search-button

Feb 4, 2023

12 Penyebab Kenapa Handphone Bisa Ngelag

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIDA.COM – Inilah beberapa penyebab kenapa handphone bisa ngelag yang harus kamu tahu, kenapa hp ngelag padahal memori masih banyak. Tanda-tanda kelambatan atau lag pada ponsel itu termasuk lag dalam respons sentuhan, aplikasi yang sering macet, dan kinerja ponsel yang lambat secara keseluruhan. Jika ponsel yang kamu gunkaan mulai lambat, kamu mungkin akan kesulitan menjalankan perintah sederhana sekalipun, seperti mengetik di keyboard.

Lag ini juga akan terasa ketika kamu memutar video, atau memainkan game di ponsel. Tentunya lag ini akan sangat mengganggu penggunakan ponsel, karena itu kamu harus segera memperbaikinya. Tapi untuk memperbaiki masalah lag ini, kamu harus tahu dulu apa penyebabnya. Karena itu, kamu harus simak sejumlah penyebab kenapa handphone bisa ngelag berikut ini, salah satunya mungkin penyebab hp ngelag tidak bisa dipencet.

Penyebab Kenapa Handphone Bisa Ngelag

Penyebab-Penyebab Hp Lag

  1. Kode aplikasi buruk, aplikasi Android yang mungkin membeku atau tiba-tiba berhenti berfungsi dengan baik, dapat terjadi karena kodenya yang buruk.
  2. Sideload, aplikasi yang ngelag juga dapat terjadi saat kamu melakukan sideload aplikasi ke ponsel Android yang kamu gunakan.
  3. Memori  RAM tidak cukup, semakin banyak aplikasi yang kamu gunakan, semakin banyak potongan kode komputer mengisi RAM perangkat.
  4. Menginstal banyak aplikasi, selain menggunakan banyak aplikasi dalam satu waktu, lag juga dapat terjadi ketika kamu menginstal terlalu banyak aplikasi.
  5. Aplikasi yang berlajan di latar belakang, aplikasi lain yang berjalan di latar belakang juga akan  menjadi salah satu penyeban ponsel jadi lamban.
  6. Penyimpanan yang penuh, menyimpan banyak gambar dan file lain di perangkat kamu, secara bertahap dapat memenuhi penyimpanan dan akan membuat ponsel melambat.
  7. Terlalu lama bermain game, memainkan game dengan intensitas grafis selama berjam-jam di ponsel akan dapat menyebabkan kelambatan pada ponsel.
  8. Ponsel bersuhu tinggi, semakin panas ponsel yang kamu gunakan, maka semakin lambat kinerjanya, kecepatan akan melambat, dan perangkat bahkan mungkin akan mati.
  9. Perangkat lunak usang, setiap rilis baru sistem operasi ponsel sering disertai dengan lebih banyak peningkatan, termasuk untuk mengatasi lag.
  10. Spesifikasi ponsel terlalu rendah, tidak peduli bagaimana kamu mencoba dan mengoptimalkan perangkat, spec rendah ponsel itu sendiri akan selalu membuatnya lag.
  11. Aplikasi ketinggalan versi, jika lag ini terjadi hanya pada aplikasi tertentu saja. Maka ada kemungkinan aplikasi tersebut lag karena versnya yang ketinggalan. 
  12. Cache aplikasi yang bertumpuk, setiap aplikasi akan menghasilkan cache setiap kali kamu gunakan, Jika tidak dibersihkan secara rutin, itu akan menumpuk dan membuat  ponsel lag.


Gengs! Setelah tahu penyebab-penyebab kenapa ponsel yang kamu gunakan bisa lag, sekarang pasti kamu tahu bagaimana cara mengatasi hp ngelag VIVO, cara mengatasi hp macet tidak bisa disentuh, cara mengatasi hp ngelag SAMSUNG, cara mengatasi hp ngelag XIAOMI, cara mengatasi hp ngelag OPPO dan dari brand lainnya. Ok, sekian artikel penyebab kenapa handphone bisa ngelag ini, have a nice day!