search-button

May 19, 2022

11 Penyebab Handphone Sering Tiba -Tiba Mati Sendiri

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Penyebab Handphone Sering Tiba-Tiba Mati Sendiri, cara mengatasi HP tiba-tiba mati sendiri. Mungkin kamu akan kebingungan ketika akan menggunakan handphone dan ternyata handphone itu mati, padahal kamu tidak mematkkan handphone sebelumnya. Jika handphone kamu terus mati di waktu - waktu acak, maka itu bisa menjadi tanda adanya masalah perangkat keras atau masalah perangkat lunak.


Untungnya, dalam kebanyakan kasus handphone yang sering mati, kamu dapat dengan mudah memperbaikinya sendiri. Dalam posting ini, kami akan menunjukkan kepada kamu penyebab – penyebab kenapa HP tiba-tiba mati sendiri dan tidak bisa hidup lagi. Setelah mengetahui penyebab – penyebabnya, kamu bisa memperbaikinya dengan mudah. Berikut adalah beberapa Penyebab Handphone Sering Tiba-Tiba Mati Sendiri.

Penyebab Handphone Sering Tiba -Tiba Mati Sendiri

Cara Mengatasi Hp Tiba-Tiba Mati


  1. Dengan keausan, ukuran baterai atau ruang baterai di HP yang dapat berubah sedikit seiring waktu. Hal ini menyebabkan baterai menjadi sedikit longgar, tidak pas dan lepas dari konektor ketika kamu menggunakan HP.
  2. Ada juga kemungkinan baterai rusak dan aliran arus yang tidak tepat menyebabkan ponsel mati secara otomatis. Untungnya, sangat mudah untuk melihat status baterai di hampir semua ponsel menggunakan kode dialer rahasia *#*#4636#*#*.
  3. Jika handphone kamu terlalu panas, itu juga bisa menjadi penyebab shutdown secara tiba - tiba. Saat ponsel memanas hingga bisa merusak komponen, hp akan mati secara otomatis. Ini bahkan terjadi jika kamu tidak menggunakan hp.
  4. Casing hp yang besar atau yang menggantikan penutup belakang hp yang asli, juga dapat menyebabkan ruang baterai menjadi longgar. Jika kamu menggunakan kasing seperti itu, coba gunakan telepon tanpa itu untuk melihat apakah itu berpengaruh atau tidak.
  5. Ada juga kemungkinan tombol daya pada hp macet atau tidak berfungsi dan mematikan ponsel. Tekan tombol daya beberapa kali dan pastikan berfungsi dengan baik. Tombol harus terasa halus saat ditekan dan juga langsung keluar saat dilepas, jika tidak, berarti itu rusak.
  6. Jika tidak ada masalah dengan perangkat keras seperti yang disebutkan sebelumnya, maka itu mungkin masalah pada perangkat lunak hp. Masalah tersebut bisa disebabkan oleh aplikasi bermasalah yang mungkin terpasang di hp kamu.
  7. Masih dengan masalah perangkat lunak, selain aplikasi yang bermasalah, hp yang mati tiba – tiba juga bisa disebabkan oleh virus atau malware yang dibawa oleh berbagai file yang mungkin tidak sengaja kamu unduh.
  8. Hal lainnya yang dapat membuat hp terus mati sendiri adalah pengaturan ulang internal. Sistem terkadang mati setelah lama digunakan untuk memuat ulang memorinya dan itu normal, karena tidak membahayakan perangkat.
  9. CPU hp mampu menjalankan banyak aplikasi di latar belakang. Namun, penggunaan arus tinggi dalam jangka panjang oleh suatu aplikasi akan membuat CPU untuk mengatur ulang dan membuat hp terus mati secara otomatis.
  10. Pengaktifan & penonaktifan terjadwal adalah fitur praktis pada hp Android yang membantu mematikan ponsel secara otomatis di malam hari dan menyalakannya di pagi hari berdasarkan preferensi penggunannya.
  11. Bug firmware juga dapat menyebabkan perangkat mati secara otomatis. Pabrikan perangkat selalu bekerja untuk memperbaiki bug firmware apa pun itu, jadi, silakan cek update frimware yang mungkin tersedia untuk hp kamu.


Oke gengs! Artikel di atas berisi berbagao penyebab hp mati tiba – tiba, penyebab hp mati sendiri padahal baterai penuh dan lainnya. Setelah kamu mengetahui penyebab – penyebab hp bisa mati secara tiba – tiba, kamu bisa mencari tahu bagaimana cara untuk mengatasinya dengan tepat. Ok, sekian artikel Penyebab Handphone Sering Tiba-Tiba Mati Sendiri ini, have a nice day!