search-button

Nov 8, 2023

22 Cara Menghemat Baterai HP vivo

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan Cara Menghemat Baterai HP vivo, ketahui alasan kenapa baterai hp cepat habis padahal tidak dipakai. Ada sejumlah faktor yang berkontribusi terhadap buruknya masa pakai baterai di ponsel Android vivo kamu. Bodi yang lebih tipis, layar yang lebih cerah, prosesor yang lebih cepat, perangkat lunak yang lebih banyak di latar belakang, dan koneksi internet yang lebih cepat semuanya berdampak buruk pada baterai ponsel.

Sekarang, produsen menggunakan baterai yang lebih kuat sebagai kompensasinya, sebagian besar ponsel andalan baru menawarkan baterai sepanjang hari. Tapi meski begitu, banyak pengguna yang mengalami kehabisan daya pada ponselnya, lebih cepat dari yang dijanjikan produsen. Tapi tennag! ada cara hemat baterai untuk memaksimalkan manfaat ponsel apa pun temasuk vivo. Simak Cara Menghemat Baterai HP vivo berikut ini.

Cara Menghemat Baterai HP vivo

Pengaturan Vivo Untuk Baterai Hemat

1. Gunakan fitur ‘Jangan Ganggu’. Sebaiknya jadwalkan waktu henti rutin pada ponsel. Menyetel waktu ketika notifikasi dibatasi dapat membantu menambah daya tahan baterai.

2. Biarkan layar mati lebih cepat. Ini berhubungan dengan watu standby layar, dari pada menetapkan waktu standby 1 menit, lebih baik dikurangi jadi 30 detik atau kurang dari itu.

3. Temukan Apa yang Menguras Baterai. Ada baiknya diselidiki. Ponsel cerdas memiliki grafik penggunaan baterai bawaan yang akan menunjukkan ke mana saja daya disalurkan.

4. Kurangi kecerahan layar. Jika kamu lebih banyak berkatifitas menggunakan ponsel di dalam ruangan, baiknya, kecerahan layar dikurangi seminim mungkin, ketika keluar baru di naikan.

5. ‘Lambatkan’ Kinerja Pemrosesan Ponsel. Untuk ini, buka Perawatan baterai dan perangkat > Baterai > Pengaturan baterai lainnya dan pastikan Pemrosesan yang ditingkatkan dinonaktifkan.

6. Atur kecerahan agar berubah secara otomatis. Ini adalah solusi untuk nomor 4, jika kamu tdak ingin bolak-balik mengatur tingkat kecerahan layar. Aktifkan saja Auto brightness.

7. Nonaktifkan ‘Mendengarkan Aktif’. Jika kamu mengaktifkan asisten suara dengan kata bangun, perangkat akan waspada terhadap kata tersebut, dan menghabiskan baterai.

8. Matikan suara atau getaran keyboard.Secara default, getaran keyboard ini bisanya aktif. Kamu bisa mematikannya untuk menghemat daya, begitu juga dengan suaranya.

9. Matikan Penyegaran dan Pembaruan Aplikasi Latar Belakang. Kamu dapat menidurkan/force close aplikasi yang tidak digunakan di bawah Pengaturan baterai pada perangkat .

10. Batasi aplikasi dengan penggunaan baterai tinggi. Untuk mengetahui mana aplikasi yang paling besar menggunakan daya, kamu bisa mengeceknya di Pengaturan > Baterai > Aplikasi.

11. Kelola Layar Kunci. Jika kamu mengaktifkan fitur Always On Display di perangkat Android kamu, kamu dapat menetapkan batas untuk fitur ini, untuk menghemat lebih banyak daya.

12. Nyalakan baterai adaptif. Fitur ini sebenarnya ada di banyak seri ponsel Android termasuk vivo, tapi jika sri vivo yang kamu gunakan tidak memilikinya, cek cara lain di daftar ini ya.

13. Batasi konektivitas & lokasi. Jika kamu tidak memerlukan jaringan seluler, aktifkan mode Pesawat . Atau gunakan Wi-Fi alih-alih data seluler, matikan juga Bluetooth dan akses Lokasi.

14. Hapus akun yang tidak digunakan. Misalnya, jika kamu memiliki akun Line dengan aplikasinya yang jarang digunakan. Lebih baik dihapus saja ya.

15. Hindari tindakan yang memproses terlalu banyak informasi. Cobalah untuk tidak mengggunakan kamera sesering mungkin, memainkan permainan yang sangat interaktif.

16. Aktifkan tema gelap. Sama seperti fitur baterai adaptif , fitur tema gelap juga sudah ada di banyak ponsel Andorid. Jika ada, kamu hanya perlu mengaktifkannya.

17. Hindari koneksi internet yang konstan. Cobalah untuk tidak tether ponsel atau hotspot, menggunakan GPS untuk waktu yang lama, dan streaming video atau musik.

18. Gunakan adaptor daya yang disertakan dengan ponsel. Adaptor daya dan pengisi daya lainnya dapat mengisi daya dengan lambat, dan membuat baterai jadi lebih mudah habis.

19. Hindari tindakan yang membuat layar tetap menyala. Cobalah untuk tidak menggunakan navigasi untuk waktu yang lama, menonton video lama atau game yang sarat grafis.

20. Jaga ponsel tetap dingin. Hindari situasi di mana ponsel bisa menjadi terlalu panas, terutama saat baterai terisi penuh. Karena, baterai ponsel lebih cepat terkuras saat panas.

21. Aktifkan mode penghemat baterai secara manual. Caranya, buka aplikasi Pengaturan. Klik Baterai lalu klik Penghemat Baterai, dan pilih jadwal untuk mode penghemat baterai.

22. Isi daya sebanyak atau sesedikit yang diperlukan. Kami menyarankan, sesekali menguras baterai hingga di bawah 10% dan kemudian mengisi daya hingga penuh dalam semalam.


Gengs! Jika kamu sudah mengikuti banyak dari cara yang dituliskan di atas, dan baterai masih cepat habis. Ada baiknya, untuk membawa ponsel kamu ke tukar reparasi. Siapa tahu, masalah ini karena memang baterai sudah usang. Atau untuk sementara, kamu bawa selalu power bank ke mana-mana. Jadi, ketika ponsel vivo kamu kehabisan baterai di luar, kamu langsung mengisi dayanya dengan power bank. Ok, sekian panduan Cara Menghemat Baterai HP vivo ini, have a blast!