simpan di memori internal ke memori eksternal, atau SD Card. Kamu bisa memilih semua file foto, video, audio, dan dokumen lainnya untuk dipindahkan ke SD Card. Dengan begini, ruang di memori internal kamu akan kosong. Jika tidak memiliki SD Card, coba cara selanjutnya.


8. Pindahkan File – File di Memori Internal ke Penyimpanan Online

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP OPPO selanjutnya adalah dengan memindahkan file – file yang kamu simpan di memori internal ke Penyimpanan Online, cara ini bisa kamu gunakan jika HP OPPO kamu tidak memiliki SD Card atau kartu memori. Untuk ini, silakan pilih penyimpanan online yang kamu suka, seperti Google Drive atau yang lainnya. Buat akun, lalu kemudian mulai pindahkan file – file tersebut.


9. Kosongkan Ruang Penyimpanan

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP OPPO selanjutnya adalah dengan mengosongkan ruang penyimpanan internal dengan menghapus beberapa file yang tidak penting, ini 100% akan mengatasi masalah memori HP penuh. Kamu bisa menghapus file - file foto yang telah diunggah ke media sosial, audio yang tidak penting, video atau dokumen yang tidak digunakan lagi.


10. Mengganti Versi Aplikasi ke Lite

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP OPPO selanjutnya adalah dengan mengganti semua versi aplikasi yang ada ke versi Lite, kamu bisa mengganti semua aplikasi baik itu yang disimpan di memori internal atau eksternal. Silakan cari tahu, mana saja aplikasi yang ada di HP OPPO kamu yang tersedia versi Lite-nya. Setelah itu, silakan unduh aplikasi – aplikasi Lite tersebut, untuk menggantikan aplikasi versi utama sebelumnya.


11. Hapus Aplikasi – Applikasi yang Tidak Diperlukan

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP OPPO yang terakhir adalah dengan menghapuas aplikasi – aplikasi yang tidak diperlukan atau aplikasi – aplikasi yang jarang sekali kamu gunakan, cara ini bisa kamu lakukan bukan hanya di HP OPPO kamu, tapi juga di semua perangkat yang kelebihan memori internal. Silakan seleksi, mana saja aplikasi yang tidak kamu perlukan lagi, lalu silakan hapus.


Gengs! Cara – Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP OPPO yang kami tulis di atas, diurutkan berdasarkan faktor kehilangan data terkecil. Jadi kamu bisa mencoba cara diatas sesuai urutan, sehingga kamu mungkin tidak harus kehilangan data termasuk file foto, video, dokumen atau aplikasi yang ingin kamu simpan. Sebagai tambahan, jika mau, kamu bisa mengembalikan semua pengaturan HP OPPO kamu ke pengaturan pabrik dengan Factory Reset. Dan itu adalah cara terakhir yang bisa kamu coba. Have  a nice day!