search-button

Nov 8, 2022

6 Langkah Cara Memindahkan File dari Laptop ke Penyimpanan Eksternal

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara memindahkan file dari laptop ke penyimpanan eksternal, cara memindahkan file ke file lain di laptop. Karena tuntutan untuk ruang penyimpanan yang lebih besar dan keamanan informasi di komputer telah meningkat sekarang ini, penyimpanan eksternal telah menjadi pilihan yang populer sebagai solusi untuk penyimpanan lebih besar dan lebih aman bagi pengguna laptop atau komputer. Gengs! Sangat mudah untuk mentransfer data ke penyimpanan eksternal di sebagian besar komputer dan sistem operasi.


Dengan menggunakan penyimpanan atau hard drive eksternal, kamu juga akan mendapatkan berbagai keuntungan, salah satunya adalah mengurangi potensi kehilangan atau kerusakan data. Selain itu, data dapat dicadangkan dan diarsipkan pada hard drive eksternal sehingga tidak memakan ruang pada hard drive utama. Belum tahu cara memindahkan data dari laptop ke paenyimpanan eksternal? Simak selengkapnya cara memindahkan file dari laptop ke penyimpanan eksternal berikut ini, yang semudah cara memindahkan file dari laptop ke hp dengan kabel data.

Cara Memindahkan File dari Laptop ke Penyimpanan Eksternal

Cara Memindahkan File dari Laptop ke Hardisk


  1. Pertama-tama pilih hard drive eksternal yang akan memenuhi kebutuhan penyimpanan kamu, penyimpanan ekternal dengan kapasitas besar sekali atau yang lebih kecil.
  2. Selanjutnya pastikan komputer atau laptop kamu mendukung koneksi yang digunakan oleh hard drive eksternal, biasanya hard drive eksternal dilengkapi dengan kabel USB atau Firewire.
  3. Sambungkan hard drive eksternal ke port yang sesuai. Setelah komputer memindai hard drive, itu akan muncul sebagai salah satu penyimpanan dengan nama sebuah huruf di File Explorer.
  4. Di File Explorer, pilih data yang ingin kamu pindahkan, tentukan apakah kamu ingin menyalin atau menyalin sekaligus menghapusnya dari komputer.
  5. Jika ingin hanya ingin menyalinnya, tinggal seret file tersebut ke hard drive. Jika ingin sekaligus menghapusnya, silakan klik kanan file pilih Cut, kemudian buka Hard Drive dan Paste di sana.
  6. Setelah file berhasil disalin atau diindahkan, jangan langsung mencabut hard drive. Silakan klik kanan hard drive kemudian klik Eject, baru cabut hard drive dari komputer.


Gengd! Untuk langkah terakhir, jangn diremehkan ya. Karena  banyak perangkat USB juga hot swappable, yang berarti perangkat tersebut dapat dicolokkan dan dihidupkan saat komputer dihidupkan. Untuk melepaskan perangkat, gunakan utilitas ejeksi komputer. Ini akan memastikan perangkat dan file di dalamnya tidak akan rusak saat mematikan dan mencabutnya. Ok, sekian panduan cara memindahkan file dari laptop ke penyimpanan eksternal ini, have a nice day!