search-button

Aug 4, 2021

9 Cara Mengatasi File PPT Tidak Bisa Dibuka

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi file PPT tidak bisa dibuka, penyebab kenapa powerpoint tidak boleh buka. Jika kamu membuka artikel ini karena mendapatkan pesan kesalahan bahwa PowerPoint tidak dapat membaca file atau presentasi tidak dapat dibuka, kemungkinan Office telah memblokir file tersebut karena alasan keamanan. Itu juga bisa terjadi karena penyebab lainnya.


Dalam panduan ini, kamu akan mengetahui berbagai penyebab dan juga cara untuk menatasi file PPT yang tidak bisa dibuka. Jika kamu sudah mengetahui pasti penyebab PPT tidak bisa dibuka di perangkat kamu, langsung saja gunakan salah satu cara yang kami cantumkan di sini. Jika kamu belum mengetahuinya, silahkan coba satu per satu cara mengatasi file PPT tidak bisa dibuka berikut, yang juga bisa kamu gunakan sebagai file powerpoint tidak bisa di save.

Cara Mengatasi File PPT Tidak Bisa Dibuka

Cara Memperbaiki File PPT Tidak Bisa Dibuka


1. Buka Blokiran Keamanan


Cara Mengatasi File PPT Tidak Bisa Dibuka


Cara mengatasi file PPT tidak bisa dibuka yang pertama adalah dengan membuka blokiran keamanan perangkat. Salah satu alasan kenapa file tidak bisa dibuka adalah karena alasan keamanan sistem perangkat yang kamu gunakan, tapi ada cara untuk membukanya. Silahkan buka Windows File Explorer lalu temukan file yang bermasalah di komputer, klik kanan file dan pilih Properties. Cari dan klik tombol Unblock > Apply > OK untuk mengabaikan kotak dialog.


2. Ubah Format File PowerPoint 95

Cara mengatasi file PPT tidak bisa dibuka selanjutnya adalah dengan mengubah format file PT, karena PowerPoint 2007 dan versi yang lebih baru tidak dapat membuka presentasi yang telah disimpan sebagai file PowerPoint 95. Untuk memperbaiki masalah ini, kamu perlu mengubah format yang mendasari file PowerPoint 95. Silahkan buka file di PowerPoint 2003, 2002, 2000, atau 97 lalu pilih File > Save as > Presentasi (*.ppt), kemudian pilih Save.


3. Perbaiki File PPT yang Corrupt

Cara mengatasi file PPT tidak bisa dibuka ke tiga adalah dengan memperbaiki fle PPT yang corrupt, jika file pptx tidak bisa dibuka di android juga itu artinya file tersebut corrupt. Ini juga ditandai dengan munculnya pesan error " PowerPoint could not open the file ", atau " No text converter”. Untuk mengatasi masalah ini, kamu harus memperbaiki file PPT yang corrupt itu. Kamu bisa menggunakan alat yang tersedia di internet untuk memperbaikinya.


4. Buka Blokir File PowerPoint yang Rusak

Cara mengatasi file PPT tidak bisa dibuka selanjutnya adalah dengan membuka blokir file PPT yang rusak, cara ini juga bisa kamu gunakan sebagai cara membuka excel yang tidak bisa diedit. Nah, untuk membuka blokir file, silahkan buka folder "Properties" file dengan mengklik kanan pada file yang tidak bisa dibuka itu. Pada kotak dialog yang muncul, klik tab "General" lalu klik tombol "Unblock". Terakhir, klik "Ok" dan kemudian coba buka presentasi PowerPoint lagi.


5. Nonaktifkan Protected View di PPT

Cara mengatasi file PPT tidak bisa dibuka ke lima adalah dengan menonaktifkan Protected View di PPT, dengan ini kamu tidak perlu lagi mencari repair powerpoint file online. Jika file tidak rusak dan dapat diakses, silahkan langsung luncurkan program PPT dan buka "File" > "Options" > “Trust Center” > “Trust Center Settings” > “Protected View”. Kemudian hapus centang pada kotak yang mengaktifkan fungsi tersebut. Setelah selesai, klik "Ok" untuk menutup program.


6. Mulai PowerPoint dalam Mode Aman

Cara mengatasi file PPT tidak bisa dibuka selanjutnya adalah dengan membuka PowerPint dalam Safe Mode, cara ini akan membantu mengedit file yang rusak dan jadi cara edit power point yang dikunci. Untuk ini, silahkan tahan tombol CTRL di komputer dan luncurkan PowerPoint. Sebuah prompt untuk mode aman akan muncul, di sini klik ya untuk melanjutkan dan program akan terbuka dalam mode aman. Coba buka lagi file PPT itu.


7. Periksa Status PowerPoint Apakah PowerPoint telah Digunakan

Cara mengatasi file PPT tidak bisa dibuka ke tujuh adalah dengan memeriksa apakah PPT sudah digunakan atau belum, solusi untuk file powerpoint tidak bisa di save. Ini juga untuk membantu mencari tahu kapan masalah dimulai, mengetahui file mana yang telah rusak, periode sebelum atau sesudah kerusakan, dan apakah ada salinan atau cadangan file yang disimpan secara otomatis. Untuk ini, luncurkan Program dan klik "File" > “History” dan di sini kamu akan mendapatkan rincian tentang bagaimana kamu telah menggunakan program serta tugas-tugas yang telah dikerjakan.


8. Buka PowerPoint dengan Stellar PPT Repair

Cara mengatasi file PPT tidak bisa dibuka selanjutnya adalah dengan membuka file PPT ynag tidak bisa dibuka dengan alat perbaikan Stellar PPT Repair, kamu bisa menggunakan alat ini jika penyebab kenapa file tidak bisa dibuka adalah karena rusak atau corrupt. Selain file PPT, alat ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki file yaitu Word, Excel, dan Zip. Alat ini juga menawarkan opsi pencarian yang sangat baik untuk menemukan file yang rusak secara instan.


9. Hubungi Pihak Microsoft


Cara Mengatasi File PPT Tidak Bisa Dibuka


Cara mengatasi file PPT tidak bisa dibuka yang terakhir adalah dengan menghubungi pihak microsoft untuk meminta bantuan dan tahu penyebabnya, dengan menghubungi pihak microsoft, kamu juga bisa menanyakan penyebab kenapa file manager tidak bisa dibuka dan solusinya. Kamu bisa menghubungi pihak Microsotf lewat situ yang di sediakan, alamatnya https://support.microsoft.com/.


Gengs! Hal terbaik dan paling disarankan untuk dilakukan jika file PPT tidak membuka dan pesan kesalahan muncul, adalah dengan membuat cadangan dokumen. Terutama file yang rusak, ini karena jika kamu mencoba begitu banyak metode perbaikan yang berbeda tanpa hasil yang tepat, kamu mungkin akan merusak file tanpa sengaja. Sekian panduan cara mengatasi file PPT tidak bisa dibuka ini, have a nice day!