search-button

Nov 11, 2023

6 Cara Menghapus Virus Kuda Troya di HP

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara menghapus virus kuda troya di hp. Jika kamu pengguna komputer, kamu mungkin pernah mendengar istilah “virus Trojan Horse” atau “Trojan” atau “Virus Kuda Troya”. Tapi apa sebenarnya virus Trojan Horse itu dan bagaimana kamu bisa melindungi diri dari virus itu? Dalam postingan blog ini, kami akan menjelaskan apa itu virus Trojan Horse.

Virus Trojan Horse adalah jenis perangkat lunak berbahaya (malware) yang menyamar sebagai sesuatu yang tidak berbahaya atau berguna untuk mengelabui pengguna agar mengunduh atau menjalankannya. Nama tersebut berasal dari kisah Yunani kuno tentang Perang Troya. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi jenis virus ini di hp? Ikuti panduan cara menghapus virus kuda troya di hp berikut ini.

Cara Menghapus Virus Kuda Troya di HP

Cara Menghapus Virus Kuda Troya di HP

1. Identifikasi dan hapus instalasi aplikasi yang mencurigakan

Periksa daftar aplikasi yang diinstal dari menu drop-down untuk mencari aplikasi yang mencurigakan. Hapus semua aplikasi asing atau aplikasi yang jarang digunakan. Harap hapus juga perangkat lunak apa pun yang meminta izin secara tidak perlu.

2. Hapus cache dan unduhan

Cache adalah lokasi penyimpanan data khusus untuk perangkat yang menyimpan file sementara. Menghapusnya dapat mempercepat perangkat, terutama jika cache terlalu besar atau membawa file yang terinfeksi virus.

3. Ubah kata sandi

Seorang peretas dapat menggunakan kata sandi curian pada email, rekening bank, atau halaman mata uang kripto untuk melakukan kejahatan dunia maya yang serius, juga memasukkan virus. Untuk itu ubah kata sandi dari akun yang kamu curigai ya.

4. Mulai ulang dalam mode aman

Mem-boot ulang perangkat Android kamu dalam mode aman akan memungkinkan kamu menjalankan sistem operasi tanpa hambatan dari aplikasi berbahaya. Menjalankan mode aman Android juga berguna jika perangkat memulai ulang sendiri, mogok, macet, atau lambat.

5. Ubah kata sandi Google 

Jika kamu mencurigai adanya pelanggaran keamanan perangkat Android, maka kamu harus mengubah kata sandi Google kamu. Caranya, buka akun Google kamu, lalu masuk ke Google di bagian Keamanan > Kata Sandi. Lalu masuk lagi, dan ubah kata sandi kamu.

6. Hubungkan ke jaringan lain atau ubah metode koneksi 

Virus atau malware dapat menggunakan jaringan yang rentan atau palsu untuk menyerang perangkat. Kunjungi pengaturan WiFi kamu dan periksa koneksinya. Putuskan sambungan segera jika kamu tersambung ke jaringan WiFi publik yang tidak aman atau mencurigakan.


Gengs! Jika tidak ada langkah yang tercantum di atas yang membantu, coba setel ulang perangkat Android ke setelan pabrik. Menyetel ulang ponsel akan menghapus semua data, termasuk program yang tidak diinginkan dan berpotensi berbahaya yang mungkin membawa virus dan jenis malware lainnya, seperti adware, spyware, dan Trojan. Ingat! Ini akan menghapus semua data di perangkat. Ok, sekian panduan cara menghapus virus kuda troya di hp ini, have blast!