search-button

Apr 28, 2022

Bagaimana Cara Mengisi e-HAC dengan Benar (4 Langkah)

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan bagaimana cara mengisi e-HAC dengan benar,  ketahui juga apa itu eHAC. Tradisi mudik sudah bisa kita semua laksanakan lagi di Ramdahn tahun ini, tapi tidak seperti mudik – mudik sebelum pandemi, ada persyaratan tertentu yang harus penuhi oleh semua orang yang ingin mudik ke mana pun di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah dengan mengisi e-HAC.


Lalu apa itu e-HAC? Mungkin bagi sebagian orang istilah ini masih sangatlah asing, karena memang, persyaratan ini baru muncul ketika pandemi agak mereda dan pemerintah memutuskan untuk mengizinkan kembali semua warganya melaksanakan mudik. Karena itu, di panduan ini, kami akan menjelaskan tentang apa itu eHAC Indonesia, apa fungsinya, dan bagaiamana cara mengisinya. Simak cara mengisi e-HAC dengan benar berikut ini.

Bagaimana Cara Mengisi e-HAC dengan Benar

Cara Mengisi eHAC PeduliLindungi


Apa itu eHAC? Jadi sederhananya, e-HAC ini kurang lebih fungsinya seperti kartu vaksin namun di tingkat yang berbeda. E-Hac ini merupakan singkatan dari Electronic Health Alert Card gengs, jika dibahasa Indonesia-kan, e-HAC ini adalah Kartu Kewaspadaan Kesehatan. Jadi, kartu ini berbentuk digital gengs, yang berfungsi sebagai tanda kelayakan seseorang untuk melakukan perjalan mudik, di dalam negeri atau juga ke luar negeri.

Lalu bagaiaman cara mengisi e-HAC untuk mendapatkan kartu digital ini ? Berikut adalah contoh cara mengisi eHAC PeduliLindungi, yang bisa kamu ikuti.

  1. Jika kamu belum memiliki aplikasi PeduliLindungi di perangkat yang kamu gunakan, silakan unduh dan pasang di Play Store atau App Store terlebih dahulu. Silakan buat akun PeduliLindungi kamu, atau jika sudah punya, langsung saja masuk ke akun PeduliLindungi milik kamu.
  2. Setelah berhasil masuk, di halaman utama aplikasi PeduliLindungi, kamu akan menemukan banyak menu, silakan klik pada menu e-HAC. Klik pada opsi Create e-HAC > Domestic, lalu pilih moda transportasi yang akan kamu gunakan untuk mudik kali ini.
  3. Masukkan tanggal mudik, kemudikan klik Next dengan ikon anak panah. Setelah ini, sialakn isi detail lainnya tentang transportasi mudik yang kamu gunakan. Selanjutnya, silakan pindah ke halaman Personal Data dan isi dengan data pribadi kamu. Klik juga Add Passenger jika yang akan mudik bukan hanya kamu sendiri.
  4. Klik tombol Check travel eligibility untuk setiap penumpang yang kamu add tadi, kemudian klik Save. Klik juga Next, jika kamu sudah selesai mengisi data pribadi. Klim lagi Next, jika semua data sudah benar. Setelah ini kode QR akan muncul, yang bisa kamu gunakan untuk pengecekan.


Gengs! Seperti yang disebutkan sebelumnya, langkah – langkah yang kami tulis di atas, hanyalah contoh cara mengisi e-HAC. Karena pengisian e-HAC setiap orang bisa berbeda – beda, ada yang perlua eHAC untuk penerbangan internasional ada juga yang domestik. Jadi, silakan kamu sesuaiakn dengan perjalan mudik kamu ya. Sekian panduan cara mengisi e-HAC dengan benar ini, have a blessed Ramadhan!