search-button

Oct 26, 2021

Cara Downgrade Android ke Versi Sebelumnya (5 Langkah)

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara downgrade Android ke versi sebelumnya, cara mengembalikan versi Android ke awal. Secara umum, yang terbaik adalah selalu memperbarui versi operasi sistem perangkat Android kamu. Namun sayangnya, pembaruan versi  operasi sistem pada perangkat Android ini, terkadang dapat merusak perangkat lunak pada perangkat, mengubah fitur dengan cara yang tidak diinginkan.


Pembaruan versi sistem operasi pada perangkat Android juga tak jarang membawa bug yang mungkin tidak dapat diperbaiki oleh pabrikan. Karena hal ini lah, banyak yang memilih untuk melakukan downngrade pada perangkat Androidnya. Jika kamu adalah salah satunya dan ingin tahu caranya, simak cara downgrade Android ke versi sebelumnya, ini bukan cara downgrade Android 11 ke 10 tanpa PC ya!

Cara Downgrade Android ke Versi Sebelumnya

Cara Downgrade Android


Langkah Pertama

Setelah kamu mencadangkan semua data, kamu harus mengunduh versi Android yang ingin kamu pakai lagi, dan itu harus dirancang khusus untuk perangkat kamu. Jika kamu tidak dapat menemukannya di situs web produsen, tempat yang tepat untuk mencarinya adalah di forum Pengembang XDA. Kamu juga harus mengunduh dan menginstal Android SDK untuk menggunakan alat ADB dan fastboot.


Langkah Kedua

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengaktifkan opsi Pengembang di ponsel dengan masuk ke Pengaturan, temukan bagian Tentang ponsel, lalu klik Build Number hingga pesan yang mengatakan "Anda sekarang adalah pengembang!" muncul. Selanjutnya, masuk ke opsi Pengembang dan aktifkan USB debugging dan OEM unlocking. Caranya mungkin berbeda – beda untuk setiap perangkat.


Langkah Ketiga

Hubungkan perangkat Android kamu ke PC dengan kabel USB. Di PC, navigasikan ke folder tempat Android SDK disimpan, dan letakkan versi Android yang kamu unduh versi Android di sana di folder Android SDK. Sekarang, saat masih di folder Android SDK, tahan Shift lalu klik kanan di dalam jendela, lalu pilih Open PowerShell window here. Di jendela PowerShell yang terbuka, ketik adb devices untuk memeriksa apakah ponsel sudah terdeteksi.

Jika ya, kamu akan melihat nomor serinya terdaftar. Jika tidak, coba gunakan kabel USB lain. Sekarang kamu harus mem-boot perangkat ke mode fastboot. Untuk melakukan ini, ketik adb reboot bootloader di PowerShell.


Langkah Keempat

Setelah perangkat kamu dalam mode fastboot, saastnya membuka kunci bootloader. Caranya tergantung pada perangkat, ketik fastboot oem unlock, dan jika ini tidak berhasil, ketik fastboot flashing unlock. Jika sudah, kamu akan melihat konfirmasi pada perangkat bahwa bootloader sekarang tidak terkunci. Jika masih tidak berhasil, sebaiknya kamu mencari tahu cara yang tepat untuk perngkat kamu.


Langkah Kelima

Beberapa produsen akan menyertakan skrip "flash-all" sebagai bagian dari versi Android yang diunduh yang secara otomatis akan mem-flash semuanya. Jika demikian, skrip harus berada di folder Android SDK, bersama dengan file yang diekstrak. Klik dua kali pada skrip flash-all.bat. Sebuah kotak akan muncul yang menunjukkan proses flashing saat proses terjadi. JANGAN cabut perangkat kamu selama proses ini! Jika tidak ada skrip flash-all, maka kamu harus mem-flash semuanya secara manual.


Beralih kembali ke versi Android sebelumnya umumnya tidak disarankan, tetapi bukan tidak mungkin dilakukan. Penurunan versi bukanlah proses yang secara resmi didukung oleh produsen, proses ini tidak mudah dilakukan. Proses ini juga dapat membatalkan garansi perangkat kamu dan kamu akan berpotensi merusak perangkat. Kamu tidak boleh mencoba ini kecuali kamu memiliki pengalaman memodifikasi perangkat lunak perangkat ya. Sekian panduan cara downgrade Android ke versi sebelumnya ini, have a nice day!