search-button

Oct 23, 2021

6 Cara Partisi SDcard di Android tanpa PC atau Laptop

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara partisi SDcard di Android tanpa PC atau laptop, semudah cara partisi SD Card dengan TWRP. Kartu SD atau memori internal adalah salah satu bagian terpenting dari smartphone atau ponsel yang masih umum, bagi kamu yang menggunakan smartphone Android dengan memori internal yang kecil, kamu pasti akan tidak puas dan pasti akan kesulitan nantinya.


Namun, hal seperti ini bisa diatasi dengan menambahkan memori eksternal atau SD card. Kartu SD yang digunakan pada smartphone Android juga dapat dipartisi. Jika ruang penyimpanan internal penuh dan membengkak, maka banyak masalah akan muncul di smartphone Android. Namun, semua masalah tersebut dapat diatasi dengan mempartisi kartu SD. Ketahui cara partisi kartu SD di Android di panduan cara partisi SDcard di Android tanpa PC atau laptop berikut ini.

Cara Partisi SDcard di Android tanpa PC atau Laptop

Cara Partisi SD Card


1. Cara partisi SDcard di Android tanpa PC atau laptop dengan Flat

Dengan bantuan aplikasi bernama flat (Android Partition Tool), cara ini semudah cara partisi SD Card untuk link2sd. Agar bisa langsung mempartisi SD card di Android dengan alat ini, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi dan persiapkan terlebih dahulu, antara lain ponsel Android yang digunakan harus di-root, sudah terinstal aplikasi busybox, dan Kartu SD yang akan digunakan harus dalam kondisi baik 'unmount'.


2. Cara partisi SDcard di Android tanpa PC atau laptop dengan CWM

Ada yang bilang cara ini lebih sederhana dari cara menghapus partisi SD card lewat TWRP,  karena tidak lagi membutuhkan dukungan aplikasi. Namun, bagi yang belum mengetahuinya, akan tetap sulit. Metode ini berlaku untuk ponsel Android yang sudah memiliki akses root dan pemulihan CMW yang telah diinstal. Jika sudah maka kamu dapat mempartisi kartu SD menggunakan metode ini.


3. Cara partisi SDcard di Android tanpa PC atau laptop dengan Aparted

Untuk menggunakan cara ini, ponsel yang digunakan harus ponsel yang di-rooting, tool Busy Box dan Aparted harus sudah diinstal di ponsel. Langsung saja, backup kartu SD kamu ke penyimpanan online. Lalu buka Pengaturan > Penyimpanan dan lepaskan kartu SD, buka Aparted dan pilih tab "create" dan klik tombol "plus" hijau. Kamu akan diminta untuk membuat partisi pertama dan kamu dapat memilih jumlah ruangnya. Sekarang, pilih jenis sebagai FAT 32 dan pilih terapkan perubahan dengan menekan menu opsi.


4. Cara partisi SDcard di Android tanpa PC atau laptop dengan EaseUS Partition Master

Aplikasi EaseUS Partition Master ini dapat kamu gunakan sebagai cara partisi SD Card Xiaomi, cara partisi SD Card J2 Prime dan ponsel lainnya. Ini adalah alat manajemen disk yang andal yang dapat membuat pekerjaan partisi kartu SD menjadi lebih mudah. Alat ini mendukung untuk membuat partisi utama FAT 32 untuk digunakan sebagai "Kartu SD" di ponsel, dan partisi kedua di EXT yang akan menjadi "Memori internal" baru di ponsel kamu.


5. Cara partisi SDcard di Android tanpa PC atau laptop dengan Android Partition Tool

Alat ini memungkinkan kamu untuk membuat partisi dan mengelolanya di kartu SD kamu, kamu juga dapat menambahkan lebih banyak RAM ke perangkat kamu dengan membuat partisi swap, menggunakan aplikasi yang bisa kamu unduh dari Play Store ini. Selain itu, kamu dapat memperbaiki kartu SD yang rusak dan memindai blok yang buruk. Ponsel kamu harus di-root terlebuh dahulu untuk menggunakan aplikasi ini.


6. Cara partisi SDcard di Android tanpa PC atau laptop dengan TWRP


Cara Partisi SDcard di Android tanpa PC atau Laptop


TWRP adalah sebuah alat custom recovery, alat ini bisa diinstal setelah ponsel Android kamu root. Selain untuk mencadangkan dan restore ROM, alat ini juga bisa kamu gunakan untuk mempartisi SD Card. Setelah TWRP berhasil diinstal, masuk ke mode Recovery di ponsel kamu. Di menu yang tersedia, pilih opsi Advanced > Partition SD Card. Terakhir, silakan sesuaikan dengan pengaturan yang kamu perlukan.


Seperti yang kamu baca, mempartisi kartu SD adalah cara terbaik untuk menghemat memori internal untuk ponsel Android lama kamu. Ini sangat membantu untuk mempercepat sistem operasi Android, jadi kamu bisa mendapatkan kinerja ponsel yang lebih baik. Cara – cara di atas, bisa kamu gunakan sebagai cara partisi SD Card 16GB dan juga kartu SD dengan kapasitas lainnya. Sekian panduan cara partisi SDcard di Android tanpa PC atau laptop ini, have a nice day!