search-button

Oct 16, 2023

3 Langkah Cara Menggunakan Google Passkeys Login Lebih Praktis

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara menggunakan Google Passkeys Login lebih praktis. Kata sandi selalu diperlukan untuk login di berbagai akun, fitur ini memberi kamu pilihan untuk menggunakan kata sandi yang sederhana sehingga kamu mudah mengingatnya atau kata sandi yang cukup tidak jelas agar aman namun cukup rumit sehingga memerlukan pengelola kata sandi yang baik.

Hingga saat ini, cara terbaik untuk menjaga keamanan akun kamu adalah dengan memasangkan kata sandi dengan otorisasi dua faktor (2FA). Namun kini, Google menawarkan pilihan lain, yaitu dengan menggunakan Passkeys. Fitur ini merupakan kredensial aman yang terkait dengan PIN atau autentikasi biometrik yang sudah digunakan perangkat kamu. Ingin tahu cara menggunakan Google Passkeys Login lebih praktis ? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Menggunakan Google Passkeys Login Lebih Praktis

Cara Menggunakan Google Passkeys Login Lebih Praktis

Langkah 1

Mulailah dengan membuka g.co/passkeys di browser yang kamu gunakan di perangkat Android kamu. Jika kamu memiliki ponsel Android yang sudah masuk ke akun itu, kamu mungkin telah terdaftar secara otomatis untuk mendapatkan Passkeys. Jika demikian, perangkat akan terdaftar di bawah Kunci sandi yang dibuat secara otomatis, dan kamu cukup mengeklik tombol Gunakan Passkeys berwarna biru.

Langkah 2

Kamu kemudian akan mendapatkan pop-up yang mengatakan bahwa kamu sekarang dapat menggunakan Passkeys, klik Selesai. Jika perangkat kamu tidak terdaftar, karena mungkin kamu menggunakan iPhone, pilih tombol Buat Passkeys di bagian bawah halaman. pada tahap ini, akan lebih mudah menggunakan perangkat yang ingin kamu gunakan sebagai Passkeys, dengan kata lain, jika ingin menggunakan iPhone, gunakan iPhone, jangan komputer atau lainnya.

Langkah 3

Kamu akan mendapatkan pop-up yang memungkinkan kamu menggunakan perangkat yang sedang kamu gunakan sebagai kunci sandi. Dalam hal ini, pilih Lanjutkan. Atau kamu mungkin akan diminta untuk memilih Gunakan perangkat lain. Jika kamu lebih memilih opsi yang terakhir, kamu akan diberikan kode QR untuk dipindai dengan kamera ponsel. Jika kamu menggunakan iPhone, kamu mungkin juga diminta untuk mengaktifkan iCloud Keychain.


Gengs! Saat ini, kamu dapat membuat Passkeys di perangkat keras apa pun yang kompatibel, termasuk laptop/desktop dengan Windows 10 atau macOS Ventura atau lebih baru yang menjalankan Chrome 109, Safari 16, atau Edge 109 atau lebih baru. Jika kamu menyiapkan kunci san Passkeys di di ponsel atau tablet, kunci tersebut harus menjalankan iOS 16 atau Android 9 atau lebih baru. Ok, sekian panduan cara menggunakan Google Passkeys Login lebih praktis. Have a blast!