search-button

May 11, 2023

13 Cara Mengatasi WA WhatsApp Tidak Bisa Mengunduh Gambar

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi WA WhatsApp tidak bisa mengunduh gambar, atasi WhatsApp tidak bisa mengunduh gambar dan video. Jika kamu kesulitan mengunduh media seperti foto dan video yang kamu terima melalui WhatsApp di Android atau iOS, maka kamu membuka artikel yang tepat. Kamu mungkin menyadari maslaah ini ketika mencoba menyimpan meme atau video lucu yang dikirim teman di WhatsApp tetapi tidak berhasil.

Untungnya, untuk masalah seperti ini, perbaikannya mudah. Pada artikel kali ini, kami akan memandu kamu melalui langkah-langkah untuk memecahkan masalah kamu dengan media WhatsApp yang tidak dapat diunduh. Dan semoga di akhir artikel ini, penyebab gagal mengunduh dapat di atasi. Ok! Simak cara mengatasi WA WhatsApp tidak bisa mengunduh gambar berikut ini.

Cara Mengatasi WA WhatsApp Tidak Bisa Mengunduh Gambar

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Download Video dan Gambar

1. Periksa Koneksi Internet Wi-Fi

Saat kamu mengalami kesulitan menggunakan aplikasi yang membutuhkan internet, kamu harus memeriksa apakah koneksi internet atau data seluler kamu berfungsi dengan benar. Jika kamu mengguakan Wi-Fi, coba cek router-nya.

2. Periksa Apakah WhatsApp Down

Terkadang, alasan mengapa media WhatsApp tidak diunduh di ponsel kamu bukanlah kesalahan perangkat. Masalahnya mungkin ada di pihak WhatsApp. Jika server perusahaan sedang down, fitur dan fungsi aplikasi tertentu mungkin gagal berfungsi.

3. Perbaiki Masalah Data Seluler

Coba nonaktifkan data seluler lalu aktifkan kembali. Jika itu tidak membantu, aktifkan mode pesawat dan ubah kembali ke mode biasa. Kamu juga harus memeriksa apakah paket internet kamu aktif dan pastikan kamu tidak kehabisan data.

4. Perbarui WhatsApp ke Versi Saat Ini

Hal lain yang perlu diperiksa adalah kamu harus menjalankan WhatsApp versi terbaru di perangkat. Versi lama aplikasi terkadang memiliki bug yang menyebabkan fitur tertentu gagal, seperti foto dan video WhatsApp tidak dapat diunduh.

5. Periksa Penyimpanan Perangkat

Ini adalah hal selanjutnya yang harus dilakukan jika foto dan video tidak bisa diunduh di WhatsApp. Kamu tidak dapat mengunduh file dari WhatsApp dan aplikasi lain jika kamu tidak memiliki cukup ruang di penyimpanan internal atau eksternal ponsel.

6. Aktifkan "Simpan ke Rol Kamera" untuk iPhone

Jika kamu menyadari bahwa foto dan video yang kamu terima melalui WhatsApp tidak lagi disimpan secara otomatis ke iPhone, pastikan pengaturan ‘Simpan ke Rol Kamera’ di perangkat iPhone yang kamu gunakan diaktifkan.

7. Periksa Izin Penyimpanan/Media di Perangkat 

Hal selanjutny yang harus kamu lakukan jika WhatsApp tidak mengunduh file media atau aplikasi lain apa pun. Jika WhatsApp tidak memiliki akses ke penyimpanan atau foto ponsel, kamu akan mendapatkan pesan kesalahan saat mencoba menyimpan file media.

8. Periksa Tanggal dan Waktu Ponsel 

Jika tanggal atau waktu yang ditampilkan di ponsel tidak sesuai dengan zona waktu kamu, perangkat tidak akan dapat terhubung ke server WhatsApp, artinya kamu akan kesulitan mengunduh gambar dan media lain ke perangkat.

9. Tutup Paksa WhatsApp

Saat aplikasi macet atau beberapa fiturnya tidak berfungsi dengan benar seperti tidak bisanya mengunduh gambar, menutup paksa aplikasi adalah cara yang efektif untuk menghilangkan halangan yang menyebabkan aplikasi tidak berfungsi.

10. Atur Ulang Pengaturan Jaringan

Jika masalah berlanjut setelah mencoba semua solusi di atas, coba atur ulang pengaturan jaringan perangkat kamu, terutama jika kamu mengalami masalah saat menggunakan Wi-Fi atau data seluler.

11. Nyalakan Ulang Ponsel 

Menyalakan ulang ponsel kamu juga dapat membantu menyelesaikan gangguan perangkat lunak kecil seperti WhatsApp yang gagal mengunduh media. Matikan perangkat kamu dan ketika hidup kembali, periksa apakah lagi apakah perankat dapat menyimpan file di WhatsApp.

12. Hapus Data WhatsApp

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan menghapus data WhatsApp, caranya tinggal buka Pengaturan > Aplikasi, kemudian cari dan klik WhatsApp. Jika sudah terbuka, klik pada opsi ‘Hapus Cache’ kemudian ‘Hapus Data’.

13. Instal Ulang WhatsApp

Jika tidak ada langkah di atas yang berhasil, coba hapus WhatsApp dari perangkat kamu lalu instal ulang dari awal. Opsi ini harus memperbaiki masalah pengunduhan kamu, juga masalah lainnya yang mungkin terjadi.


Gengs! Beberapa cara di atas akan mengharuskan kamu untuk log in kembali ke akun WhatsApp kamu, dengan memasukan nomor WhatsApp yang sedang digunakan. Misalnya cara nomor 12 dan nomor 13. Tapi tentang saja, selama kamu mencadangkan semua chat yang ada, kamu tidak akan kehilangan chat apa pun. Ok, sekian panduan cara mengatasi WA WhatsApp tidak bisa mengunduh gambar ini, have a nice day!