search-button

May 28, 2019

10 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh Samsung

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Begini cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Samsung. Kita semua tahu bahwa jumlah ruang penyimpanan tidak pernah sebesar yang terlihat dan di sinilah masalahnya dimulai. Misalnya, perangkat Samsung dengan penyimpanan 32 GB, sebenarnya tidak akan pernah memiliki ruang sebanyak itu untuk mengunduh aplikasi dan perangkat lunak yang kamu perlukan. Alasannya adalah sebagian besar penyimpanan tetap ditempati oleh sistem operasi, aplikasi pra-instal sementara beberapa ruang juga terbuang berdasarkan bagaimana OS memformat media penyimpanan.


Fakta ini diketahui oleh banyak orang dan itu hanya membuat jengkel ketika perangkat melalui proses instalasi aplikasi yang sangat penting tetapi akhirnya menerima pesan kesalahan ‘Penyimpanan tidak memadai tersedia’. Apa yang sebenarnya terjadi di sini adalah, bahkan jika ada penyimpanan yang cukup tersedia untuk memperbarui atau menginstal aplikasi tetapi tetap saja kekurangan ruang untuk menjalankannya dan inilah mengapa instalasi aplikasi gagal meskipun membutuhkan ruang yang jauh lebih sedikit daripada apa yang ada. Btw, inilah cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Samsung.

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh Samsung

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh Samsung


1. Lakukan Pemeriksaan Awal

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Samsung ini juga bisa menjadi cara mengatasi ruang penyimpanan penuh pada Advan juga HP lainnya. Jadi, hal pertama yang harus dilakukan ketika mendapati pesan penuh tersebut adalah melakukan pemeriksaan ruang penyimpanan. Silahkan periksa kapasitas ruang penyimpanan apakah masih kosong atau memang benar sudah penuh, jika memang penuh kamu bisa mengupgrade ruang penyimpanan agar tidak sesak. Periksa juga apakah ada pembaruan sistem android Samsung mu, jika ada silahkan lakukan pembaruan.

2. Atur Penyimpanan Foto dari Kamera

Cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis Samsung J2 Prime juga Samsung tipe lainnya adalah dengan mengatur ruang penyimpanan untuk hasil foto dari kamera Samsung mu. Biasanya secara default, kamera memilih penyimpanan internal untuk menyimpan hasil kamera seperti foto dan video. Karena itu silahkan atur agar hasil kamera disimpan di penyimpanan ekternal atau kartu SD. Hal ini dilakukan untuk membuat ruang di penyimpanan internal tentunya. Tindakan ini akan sangat berguna apalagi jika kamu termasuk orang yang suka berfoto – foto ria.

3. Hapus Cache

Ini merupakan cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi, yups ! jadi kamu bisa tetap menyimpan aplikasi – aplikasi yang sulit kamu dapatkan dulu itu. Caranya adalah dengan menghapus cache yang tersimpan di perangkat Samsung mu. Kamu bisa membersihkan cache tersebut secara manual dengan membuka Pengaturan > Setelan > Manajemen Aplikasi > Semua > “Nama Aplikasi” > Hapus Cache. Atau kamu juga bisa menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga untuk membarsihkan cache, tinggal download saja aplikasi pembersih tersebut di Play Store.
 

4. Memindahkan Aplikasi ke Kartu Memori

Cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis selanjutnya adalah dengan memindahkan beberapa aplikasi yang disimpan di memori telepon atau internal ke kartu memori. Karena bisa saja, tanpa sadar kamu terlalu banyak menyimpan aplikasi di penyimpanan internal. Jadi, silahkan pindahkan beberapa aplikasi yang masih bisa berjalan baik jika ditempatkan di kartu SD atau Memori Eksternal. Kami sarankan untuk menggunakan kartu memori dengan kapasitas besar seperti 16 Gb atau 32 Gb. Untuk cara memindahkannya mudah, tinggal buka Setting > Setelan Tambahan > Manajemen Aplikasi > Di Install > Aplikasi yang akan dipindahkan > Pindahkan ke SD Card.

5. Pindahkan File – File ke Kartu SD


Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh Samsung

Cara mengatasi memori penuh samsung selanjutnya adalah dengan memindahkan file – file seperti gambar dan video ke kartu SD. Jika degan memindahkan aplikasi masih tidak bisa menghilangkan pesan error tersebut, silahkan pindahkan juga file – file seperti gambar, video, musik atau file lainnya yang disimpan di penyimpanan internal ke kartu SD. Tentu tindakan ini dapat memberikan ruang ekstra pada memori internal Samsung mu. Cara memindahkannya mudah, tinggal buka File Manager lalu buka Gallery. Kemudian pilihlah file yang  akan dipindahkan ke kartu memori., lalu pilih opsi Move/Pindahkan. Terakhir Paste atau pindahkan ke penyimpanan di kartu SD.

6. Hapus Data Aplikasi

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Samsung selanjutnya adalah dengan menghapus data dari beberapa aplikasi. Kamu bisa menghapus data dari aplikasi online maupun offline di Samsung mu. Biasanya aplikasi – aplikasi tersebut menyimpan konten – konten berupa gambar, video, dokumen maupun musik yang didownload secara sadar atupun tidak. Aplikasi seperti Youtube, Instagram, WhatsApp, joox, google musik dan lainnya. Cara menghapusnya mudah, kamu hanya perlu membuka aplikasi yang akan dihapus datanya, misalnya youtube. Buka youtube > Profil mu > Pengaturan > Unduhan > Hapus Unduhan > Library (Perpustakaan) > Unduhan, disini ada daftar video offline. Setelah itu klik Ikon Tiga Titik yang ada disebelah video yang ingin dihapus lalu klik Hapus dari Unduhan.

7. Safe Mode

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Samsung selanjutnya adalah dengan mengaktifkan Safe Mode di Samsung mu. Tindakan ini dilakukan untuk melihat apakah pesan error “Penyimpanan Penuh” tersebut benar – benar sebuah keterangan atau hanya error dari perangkar saja. Bagaimana cara mengaktifkan Safe Mode di Samsung  ? Ada beberapa cara, pertama kamu bisa mematikan Ponsel lalu menyalakannya kembali ponsel, pada saat logo muncul segera tekan tombol volume bawah. Cara kedua adalah dengan menekan dan menahan tombol power lalu klik dan tahan opsi Power Off.

8. Hapus Dumpstate/logcat

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Samsung selanjutnya adalah dengan menghapus dumpstate/logcat. Tindakan ini akan menghapus data log yang tersimpan di penyimpanan internal ponsel, biasanya terletak di folder /data/log. File log tersebut merupakan file sampah dari aktivitas aplikasi pada ponsel, dan file tersebut bisa dihapus secara manual saja, tidak bisa menggunakan aplikasi khusus, kecuali Samsung mu sudah di root. Caranya tekan tombol *#9900#, maka akan muncul halaman SysDump, disana pilih menu Dumpstate/logcat untuk dihapus.

9. Hapus Data Perpesanan

Cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis pada Samsung selanjutnya adalah dengan menghapus data perpesanan di aplikasi SMS biasa atau di aplikasi perpesanan online seperti WhatsApp dan lainnya. Perpesanan ini biasanya diabaikan, padahal pesan akan menumpuk lama kelamaan jika dibiarkan. Pesan – pesan tersebut juga biasanya disertai dengan banyak jenis file sehingga membuatnya semakin berat di penyimpanan. Jadi silahkan hapus jika bisa seluruh pesan SMS maupun pesan di aplikasi perpesanan seperti BBM, WA, LINE, Facebook dan lainnya.

Baca juga:
15 Cara Mengembalikan File Terhapus di Samsung
3 Cara Masuk Safe Mode Android Samsung Semua Versi
2 Cara Menjadikan HP Samsung Sebagai Modem Wifi di Komputer

10. Hapus Aplikasi yang Tidak Terlalu Penting


Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh Samsung

Cara mengatasi memori penuh Samsung J2 Prime dan tipe lainnya adalah dengan menghapus aplikasi – aplikasi yang sekiranya tidak terlalu penting bagimu atau yang tidak sering kamu gunakan. Biasanya aplikasi yang tidak sering digunakan atau bahkan tidak digunakan dengan kata lain hanya dikoleksi adalah aplikasi jenis game. Nah, jika memang benar di Samsung mu terdapat banyak aplikasi yang tidak kamu gunakan, sebaiknya kamu mulai menghapusnya gengs. Cara menghapus aplikasi – aplikasi tersebut mudah, tinggal  buka Pengaturan > Setelan > Manajemen Aplikasi > Aplikasi yang akan Dihapus > Hapus Instalasi.


Demikianlah cara - cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Samsung yang bisa coba kamu lakukan sendiri. Untuk panduan yang satu ini, kamu bisa menggunakan keseluruhan cara diatas untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sekian ! Selamat Puasa !