search-button

Mar 15, 2022

8 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi WhatsApp tidak bisa dibuka, atasi WhatsApp error hari ini. Salah satu masalah yang paling membuat frustrasi yang mungkin sedang kamu alami saat ini adalah ketika aplikasi WhatsApp di perangkat kamu terus berhenti atau terurs menutup sendiri dan tidak bisa dibuka. Meskipun aplikasi lain sering seperti ini, tapi jika masalah ini menimpa WhatsApp, beda lagi ceritanya.


Karena memang WhatsApp adalah aplikasi pesan Instan yang diandalkan banyak orang untuk terhubung dengan teman dan keluarga, termasuk kamu. Nah, jika memang masalah ‘crash’ atau ‘berhenti’ pada WhatsApp sekarang merajalela di perangkat kamu, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Coba cara - cara mengatasi WhatsApp tidak bisa dibuka di bawah ini, yang akan jadi cara mengatasi WhatsApp bermasalah yang jitu.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka

  1. Mulai ulang WhatsApp, caranya dengan menekan tombol Force Close yang bisa kamu temukan di Pengaturan aplikai WhatsApp. Buka Pengaturan > Aplikasi > WhatsApp > Force Close, kemudian silakan coba buka kembali aplikasi WhatsApp kamu.
  2. Nyalakan Ulang Ponsel, caranya berbeda – beda untuk setiap perangkat. Tapi, pada umumnya, kamu bisa menekan tombol power agak lama, sampai muncul tombol Restart. Jika ada, silakan tekan tombol itu dan tunggu hingga perangkat hidup kembali.
  3. Perbarui WhatsApp, silakan buka aplikasi Play Store atauApp Store di perangkat kamu, kemudian masuk ke bagian pembaruan aplikasi. Di sana, coba cek apakah ada pembaruan untuk WhatsApp/ Jika ada, silakan perbarui.
  4. Perbarui Ponsel, yang kami maksud di sini adalah pembaruan untuk operasi sistem ponsel yang kamu gunakan. Biasanya notifikasi akan muncul, jika ada pembaruan untuk itu. Jika tidak ada notif, kamu bisa langsung cek pembaruan di pengaturan ponsel.
  5. Hapus Data Cache WhatsApp, caranya bisa lewat Pengaturan atau menggunakan aplikasi pohak ketiga. Jika lewat Pengaturan, silakan buka Pengaturan > Aplikasi > WahtsApp > Hapus Cache. Jika menggunakan aplikasi, silakan unduh lewat App atau Play Store.
  6. Kosongkan Ruang Penyimpanan Ponsel, kamu bisa memindahkan file – file seperti foto, video atau dokumen ke penyimpanan lain seperti flashdisk atau penyimpanan online yang kamu miliki. Atau, kamu juga bisa menghapusnya.
  7. Setel ulang preferensi aplikasi, tinggal buka saja Pengaturan di ponsel kamu dan gulir ke bawah. Pilih Sistem, kemudian klik pada opsi Reset dan klik Setel ulang preferensi aplikasi dan konfirmasikan tindakannya.
  8. Instal ulang WhatsApp di Ponsel, jika WhatsApp masih bisa dibuka sebentar, silakan lakukan pencadangan terlebih dahulu. Jika tidak, kamu bisa langsung mencopot aplikasi WhatsApp, kemudian silakan pasang kembali.


Gengs! Jika semua cara yang kami sarankan tidak berhasil, dan masalah ini juga terjadi pada aplikasi lainnya di ponsel kamu, mungkin kamu harus melakukan reset factory atau pengaturan ulang pabrik pada ponsel kamu. Tapi,  cara ini akan menghapus semua data yang tersimpan di ponsel kamu. Jadi, sebaiknya silakan lakukan pencadangan terlebih dahulu. Sekian panduan cara mengatasi WhatsApp tidak bisa dibuka ini, have  a nice day!