search-button

Sep 2, 2022

3 Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi, cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi Windows 7 dan di Windows versi lainnya. Ketika touchpad laptop berhenti bekerja, kita mungkin akan panik. Kita tidak akan dapat menggerakkan kursor, dan itu akan membuat sulit ketika kita harus menyelesaikan banyak tugas atau pekerjaan di laptop kita.


Tapi jangan khawatir! ketika touchpad laptop tidak berfungsi, perbaikan yang diperlukan untuk itu cukup sederhana. Nah, dalam artikel kali ini, kami akan memandu kamu melalui langkah-langkah pemecahan masalah umum untuk memperbaiki trackpad atau touchpad yang tidak berfungsi. Sebagian besar cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi ini berlaku untuk Windows, tetapi kamu juga dapat menggunakannya pada Mac.

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi


Cara Pertama

Jika touchpad berhenti berfungsi tiba-tiba, laptop bisa terkunci total. Dalam hal ini, baik touchpad maupun keyboard tidak akan berfungsi sama sekali. Untuk menguji ini di Windows, tekan tombol Windows untuk membuka Start Menu, lalu coba Ctrl + Alt + Delete untuk membuka layar Keamanan. Di Mac, coba tekan Cmd + Space untuk membuka Spotlight, untuk melihat apakah laptop responsif menggunakan keyboard atau tidak.


Cara Kedua

Jika cara sebelumnya tidak membuahkan hasil, beri laptop kamu waktu beberapa saat untuk memproses apa pun yang mungkin sedang diprosesnya. Setelah beberapa menit, silakan coba gunakan kembali touchpad dan keyboard pada laptop. Jika masih beku atau tidak berfungsi dengan baik, maka kamu harus menekan dan menahan tombol Daya fisik untuk mematikan laptop dan hidupkan lagi setelah beberapa saat.


Cara Ketiga

Penyebab lainnya, yang paling umum dari touchpad laptop tidak berfungsi adalah ketidaksengajaan menonaktifkannya dengan kombinasi tombol. Banyak kombinasi tombol di laptop yang berfungsi untuk mengubah kecerahan atau menonaktifkan fungsionalitas nirkabel, termasuk menonaktifkan touchpad. Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu menekan tombol yang biasanya memiliki ikon berbentuk trackpad persegi.


Gengs! Untuk cara ketiga, itu tergantung pada laptop yang kamu gunakan ya. Tombol untuk penguncian touchpad pada setiap laptop mungkin berbeda, ada yang berikontouchpad, ada juga yang bergambar tanda X dan sebagainya. Silakan coba salah satu cara di atas, karena cara-cara tersebut adalah cara untuk masalah paling umum yang terjadi pada touchpad tidak berfungsi. Ok, sekian padnuan cara memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi ini, have a nice day!