search-button

Feb 19, 2022

4 Cara Screenshot Zoom di Laptop

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara screenshot Zoom di laptop, cara screenshot laptop Windows 10 dan di Windows seri lainnya. Tahu kah kamu?! Platform Zoom itu memiliki alat perekam layar atau alat screenshot bawaan yang jika diizinkan oleh penyelenggara rapat atau pertemuan yang kamu ikuti, memungkinkan siapa saja merekam rapat Zoom. Yup! Sesi Zoom dapat direkam secara lokal oleh pengguna secara gratis.


Selain itu, sesi Zoom juga dapat direkam di cloud oleh pengguna premium. Tapi, mungkin untuk membuat rekaman yang menangkap semuanya itu telalu berlebihan bagi sebagian orang. Jika kamu adalah satu diantara sebagian orang itu, tangkapan layar atau screenshot sederhana mungkin adalah yang kamu butuhkan. Ingin tahu caranya? Simak cara screenshot Zoom di laptop ini, yang bisa kamu jadikan cara screenshot laptop Windows 7 dan Windows seri lainnya.

Cara Screenshot Zoom di Laptop

Cara Screenshot di Laptop Untuk Zoom


1. Cara Screenshot Zoom di Laptop Windows OS Dengan Stock Tool

Cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara screenshot laptop Lenovo, dan Laptop Windows lainnya. Jika kamu ingin menggunakan alat screenshot stok di OS desktop ksmu untuk mengambil screenshot selama rapat Zoom, kamu hanya perlu mengetahui kombinasi keyboard yang benar untuk digunakan. Di Windows 10 misalnya, kamu dapat mengambil secreenshot dengan pintasan keyboard Win+PrntScrn.


2. Cara Screenshot Zoom di Laptop Mac dengan Stock Tool

Cara ini tidak bisa kamu gunakan sebagai cara screenshot di laptop Dell ya, hanya untup laptop Mac saja. Laptop MacOS memungkinkan penggunanya untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot dari seluruh layar, jendela, atau area layar termasuk ketika kamu ada di sesi Zoom. Untuk mengambil screenshot layar penuh di Zoom, klik pintasan keyboard Command+Shift+3. Setelah itu, gambar akan disimpan ke folder Screenshot di perpustakaan Gambar laptop.


3. Cara Screenshot Zoom di Laptop Mac dengan Stock Tool II

Sedikit berbeda dari cara sebelumnya, juga berbeda dari cara screenshot di laptop HP Windows 10 atau laptop Windows lainnya. Untuk mengambil screenshot dari jendela yang aktif di laptop Mac kamu, tekan tombol kombinasi pintasan keyboard Command+Shift+4. Saat kursor berubah menjadi garis bidik, silakan klik pada bilah Spasi. Setelah itu, klik pada jendela yang ingin kamu screenshot


4. Cara Screenshot Zoom di Laptop dengan Native Tool Zoom

Cara ini tidak bisa kamu gunakan sebagai cara screenshot laptop asus dan laptop Windows lainnya ya! Zoom itu memiliki alat original untuk screenshot, tapi alat screenshot ini tidak diaktifkan secara default. Untuk mengaktifkannya, buka aplikasi Zoom. Pada tab Beranda, klik tombol roda gigi di bawah gambar profil kamu. Lalu buka tab Keyboard Shortcuts > Expand Chat > Enable the Screenshot. Di laptop, beri izin tambahan kepada Zoom untuk screenshot. Setelah diaktifkan, gunakan pintasan keyboard Command+T untuk mengambil screenshot di macOS.


Gengs! Perlu kamu tahu, setelah ini, perintah Ctrl+T atau pintasan keyboard Command+T telah diambil alih oleh Zoom dan kamu tidak dapat menggunakannya di aplikasi lain jika Zoom sedang berjalan. Ini mungkin bisa menjadi masalah karena pintasan yang sama ini digunakan di browser untuk membuka tab baru. Jika kamu masih ingin menggunakan pintasan ini di browser, silakan ubah atau atur pintasan berbeda atau khusus yang tidak digunakan di aplikasi lain. Sekian panduan cara screenshot Zoom di laptop ini, have a nice day!