search-button

Sep 20, 2022

6 Cara Mengatasi Layar Mati Ketika Telepon

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi layar mati ketika telepon, cara mengatasi layar mati saat menelpon HP Oppo. Apa kamu pernah penasaran kenapa tiba-tiba layar ponsel Android kamu jadi gelap atau mati ketika melakukan panggilan? Jika pernah, maka kamu adalah satu diantara banyak orang yang penasaran juga di sini. Karena itu, dalam panduan ini, kami akan menjelaskan kepada kamu mengapa itu terjadi dan cara mengatasinya.


Jadi gengs, layar ponsel Android kamu bisa mati selama panggilan itu disebabkan karena sensor jarak mendeteksi halangan. Tindakan ini adalah perilaku yang dimaksudkan untuk mencegah kamu menekan tombol apa pun secara tidak sengaja saat kamu mendekatkan telepon ke telinga. Jadi memang bukan masalah besar ya, tapi jika kamu ingin mengatasinya, simak cara mengatasi layar mati ketika telepon berikut ini.

Cara Mengatasi Layar Mati Ketika Telepon

Cara Mengatasi Layar Mati Saat Menelpon Hp Oppo dan Hp Lainnya


1. Cek Pelindung Layar dan Sensor jarak

Jika layar mati secara acak, kamu mungkin harus memeriksa pelindung layar jika memang perangkat kamu menggunakannya. Jika pelindung layar mengenai sensor jarak, ada kemungkinan, itu akan mengganggunya. Untuk mengatasinya, kamu bisa menyentuh sebentar sensor jarak akan membantu layar hidup kembali. Jika tidak berhasil, silakan gunakan cara selanjutnya.


2. Noda dan Sensor Jarak

Selain pelindung layar, noda, minyak kulit, atau riasan yang menempel pada sensor jarak, juga dapat menyebabkan layar ponsel menjadi gelap. Untuk mengatasi masalah ini, silakan temukan sensor jarak di perangkat kamu, kemudian bersihkan, Dengan membersihkan layar dan sensor dengan kain lembut, itu akan menghilangkan halangan yang membuat sensor aktif dan layar menjadi gelap.


3. Gunakan AndroSensor

Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah layar mati ini, adalah dengan menginstal AndroSensor. Ini adalah sebuah aplikasi, alat diagnostik serbaguna yang akan memantau status perangkat. Kamu juga dapat menggunakannya untuk mengontrol sensor ponsel. Setel sensor jarak ke mati dan kamu dapat mengontrol layar selama panggilan, mau itu dinyalakan atau dimatikan seperti biasa. Aplikasi ini bisa kamu unduh di mana saja, termasuk di Play Store dan di situs-situs terpercaya di internet.


4. Perbarui Operasi Sistem Perangkat

Jika masih belum berhasil, kamu dapat memperbarui operasi sistem ponsel kamu ke versi Android yang lebih baru. OS yang ketinggalan versi adalah adalah salh satu yang menyebabkan masalah ini, juga masalah atau bug kecil lainnya yang mungkin terjadi pada perangkat. Untuk ini, silakan buka Pengaturan > Tentang Ponsel > Periksa Pembaruan. Jika berhasil diperbarui, dan memang ada bug sensor jarak, kemungkinan masalahnya telah diperbaiki di versi Android yang lebih baru, yang baru saja kamu pasang.


5. Cadangkan Data dan Setel Ulang Telepon

Jika masalah ini belum teratasi juga, kamu dapat mengatur ulang ponsel Android ke pengaturan pabrik. Jika masalah disebabkan oleh file sistem yang rusak atau gangguan sistem operasi lainnya, mengatur ulang perangkat dapat memperbaikinya dengan cepat. Tapi sebelumnya, pastikan untuk membuat cadangan data dari perangkat terlebih dahulu karena tindakan ini akan menghapus semua data yang tersimpan di perangkat.


6. Nonaktifkan Sensor Jarak

Cara terakhir yang kami sarankan adalah dengan menonaktifkan sendor jarak pada perangkat, tentu saja, kamu dapat mematikan sensor jarak dengan mudah. Tinggal masuk ke Pengaturan > Sistem atau Aplikasi sistem > Pengaturan panggilan > Nonaktifkan sensor jarak. Ingat ya, langkah-langkah yang disebutkan tadi mungkin sedikit berbeda tergantung pada versi Android dan model ponsel yang kamu gunakan.


Gengs! Untuk cara terakhir, jika kamu tidak dapat menemukan pengaturan sensor jarak, kamu dapat menggunakan aplikasi AndroSensor untuk menonaktifkan sensor tersebut. Tapi ingat ya, kami tidak menyarankan untuk menonaktifkan sensor karena kamu mungkin secara tidak sengaja menyentuh tombol yang berbeda dengan telinga atau pipi ketika menelepon tanpa perangkat headpiece. Ok, sekian panduan cara mengatasi layar mati ketika telepon ini, have a nice day!