search-button

Apr 12, 2023

5 Langkah Cara Mengembalikan Windows 11 ke Windows 10

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengembalikan Windows 11 ke Windows 10, cara mengembalikan windows 11 ke versi sebelumnya. Windows 11 adalah sistem operasi modern dari Microsoft yang dirilis pada 5 Oktober 2021. Untuk mendapatkan update ini, sistem operasi Windows 10 di perangkat kamu harus memenuhi persyaratan perangkat keras minimum untuk Windows 11. Selain itu, kamu dapat mengonfigurasi pengaturan dan pembaruan Windows Insider ke Windows 11 melalui Pembaruan Windows, sesuai panduan.

Tapi, jika setelah memutakhirkan ke Windows 11, dan kamu menyadari bahwa sistem perangkat tidak berfungsi dengan benar, atau beberapa fitur penting yang kamu perlukan tidak berfungsi seperti yang diharapkan, dan fitur pemecahan masalah tidak membantu sama sekali, kamu mungkin ingin kembali ke Windows 10. Di situasi itulah, panduan cara downgrade windows 11 ke 10 ini akan membantu kamu. Simak selengkapnya, cara mengembalikan Windows 11 ke Windows 10 berikut ini.

Cara Mengembalikan Windows 11 ke Windows 10

Cara Downgrade Windows 11 Ke 10

  1. Buka aplikasi Pengaturan di perangkat Windows 11 kamu, lalu buka Sistem > Pemulihan. Di bawah Opsi pemulihan, klik Kembali. Sekarang ‘Kembali ke layar Windows 10’ akan muncul, di bawah ‘Mengapa Anda akan kembali’, pililahh alasan dan klik Berikutnya. 
  2. Di layar berikutnya, pilih ‘Periksa pembaruan’. Jika itu tidak berhasil, klik ‘Tidak, terima kasih’. Di bawah ‘Apa yang perlu Anda ketahui’, pastikan kamu membaca informasi yang ada sepenuhnya. Saat sudah siap, klik ‘Berikutnya.’ 
  3. Di layar berikutnya, pastikan kamu mengingat kata sandi Windows 10 kamu agar tidak terkunci. Klik ‘Berikutnya’ untuk melanjutkan. Klik ‘Kembali ke Windows 10.’ Setelah ini, sistem perangkat kamu sekarang akan restart dan tulisan ‘Mencoba memulihkan instalasi’ akan muncul.
  4. Jika langkah-langkah di atas dengan benar kamu lakukan, dalam beberapa saat, kamu akan melihat tulisan ‘Memulihkan versi Windows sebelumnya.’ Ini akan memakan waktu tergantung pada sistem dan data perangkat yang sedang dipulihkan.
  5. Setelah ini, sistem kamu akan restart dan kali ini kamu akan melihat layar boot Windows 10. Kemudian dalam beberapa saat ke depan, kamu sudah bisa login ke Windows 10 di perangkat. Setelah login, kamu dapat memeriksa versi Windows 10 dengan menjalankan perintah winver.


Gengs! Menurunkan versi dari Windows 11 ke Windows 10, kamu harus tahu, bahwa Windows 10 didukung oleh Microsoft hingga 14 Oktober 2025. Kamu hanya dapat menurunkan versi ke Windows 10 dalam 10 hari setelah upgrade. Dan file versi Windows sebelumnya, biasanya folder Windows.old dan file lain yang diperlukan harus ada di sistem perangkat. Ok, sekian panduan cara mengembalikan Windows 11 ke Windows 10 ini, have a  nice day!