search-button

Mar 4, 2023

10 Cara Mengatasi Baterai Xiaomi yang Cepat Habis

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi baterai Xiaomi yang cepat habis, tidak perlu kode hemat baterai Xiaomi. Beberapa waktu yang lalu, Xiaomi merilis pembaruan MIUI 9, dan ini tersedia untuk semua ponsel Redmi lama seperti Redmi Note 4, Redmi 4 dan seri lama lainnya yang mugnkin kamu pakai. Untuk ponsel-ponsel baru, sekarang itu sudah hadir dengan MIUI 9 yang sudah diinstal sebelumnya.

Sementara MIUI 9 sarat dengan fitur-fitur keren seperti mode Game booster tersembunyi, banyak pengguna menghadapi masalah pengurasan baterai pada perangkat Redmi mereka setelah memperbarui ke MIUI 9. Jika kamu juga termasuk orang-orang ini, jangan khawatir. ada 10 tip yang dapat mengatasi masalah pengurasan baterai di ponsel Xiaomi kamu, tips ini bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi baterai cepat habis Xiaomi Redmi 5A dan seri lainnya. Simak selengkapnya cara-cara mengatasi baterai Xiaomi yang cepat habis berikut ini.

Cara Mengatasi Baterai Xiaomi yang Cepat Habis

Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis Xiaomi Redmi

1. Perbarui Ponsel dan Semua Aplikasi

Versi OS dan aplikasi yang lama, bisa jadi salah satu alasan kenapa baterai hp Xiaomi cepat habis padahal tidak dipakai. Untuk memperbaiki ini, tinggal buka saja Pengaturan perangkat dan klik Tentang telepon diikuti oleh opsi Pembaruan sistem. Jika ada pembaruan, segera perbarui. Demikian pula dengan aplikasi-aplikasi yang ada, buka Google Play Store dan perbarui semua aplikasi yang terpasang.

2. Hard Reset Perangkat

Jika kamu ingin solusi cepat untuk pengurasan baterai yang tidak kamu tahu penyebabnya, kamu bisa mengambil jalan yang sulit dengan megembalikan pengaturan perangakat ke pengaturan pabrik. Ya, kamu harus memformat ponsel. Jika ingin menggunakan cara ini, kamu harus mencadangan semua file penting yang ada di perangkat. Karena cara ini akan menghapus semua file yang tersimpan di pernagkat.

3. Hapus Cache Perangkat

Salah satu cara cara mengatasi baterai cepat habis Xiaomi Redmi 4A dan seri lainnya, yang termudah untuk mengatasi masalah pengurasan baterai adalah dengan menghapus cache perangkat. Cache adalah data sementara yang diunduh aplikasi sehingga aplikasi-aplikasi itu tidak perlu mengunduh data setiap saat. Meskipun ini bagus dan penting, membersihkan cache yang menumpuk, akan menyelesaikan banyak masalah perangkat seperti baterai.

4. Mengurangi Waktu Tidur

Kamu juga dapat mencegah pemborosan baterai dengan mengurangi waktu tunggu layar. Semakin lama layar menyala, semakin banyak baterai yang dikonsumsi. Oleh karena itu, kami menyarankan agar waktu Tidur tetap 30 detik atau 1 menit. Untuk mengubah waktu Tidur di perangkat MIUI, buka Pengaturan dan ketuk Layar kunci & kata sandi. Kemudian klik opsi Tidur dan pilih waktu yang kamu inginkan.

5. Aplikasi Pihak Ketiga Pelakunya

Sering kali salah satu alasan kenapa baterai Xiaomi cepat habis dan panas, bukan perangkat lunak MIUI yang bertanggung jawab atas masalah pengurasan baterai. Masalahnya mungkin karena aplikasi pihak ketiga, yang mungkin kamu pasang. Untuk ini, kamu harus menemukan aplikasi pelakunya yang bertanggung jawab atas pengurasan baterai pada MIUI 9. Jika sudah ditemukan, kamu bisa melepasnya.

6. Matikan Kecerahan Otomatis

Di sebagian besar smartphone Android, kecerahan otomatis diaktifkan secara default. Fitur ini juga akan memengaruhi baterai ketika mengubah kecerahan sesuai lingkungannya, jadi lebih baik dimatikan. Untuk mematikan Kecerahan Otomatis, buka Pengaturan perangkat dan klik Tampila, kemudian klik pada tingkat Kecerahan dan nonaktifkan sakelar di sebelah Kecerahan otomatis.

7. Hapus Aplikasi Yang Jarang Digunakan

Aplikasi yang jarang digunakan juga dapat memengaruhi baterai ponsel. Lihatlah aplikasi yang terinstal di perangkat Redmi kamu, kemudian copot semua aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah kamu gunakan. Untuk mencopot pemasangan aplikasi, tahan ikon aplikasi di layar beranda lalu klik hapus. Cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi baterai cepat habis Xiaomi Redmi Note 4 juga pada seri lainnya.

8. Nonaktifkan Pemindaian

Perangkat Android termasuk perangkat Redmi hadir dengan fitur yang dikenal sebagai Pemindaian Wi-Fi. Jika diaktifkan, fitur ini memindai jaringan 24/7, bahkan saat Wi-Fi dimatikan, sehingga akan menghabiskan baterai. Untuk mematikannya, buka Pengaturan dan buka Wi-Fi. Di bawah Wi-Fi, klik opsi Pengaturan lanjutan. Kemudian nonaktifkan opsi Pemindaian selalu tersedia.

9. Nonaktifkan Layar Kunci Wake Up Untuk Pemberitahuan

Ini adalah cara menghemat baterai hp Xiaomi tanpa aplikasi. Jadi, setiap kali kamu mendapat notifikasi, layar kunci akan menyala. Ini bisa bermanfaat bagi banyak orang tetapi juga menguras baterai ponsel. Jadi, kami sarankan kamu untuk mematikan fitur ini. Untuk melakukannya, buka Pengaturan di ponsel dan klik opsi Kunci layar & kata sandi. Kemudian matikan tombol untuk opsi Bangunkan layar kunci untuk pemberitahuan.

10. Nonaktifkan Fitur Konektivitas

Jika baterai Xiaomi berkurang sendiri, tanpa disadari itu disebabkan banyak fitur konektivitas seperti Bluetooth, NFC, dan GPS diaktifkan di perangkat kamu. Hal-hal ini menghabiskan banyak daya baterai, saat kamu tidak menggunakannya, lebih baik mengelola fitur ini dan mematikannya. Fitur-fitur konektivitas ini biasanya dapat kamu matikan di Pengaturan Cepat. Atau, kamu juga bisa mematikannya di Pengaturan.


Gengs! Untuk fitur-fitur yang sebaiknya kamu matikan ketika tidak digunkan, itu terdiri dari fitur Bluetooth, NFC, dan GPS. Untuk pelepasan atau penghapusan aplikasi dari perangkat, itu berbeda-beda caranya, tergantung seri Xiaomi yang kamu gunakan. Tapi kamu bisa mengha[pus aplikasi lewat Pengaturan, di semua seri Xiaomi. Ok, sekian panduan cara mengatasi baterai Xiaomi yang cepat habis ini. Have a nice day!